Comscore Tracker

5 Manfaat dan Khasiat Buah Pala Ini Bikin Sehat, Sudah Tahu? 

Buah dan bijinya punya banyak manfaat nih!

Pala merupakan rempah khas nusantara yang spesifiknya berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Pala dapat dikategorikan sebagai rempah, buah, maupun biji. Biji dari pala biasanya akan diolah menjadi rempah yang bermanfaat untuk penyedap makanan. 

Sementara buahnya sering dimanfaatkan sebagai manisan. Di balik fungsi dan pengolahan dari pala menjadi rempah maupun manisan, ternyata pala memiliki manfaat luar biasa didalamnya. Untuk kamu yang penasaran mengenai manfaat dan khasiat dari pala, simak yuk apa saja!

1. Dapat mengurangi rasa nyeri dan sakit

5 Manfaat dan Khasiat Buah Pala Ini Bikin Sehat, Sudah Tahu? Pexels/rawpixel.com

Khasiat yang dimiliki pala mirip dengan mentol, yaitu mampu mengurangi rasa sakit. Tentunya dengan mengonsumsi pala sebagai rempah dalam masakan, kamu dapat mengurangi rasa sakit akibat luka ataupun peradangan kronis. Selain itu, ketegangan juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi rempah khas Indonesia ini. Tentunya manfaat dari pala dalam mengurangi rasa sakit dapat menjadi sesuatu yang menarik dan pastinya lebih alami.

2. Bagus untuk kesehatan mulut

5 Manfaat dan Khasiat Buah Pala Ini Bikin Sehat, Sudah Tahu? Unsplash.com/@kalvisuals

Pala memiliki khasiat luar biasa terhadap kesehatan mulut terutama untuk masalah bau mulut. Hal ini karena sifat antibakteri yang terdapat dalam buah pala yang mampu membersihkan penyebab bau mulut.

Kandungan dari buah pala pun dapat meningkatkan kekebalan dan kualitas dari gigi maupun gusi kita. Hal ini tentu sangat bermanfaat sebagai obat sikat gigi, maka tak heran apabila pala sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan pasta gigi maupun obat kumur herbal alami.

3. Baik untuk penderita insomnia

5 Manfaat dan Khasiat Buah Pala Ini Bikin Sehat, Sudah Tahu? Pexels/Ivan Obolensky

Para penderita insomnia wajib mencoba olahan dari pala karena khasiat didalamnya. Insomnia adalah kondisi dimana seseorang sulit untuk tidur dan berdampak kepada stamina serta kesehatan orang tersebut sehari-hari. Bila insomnia tidak diatasi tentunya rentan terkena dampak buruk akibat kekurangan tidur.

Buah pala memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. Magnesium merupakan kandungan yang dapat melepaskan ketegangan dari dalam tubuh dan merangsang untuk melepas hormon serotonin atau hormon yang memberikan efek rileks sehingga seseorang mudah untuk terlelap.

Baca Juga: 5 Hidangan India yang Kaya Rempah Ini Rasanya Menggoyang Lidah

4. Menstabilkan tekanan darah

5 Manfaat dan Khasiat Buah Pala Ini Bikin Sehat, Sudah Tahu? Pexels/Artem Bali

Buah pala ternyata memiliki manfaat luar biasa khususnya bagi para penderita hipertensi karena kandungan kalium didalamnya mampu meregangkan pembuluh darah dalam tubuh sehingga hal tersebut akan mengurangi tekanan darah dan ketegangan yang berhubungan dengan sistem kardiovaskuler. Ini lah yang membuat buah pala ampuh dalam menstabilkan tekanan darah.

5. Bermanfaat bagi kesehatan kulit

5 Manfaat dan Khasiat Buah Pala Ini Bikin Sehat, Sudah Tahu? Pexels/Pixabay

Buah pala ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga dapat menjadi salah satu alternatif dalam kecantikan. Meski belum ada penelitian secara komprehensif mengenai hal ini, tetapi sudah banyak produk tradisional maupun obat heral yang menggunakan buah pala sebagai kandungannya.

Rata-rata orang menggunakan buah pala bersama dengan air atau madu sebelum menggunakannya. Manfaat yang didapat tentu dapat mengurangi peradangan, melembabkan kulit, mencegah iritasi, maupun menghilangkan bekas luka.

Nah, 5 manfaat dari buah pala di atas dapat menjadi informasi bagi kamu untuk dapat memanfaatkan buah pala sebagai obat dan tanaman herbal. Bagaimana menurutmu?

Download aplikasi kuliner Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Rempah Khas Indonesia Ini Jadi Rebutan Negara Asing Dulu

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya
  • Ernia Karina
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya