Comscore Tracker

Resep Ikan Bakar Sambal Mangga, Rasanya Nano-Nano Banget

Bisa jadi menu makan bersama keluarga  

Ikan bakar merupakan menu yang banyak disukai oleh semua orang, hampir seluruh restoran di Indonesia menyediakan menu ikan bakar ini. Selain itu, ketika kumpul bersama keluarga, teman, maupun kolega, membakar ikan merupakan tradisi yang selalu dilakukan.

Perbedaan ikan bakar yang satu dengan yang lainnya adalah sambalnya, ada ikan bakar yang menggunakan sambal kecap, sambal terasi, sambal goang, dan sambal mangga. Rasa ikan bakar sangat dipengaruhi oleh sambalnya.

Berikut salah satu olahan ikan bakar menggunakan sambal mangga, gabungan cabai yang pedas dan mangga muda yang asam akan menciptakan rasa tersendiri dari setiap gigitan ikan yang kamu makan. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak resep ikan bakar sambal mangga di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan

Resep Ikan Bakar Sambal Mangga, Rasanya Nano-Nano Bangetilustrasi ikan (instagram.com/gadis785)

Patikan kamu membeli dan menyiapkan semua bahan yang tertulis di bawah ini, karena setiap bahan yang tidak ada akan berakibat pada rasa masakannya.

Bahan utama:

  • 1 ekor gurame ukuran besar
  • 1 sdt kecap manis
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 3 siung bawang putih

Bumbu yang dihaluskan:

  • 1 sdt terasi 
  • 1 sdt garam
  • 3 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit

Bumbu untuk sambal mangga:

  • 5 butir bawang merah
  • 2 buah mangga muda
  • 2 sdm minyak
  • 1 sdm air jeruk nipis

2. Cuci ikan gurame sampai bersih, lalu taburi dengan garam, merica, dan kecap manis

Resep Ikan Bakar Sambal Mangga, Rasanya Nano-Nano Bangetilustrasi (Pexels.com/Huy Phan)

Kamu harus membeli ikan gurame yang besar dan segar. Setelah tersedia, bersihkan ikan guramenya, mulai dari bersihkan sisik ikan, buang bagian dalam ikan dan insangnya. Setelah bersih, tiriskan ikan. 

Sambil menunggu meniriskan ikan, kamu harus menyiapkan bumbu untuk diolesi pada ikan. Campur garam, merica, dan kecap manis, setelah siap saatnya kamu membaluri bumbu yang sudah dibuat ke dalam ikannya. Pastikan semua bagian tubuh ikan terbalut dengan bumbu halus agar rasanya enak.

3. Haluskan bumbu dan siapkan bara api untuk membakar ikan

Resep Ikan Bakar Sambal Mangga, Rasanya Nano-Nano Bangetilustrasi blender (Pexels.com/Ivan Samkov)

Baca Juga: Tips Memasak Ikan Bakar, Rasanya Lebih Nendang dan Makan Makin Lahap

Pertama, cucilah cabai rawit dan cabai merah, lalu haluskan semuanya bumbu dengan cara diulek. Taruh semua bumbu di atas cobek, lalu haluskan sampai semuanya halus. Jika kamu ingin menggunakan blender juga boleh.

Sambil menunggu bumbu merasap, kamu perlu menyiapkan bara api dan pembakaran untuk membakar ikan. Setelah panas, kamu bisa langsung membakar ikan, jangan lupa untuk membalikan ikannya agar, matang dengan merata.

4. Siapkan sambal mangga dari bahan yang tersedia

Resep Ikan Bakar Sambal Mangga, Rasanya Nano-Nano Bangetilustrasi sambal manggai (instagram.com/dagingsegar38)

Sambil menunggu ikan bakar matang, kamu bisa memasak sambal mangganya. Pertama cuci mangga dan kupas kulitnya. Karena digunakan untuk sambal kamu perlu membeli mangga yang masih muda.

Setelah bersih, serut daging mangganya. Untuk bawang merahnya, cukup diiris saja. Setelah semuanya siap. Siapkan wajan untuk menumis, tuangkan 2 sdm minyak goreng ke dalam wajan, tunggu sampai panas lalu tuangkan bumbu halus, aduk beberapa saat sampai tercium barulah masukan mangga, bawang merah, dan air perasan jeruk nipis. 

5. Ikan bakar siap dihidangkan

Resep Ikan Bakar Sambal Mangga, Rasanya Nano-Nano Bangetilustrasi ikan bakar (instagram.com/luckysnackpastry)

Setelah ikan bakar matang dan sambal mangga matang, kamu sudah bisa menyajikannya di atas piring. Tempatkan ikan bakar di piring ceper, lalu tuangkan semua sambal di atas piringnya.

Untuk menyantap ikan bakar ini disarankan makan bersama keluarga karena ikan tidak dipotong-potong dan masih berbentuk utuh sehingga terlalu besar jika ikan dimakan sendiri. Selain itu, paling pas dimakan sama nasi hangat.

Yuk rasakan rasa nano nano dari ikan bakar sambal mangga ini, rasa pedas, manis, dan asemnya pasti buat ketagihan bagi siapapun yang menyantapnya

Baca Juga: Resep Ikan Nila Bakar Teflon, Rasanya Legit Menggigit

Ida Umy Rasyidah Photo Verified Writer Ida Umy Rasyidah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya