Comscore Tracker

5 Ide Olahan Berbuka dari Sisa Selai Nanas yang Gampang Dibikin

Yuk bikin, biar selai gak cuma jadi pajangan di kulkas!

Memasuki waktu dekat dengan lebaran biasanya dapur sudah dipenuhi oleh berbagai macam adonan kue, salah satunya adalah selai nanas untuk kue nastar. Bila sudah dibuat menjadi kue kering, biasanya selai akan disimpan untuk dijadikan pendamping olahan lain.

Bukan cuma bisa digunakan di luar waktu bulan Ramadan, tetapi sisa dari selai nanas untuk nastar tersebut pun cocok dikreasikan menjadi aneka macam menu berbuka puasa sebagai pendamping, seperti lima macam hidangan berikut ini.

1. Roti bakar isi selai nanas 

5 Ide Olahan Berbuka dari Sisa Selai Nanas yang Gampang Dibikinilustrasi roti bakar isi selai nanas (unsplash.com/Kate Mishchankova)

Roti tawar bisa disulap menjadi aneka macam sajian sedap edisi Ramadan, salah satunya adalah dibuat menjadi roti bakar, dengan isian selai buah yang membuatnya jadi terasa lebih manis dan juga cocok untuk mengganjal lapar.

Untuk membuat santapan tersebut, cukup siapkan roti tawar yang diolesi menggunakan mentega. Kemudian panggang selama beberapa saat hingga permukaannya jadi berwarna gelap, setelah itu olesi selai nanas dan lipat rapi untuk dimakan.

2. Puff isi selai nanas 

5 Ide Olahan Berbuka dari Sisa Selai Nanas yang Gampang Dibikinilustrasi puff isi selai nanas (unsplash.com/Karolina Kołodziejczak)

Makanan yang juga tidak kalah menjanjikan untuk disantap sebagai menu pembuka di waktu Ramadan adalah puff isi selai nanas. Diketahui bahwa pastry adalah kulit serbaguna yang bisa disulap menjadi aneka sajian praktis dan kekinian.

Cukup sediakan kulit puff pastry instan lalu potong-potong sesuai bentuk keinginan kamu. Olesi menggunakan selai nanas dan lipat rapi. Selain itu, bagian luarnya perlu ditambahi menggunakan sapuan telur dan panggang hingga adonan tersebut matang sempurna.

Baca Juga: 5 Langkah Resep Selai Nanas untuk Isi Nastar, Enak Buatan Sendiri!

3. Nastar dessert box

5 Ide Olahan Berbuka dari Sisa Selai Nanas yang Gampang Dibikinilustrasi nastar dessert box (unsplash.com/Carly Jayne)

Kepopuleran dessert box memang tidak main-main. Ini dibuktikan dengan variasi rasa makanan tersebut yang semakin hari bertambah kreatif, semisal menghadirkan nastar sebagai salah satu rasa utama.

Makanan ini hampir mirip dengan rasa kue kering tersebut. Sebab di dalam olahan ada perpaduan antara cake lembut yang ditumpuk menggunakan krimer atau whipping cream, selai nanas, dan remahan nastar yang bikin penganan makin bertekstur.

4. Gabin selai nanas 

5 Ide Olahan Berbuka dari Sisa Selai Nanas yang Gampang Dibikinilustrasi gabin selai nanas (unsplash.com/Joshua Hoehne)

Kreasi gabin isi menjadi jajanan legendaris yang sampai saat ini menjadi favorit bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Sajian tersebut dibentuk menggunakan biskuit gabin dengan isian tape singkong untuk kemudian digoreng.

Gak sampai di situ, gabin isi ternyata bisa diinovasikan dengan aneka macam isian yang tidak kalah menggugah selera, salah satunya adalah selai nanas. Perpaduan rasa biskuit pun akan jadi semakin 'nano-nano', karena ada sensasi manis dan asam.

5. Roti goreng selai nanas     

5 Ide Olahan Berbuka dari Sisa Selai Nanas yang Gampang Dibikinilustrasi roti goreng selai nanas (unsplash.com/Asiya Kiev)

Lalu pada olahan nomor lima, ada sajian dari roti goreng yang punya sensasi empuk dan bagian dalamnya lumer di mulut. Makanan ini cocok sekali dijadikan pelengkap untuk bulan puasa karena bisa bikin kenyang walau dinikmati satu atau dua buah.

Dalam proses pembuatan adonan sendiri, bahan-bahan yang digunakan tidak jauh berbeda dengan adonan roti panggang pada umumnya. Yakni susu, tepung terigu, ragi, dan lainnya. Namun isiannya bisa kamu siasati menggunakan sisa selai nanas agar lebih nikmat.

 

Keberadaan sisa selai nanas ternyata bisa juga disajikan sebagai pelengkap untuk berbuka. Macam-macam penganan hadir dengan bahan dan bentuk berbeda, agar bisa disesuaikan dengan sajian favorit kamu.

Baca Juga: 5 Kue Kering Selai Nanas yang Legit, Bukan Cuma Nastar!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya