Comscore Tracker

5 Hidangan Populer dengan Elderflower yang Semakin Menggiurkan

Bisa disantap bareng waffle untuk sarapan pagi

Elderflower atau bunga elder adalah bunga yang  didominasi oleh warna putih. Di Indonesia, kita jarang sekali mengetahui keberadaan bunga tersebut, namun di Inggris, tanaman ini sering kali ditemui sebagai bahan dapur.

Umumnya elderflower  diolah sebagai minuman. Rasanya disebut-sebut mempunyai perpaduan masam yang unik dan menggugah selera.

Terdapat sekitar lima olahan yang dapat dimasak menggunakan bahan unik tersebut. Yuk, perhatikan makanan yang dimaksud!

1. Blueberry elderflower pie

5 Hidangan Populer dengan Elderflower yang Semakin Menggiurkanilustrasi blueberry elderflower pie (unsplash.com/Eva Andreeva)

Olahan dari bunga elder yang pertama ini adalah santapan klasik kesukaan banyak kalangan. Apalagi kalau bukan pai bluberi. Kenikmatan dari makanan tersebut kini bisa didapat melalui campuran elderflower.

Gunakan jus elderflower yang ditambahkan ke dalam adonan tepung terigu, gula, dan garam, serta bluberi segar. Tuangkan isian dalam crust, lalu panggang sampai matang sempurna.

2. Elderflower and lemon cupcakes

5 Hidangan Populer dengan Elderflower yang Semakin Menggiurkanilustrasi elderflower dan lemon cupcake (unsplash.com/Foodie Flavours)

Cupcake menjadi salah satu makanan yang paling pas dinikmati dengan sensasi elderflower yang unik. Tidak cuma dalam adonan utama, melainkan penggunaan bahan tersebut pun bisa diterapkan terhadap frosting.

Dalam membuat kue utama, siapkan tepung, bubuk pengembang, mentega, telur, susu, parutan kulit lemon, elderflower cordial, dan gula. Sedangkan frosting bisa disiasati dengan mentega, icing sugar, air lemon, serta elderflower cordial.

3. Elderflower cake

5 Hidangan Populer dengan Elderflower yang Semakin Menggiurkanilustrasi elderflower cake (unsplash.com/David Holifield)

Elderflower cake menjadi salah satu kue populer, terutama ketika perhelatan pernikahan bangsawan Inggris, Harry dan Megan Markle berlangsung. Ciri menarik dari kue ini adalah buttercream tipis-tipis yang dipakai untuk melengkapi hidangan.

Elderflower bisa ditemukan dalam adonan kue bercampur dengan parutan kulit lemon dan kacang almon. Sedangkan pada buttercream, bunga elder bisa disatukan bersama krim, mentega, dan gula bubuk.

4. Eton mess elderflower

5 Hidangan Populer dengan Elderflower yang Semakin Menggiurkanilustrasi eton mess elderflower (unsplash.com/Fábio Alves)

Eton mess menjadi makanan lembut yang berpadu dengan krim, meringue, dan buah stroberi. Hidangan tersebut biasanya dijumpai sebagai hidangan penutup atau camilan segar di tengah panas terik.

Supaya makanan terasa lebih nikmat, ada baiknya gunakan campuran elderflower di dalam adonan whipped cream. Serta jangan lupa untuk turut memasukkannya ke dalam sajian stroberi compote yang dimasak dengan gula.

5. Waffle elderflower

5 Hidangan Populer dengan Elderflower yang Semakin Menggiurkanilustrasi waffle elderflower (unsplash.com/Mae Mu)

Kalau makanan yang satu ini, sudah sangat cocok untuk disantap sebagai menu makan pagi atau camilan simpel. Bahan dasar yang terbuat dari tepung membuat hidangan tersebut pun bisa dikreasikan sesuka hati.

Bahan-bahan yang dipakai bisa dikombinasikan bersama terigu, telur, susu, yogurt, bubuk pengembang, serta jangan lupa tambahkan elderflower untuk menciptakan sensasi masakan yang menggiurkan.

Bunga dari Inggris tersebut rupanya bisa ditambahkan ke dalam aneka makanan yang sering kita jumpai sehari-hari. Bila kamu kebetulan memiliki bahan unik ini, jangan lupa untuk membuat lima santapan di atas, ya!

Baca Juga: 5 Resep Olahan Durian Paling Enak yang Wajib Kamu Coba, Enak-enak Lho!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya