Comscore Tracker

Resep Kue Karamel, Jajanan Jadul yang Masih Eksis hingga Kini

Cocok dinikmati dengan secangkir teh hangat

Buat anak 90-an, mereka pasti sudah tidak asing dengan jajanan jadul satu ini. Yap, kue karamel sangat eksis di masanya.

Kue karamel merupakan brownies jadul yang terbuat dari cokelat. Tekstur kue karamel yang kenyal dan berongga dipadu dengan rasa yang manis legit pas banget dinikmati dengan secangkir teh hangat di sore hari. 

Jangan khawatir, cara membuatnya gampang banget, lho. Tidak perlu oven untuk membuatnya, karena kue karamel ini hanya perlu dikukus. Yuk, segera nikmati bersama keluarga tercinta dengan menerapkan resep kue karamel berikut ini!

1. Siapkan bahan yang dibutuhkan

Resep Kue Karamel, Jajanan Jadul yang Masih Eksis hingga Kiniilustrasi menyiapkan bahan (pexels.com/DRAKE NICOLLS)

Bahan-bahan:

  • 100 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • 4 butir telur
  • 5 sendok makan mentega
  • 100 ml kental manis
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 ml air

2. Masak gula pasir dan air hingga menjadi karamel

Resep Kue Karamel, Jajanan Jadul yang Masih Eksis hingga Kiniilustrasi memasak gula (pexels.com/Teona Swift)

Siapkan panci, lalu tuang 200 ml air. Tambahkan 250 gram gula pasir, lalu masak dengan api sedang. Kemudian, aduk-aduk hingga gula larut dan tunggu hingga mendidih.

Jika sudah mendidih dan gula larut hingga menjadi karamel, lalu kecilkan api. Tambahkan 5 sendok makan mentega ke dalam panci.

Selanjutnya, masak sebentar sambil diaduk hingga mentega leleh dan tercampur rata. Jika sudah tercampur sempurna, angkat dan matikan kompor. Sisihkan karamel, lanjut ke proses selanjutnya.

3. Mikser adonan hingga merata

Resep Kue Karamel, Jajanan Jadul yang Masih Eksis hingga Kiniilustrasi membuat adonan (pexels.com/Katerina Holmes)

Siapkan wadah, lalu masukkan 4 butir telur dan 100 ml kental manis ke dalamnya. Mikser adonan dengan kecepatan tinggi hingga mengembang.

Jika adonan sudah mengembang, tambahkan setengah sendok teh garam, 1 sendok teh baking powder, 3 sendok makan maizena, dan 100 gram tepung terigu. Kemudian, mikser kembali hingga adonan tercampur rata.

Baca Juga: 5 Resep Puding Karamel, Camilan Lezat dan Mewah ala Restoran

4. Masukkan karamel ke dalam adonan

Resep Kue Karamel, Jajanan Jadul yang Masih Eksis hingga Kiniilustrasi memasukkan karamel (pexels.com/Rachael Holzman)

Jika adonan sudah tercampur rata, ambil karamel. Tuang karamel ke dalam wadah berisi adonan, lalu aduk hingga tercampur rata menggunakan spatula.

Setelah itu, siapkan panci kukusan di atas kompor dan panaskan dengan api sedang. Sembari menunggu pengukus panas, siapkan loyang. Olesi loyang dengan mentega dan taburi sedikit tepung di permukaannya. Kemudian, tuang adonan karamel ke dalam loyang.

5. Sajikan kue karamel dengan teh hangat

Resep Kue Karamel, Jajanan Jadul yang Masih Eksis hingga Kinikue karamel (pexels.com/Mumma Oyens)

Jika panci kukus sudah panas, segera masukkan loyang berisi adonan kue karamel tadi. Kemudian, kukus selama 30 menit dengan api sedang hingga matang.

Setelah 30 menit, angkat dan matikan kompor. Biarkan kue karamel dingin dengan suhu ruang. Jika sudah dingin, keluarkan kue dari dari loyang. Nah, kue karamel jadul siap disajikan.

Sajikan kue karamel dengan segelas teh hangat. Potong kue karamel sesuai selera dan segera nikmati legitnya kue karamel jadul bersama keluarga tercinta di rumah. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Permen Karamel yang Sudah Jadi Favorit Sejak Dulu

hayyu wardana Photo Verified Writer hayyu wardana

menjadi diri sendiri dan mensyukuri segalanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya