Comscore Tracker

5 Olahan Buah Pala yang Bikin Siang Terik Jadi Segar, Wajib Coba!

Ide camilan siang hari!

Pala merupakan salah satu bentuk komoditas dalam negeri yang memiliki peran penting di dunia kesehatan maupun kuliner. Memiliki pohon yang cenderung kecil namun tinggi, pala jadi buah sekaligus rempah yang bisa menambah rasa dalam setiap olahan.

Namun, pala sendiri bisa disajikan sebagai makanan atau minuman yang segar dan cocok disajikan saat tengah hari. Apa saja?

1. Manisan

5 Olahan Buah Pala yang Bikin Siang Terik Jadi Segar, Wajib Coba!cookpad.com/MakYas

Manisan merupakan salah satu cara mengolah makanan yang paling populer diterapkan pada berbagai macam buah. Umumnya buah-buahan tersebut direndam dalam air gula selama berhari-hari untuk mendapatkan rasa yang diinginkan.

Nah, pala sendiri bisa jadikan manisan basah seperti itu. Tentunya kita harus mengupas kulitnya terlebih dahulu sebelum direndam. Metode ini juga diketahui merupakan cara mengawetkan makanan yang mudah sekaligus banyak diterapkan.

2. Es pala

5 Olahan Buah Pala yang Bikin Siang Terik Jadi Segar, Wajib Coba!bukalapak.com/Es Pala Bogor

Olahan selanjutnya yang tak kalah sedap disajikan adalah es pala. Minuman satu ini merupakan hidangan yang cukup populer terutama di Kota Bogor.

Es pala dibuat dari campuran air, potongan buah pala, gula, dan sedikit garam. Minuman ini juga bisa disertai komponen tambahan seperti sirup atau jelly.

Usut punya usut, minuman tersebut diwariskan sejak zaman penjajahan.

Baca Juga: Gak Ragu Lagi, 5 Manfaat dan Khasiat Dari Buah Pala Ini Bikin Sehat

3. Permen jelly

5 Olahan Buah Pala yang Bikin Siang Terik Jadi Segar, Wajib Coba!tasteofhome.com

Selain dibuat manisan dan minuman, pala juga dapat diolah sebagai permen jelly. Sebagaimana yang kita tahu, permen tersebut merupakan salah satu jenis makanan manis yang memiliki tekstur kenyal dan berukuran lebih kecil dari permen pada umumnya.

Pembuatan permen jelly pala pun cukup mudah, yakni dengan mengolah pala yang sudah direndam semalaman dengan gula pasir sehingga permen bisa dicetak sesuai selera.

4. Asinan pala

5 Olahan Buah Pala yang Bikin Siang Terik Jadi Segar, Wajib Coba!dapurkobe.co.id

Asinan ialah makanan khas dalam negeri yang tak kalah populer selanjutnya. Kebalikan dari manisan, asinan sendiri mengharuskan sayur atau buah-buahan direndam dalam metode pengasinan melalui dua bahan, ada yang memakai garam dan ada pula yang menggunakan cuka.

Kamu yang suka dengan jenis makanan ini sesekali bisa mencoba pala sebagai salah satu bahan utama dalam mengolah asinan.

5. Paladang

5 Olahan Buah Pala yang Bikin Siang Terik Jadi Segar, Wajib Coba!amazon.com

Paladang adalah jenis olahan manisan yang terbuat dari buah pepaya dicampur buah pala yang dimasak dengan gula. Paladang sendiri merupakan manisan kering yang umumnya dibuat dengan warna-warna mentereng sehingga lebih menarik untuk disajikan.

Umumnya, paladang bisa ditemukan di pusat oleh-oleh daerah terutama di kawasan Jawa Barat. Bagi kamu yang penasaran dengan rasanya, mencoba paladang di tempat tersebut bisa jadi alternatif.

Nah, itulah beberapa jenis olahan dari buah pala yang bikin kamu kembali segar di saat siang terik. Kalau kamu sendiri, kira-kira lebih suka olahan yang mana?

Baca Juga: 10 Manisan Basah Khas Indonesia yang Paling Populer, Enak dan Segar!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya