Comscore Tracker

7 Kreasi Mie Goreng Ini Wajib Dicoba Saat  Liburan ke Malaysia

Gurihnya dijamin menggoda

Di kawasan Asia mi goreng memiliki penggemarnya tersendiri. Jarang ada orang yang bisa menolak kenikmatannya. Setiap negara di Asia ini memiliki kreasi mi goreng dengan rasa khasnya.

Cita rasanya bisa dipengaruhi oleh sejarah atau negara-negara, yang ada di sekitarnya. Begitu juga dengan kreasi mi goreng di Malaysia. Tidak hanya memiliki cita rasa khas Melayu, mi goreng di Malaysia juga memiliki pengaruh dari masyarakat Cina dan India.

Seperti yang bisa kamu lihat pada beberapa kreasi mi goreng Malaysia di bawah ini, dilansir Happy Belly Fish dan Ummi Goes Where.

1.  Char kway teow

7 Kreasi Mie Goreng Ini Wajib Dicoba Saat  Liburan ke Malaysiahttps://ingmar.app/blog/recipe-the-national-dish-of-malaysia-char-koay-teow/

Mi goreng yang satu ini menggunakan kway teow sebagai bahan utama mi. Bumbu dan bahan pelengkapnya bisa berbeda tergantung dari daerah pembuatnya. Namun umumnya char kway teow menggunakan kecap, cabe, bawang, udang dan dan kerang.

Mi ini dulunya merupakan hidangan yang disajikan, untuk para pekerja dan dijual di kalangan nelayan, petani dan pengumpul kerang.

2.  Hokkien mee Malaysia

7 Kreasi Mie Goreng Ini Wajib Dicoba Saat  Liburan ke Malaysiahungrygowhere.com

Banyak olahan masakan dari masyarakat Hokkian yang populer di Malaysia. Salah satunya adalah Hokkien mee Malaysia ini. Mi ini kadang disebut dengan Hokkien char mee atau KL Hokkien mee.

Bahan utamanya adalah mie gandum, yang dimasak bersama daging dan lemak babi. Namun untuk versi halalnya daging babi ini diganti dengan daging sapi.

Mi ini dibumbui dengan saus kental yang terbuat dari kecap dan kaldu udang serta beberapa bumbu lain terutama belacan.

3. Kolo mee

7 Kreasi Mie Goreng Ini Wajib Dicoba Saat  Liburan ke Malaysiafoodpanda.my

Kolo mee merupakan hidangan mi goreng Malaysia yang berasal dari daerah Serawak. Mi ini termasuk hidangan yang sederhana, terbuat dari mie telur yang dimasak bersama bumbu dan di sajikan bersama irisan daging babi.

Tidak seperti mi goreng pada umumnya, kecap manis tidak langsung ditambahkan ketika memasak kolo mee. Namun kecap ini biasanya disajikan secara terpisah ketika mi sudah matang.

Baca Juga: Nasi Lemak dan 6 Kuliner Populer yang Bisa Dinikmati di Malaysia

4. Mee goreng mamak

7 Kreasi Mie Goreng Ini Wajib Dicoba Saat  Liburan ke Malaysiayoutube.com/Che Nom

Mee goreng mamak adalah hidangan mi yang awalnya diperkenalkan oleh komunitas muslim India. Mee goreng mamak identik dengan cita rasa manis, gurih dan pedas yang kuat.

Mi ini menggunakan mie kuning yang dimasak bersama telur, toge, cabe, kecap dan beberapa bumbu lainnya. Terkadang daging atau seafood juga ditambah ke dalamnya.

5. Mee Siam

7 Kreasi Mie Goreng Ini Wajib Dicoba Saat  Liburan ke Malaysiabearnakedfood.com

Mee siam merupakan mi dari komunitas Melayu Malaysia yang terinspirasi dari hidangan Thailand. Itu kenapa mee siam memiliki cita rasa asam, manis dan pedas.

Mi terbuat dari bihun yang dimasak dengan pasta rempah, asam jawa dan taucho.  Biasanya disajikan dengan irisan telur dadar, kucai dan jeruk nipis.

6. Chili Pan Mee

7 Kreasi Mie Goreng Ini Wajib Dicoba Saat  Liburan ke Malaysialifestyleasia.com

Sesuai namanya Chili Pan Mee merupakan mie dengan cita rasa pedas yang kuat. Rasa pedas ini berasal dari cabe kering bubuk yang digunakan di dalamnya. Saat dihidangkan mi yang sudah direbus disajikan dengan cabe kering, teri crispy daging cincang dan telur. Hidangan ini merupakan salah satu olahan mie populer di daerah Kuala Lumpur.

7. Wonton Mee

7 Kreasi Mie Goreng Ini Wajib Dicoba Saat  Liburan ke Malaysiaasianinspirations.com.au

Mi yang satu ini merupakan mi yang dipopulerkan oleh masyarakat Kanton. Selain versi mi goreng, wanton mee  juga ada dalam versi kuah. Wanton mee juga dikenal sebagai mi pangsit. Mie yang sudah direbus dibumbui dengan minyak bawang, kecap dan berbagai bumbu lainnya. Biasanya disajikan dengan sayur, pangsit dan daging yang diiris tipis.

Itu dia 7 kreasi mie goreng di Malaysia. Bagi kamu pecinta mie goreng pastikan kamu untuk mencicipi mi di atas. Namun untuk umat Islam perhatikan dulu bahan-bahan yang digunakan dengan bertanya langsung pada pedagang atau mencari hidangan ini pada restoran-restoran atau warung yang menjual makanan halal.

Baca Juga: Menggugah Selera, 10 Kreasi Olahan Mi Kuah Ini Populer di Malaysia

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya