Comscore Tracker

Resep Sayur Bening Udang, Menu Khas Minang yang Menyegarkan 

Sensasi makan udang dengan cara disayur

Banyak menu makanan berbahan udang yang bisa kita jumpai. Salah satunya sayur bening udang. Menu ini berbahan dasar udang besar dengan belimbing wuluh.

Tekstur belimbing wuluh yang empuk dengan udang yang kenyal membuat masakan ini makin istimewa rasanya. Belum lagi kuah hangatnya yang segar, bikin tubuh rileks seketika.

Membuat sayur bening udang tentu bukan hal mudah, namun patut kamu coba. Kamu perlu memperhatikan langkah-langkahnya supaya terasa nikmat. Nah, berikut adalah resep sayur bening udang yang bisa kamu ikuti.

1. Bahan membuat sayur bening udang

Resep Sayur Bening Udang, Menu Khas Minang yang Menyegarkan ilustrasi udang (instagram.com/seakojo.id)

Bahan utama:

  • 500 gram udang ukuran besar
  • 7 buah belimbing wuluh
  • 1 sdm perasan jeruk nipis
  • 5 lembar daun jeruk purut
  • 1/2 sdt garam

Bahan bumbu:

  • 3 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 2 sdt jahe cincang
  • 2 sdt kunyit cincang
  • 15 buah cabai rawit
  • 1/2 sdm asam sunti

2. Lumuri udang dengan air jeruk nipis

Resep Sayur Bening Udang, Menu Khas Minang yang Menyegarkan ilustrasi merendam dalam mangkuk (Pexels.com/Steve Johnson)

Pastikan kamu membeli udang yang segar. Tempatkan udang di dalam baskom ukuran sedang, lalu ambil satu udang dan buang kepalanya. Lakukan pada semua udang hingga hanya tersisa badannya saja. 

Selanjutnya, bersihkan udang dengan air bersih. Pastikan semua bagian udang sudah bersih. Kemudian, tuangkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis ke udang, oles semua perasan jeruk nipis ke semua udang agar mengurangi bau amisnya.

3. Remas belimbing, lalu bilas dan tiriskan

Resep Sayur Bening Udang, Menu Khas Minang yang Menyegarkan ilustrasi belimbing wuluh (instagram.com/klikdokter)

Untuk belimbing wuluh, kamu perlu meremasnya terlebih dahulu sampai belimbingnya layu. Lakukan remasan pada semua belimbing sampai semuanya layu.

Setelah layu, kamu bisa mencuci dan membilasnya dengan air sampai bersih. Kemudian, tiriskan agar tidak ada lagi air yang tersisa.

Baca Juga: Resep Sayur Udang Labu Siam, Makan Sayur Jadi Gak Bosan!

4. Rebus bumbu halus bersama udang

Resep Sayur Bening Udang, Menu Khas Minang yang Menyegarkan ilustrasi merebus daun pepaya (Unsplash/]Gaelle Marcel)

Siapkan panci dan tuang air ke dalamnya. Nyalakan kompor dengan api sedang, biarkan air sampai mendidih. Sambil menunggu air mendidih, kamu perlu menghaluskan semua bumbu yang akan digunakan.

Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, kunyit cincang, jahe cincang, dan asam sunti. Kamu bisa menggunakan ulekan ataupun blender, sesuaikan dengan selera kamu.

Tuang bumbu halus ke dalam air rebusan tadi secara perlahan sampai tak tersisa lagi. Kemudian, masukkan udang dan daun jeruk nipis, biarkan sampai setengah air menguap.

5. Tuang air bersama belimbing wuluh

Resep Sayur Bening Udang, Menu Khas Minang yang Menyegarkan ilustrasi air (Pexels.com/Steve Johnson)

Setelah air rebusan udang berkurang setengahnya, kamu perlu menambahkan air kembali sebanyak 750 ml. Biarkan sejenak, sampai airnya mendidih kembali.

Setelah mendidih, tambahkan belimbing wuluh ke dalamnya bersama garam dan penyedap. Aduk terus sampai semuanya tercampur rata.

6. Sayur bening udang siap disajikan

Resep Sayur Bening Udang, Menu Khas Minang yang Menyegarkan ilustrasi sayur bening udang (instagram.com/ayumtutuma)

Setelah semua bahan tercampur rata dan rasa sayurnya sudah nikmat, kamu bisa mematikan kompor. Siapkan sebuah mangkuk, lalu tuangkan sup sayur beingnya.

Sajikan sayur bening udang dengan nasi selagi hangat. Biar makin enak, tambahkan lauk pelengkap, seperti tempe goreng atau bakwan jagung.

Membuat sayur bening udang ternyata gampang banget, nih. Bagi yang sedang belajar memasak, kamu perlu mencoba menu ini karena bahannya sedikit, sehingga tak akan membuat pusing. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Sayur Asem Bening Khas Jawa Tengah yang Terasa Sedap Menyegarkan

Ida Umy Rasyidah Photo Verified Writer Ida Umy Rasyidah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya