Comscore Tracker

Cara Membuat Matcha Soda yang Segar dan Harum Maksimal

Cocok buat dinikmati sebagai pendamping makanan favorit

Matcha adalah teh hijau asal Jepang yang sangat populer, termasuk di Indonesia. Bahan ini disukai lantaran memiliki sensasi rasa yang unik dan aromanya cukup harum.

Bukan cuma diseduh biasa, ternyata matcha bisa dikombinasikan bersama air berkarbonasi untuk menghasilkan matcha soda yang menyegarkan. Merupakan adaptasi matcha green tea soda dari Oh, How Civilized, minuman tersebut bisa dibuat dengan memperhatikan langkah-langkah berikut ini.

1. Bahan-bahan

Cara Membuat Matcha Soda yang Segar dan Harum Maksimalilustrasi bubuk matcha (freepik.com/freepik)

Bahan-bahan:

  • 250 ml sparkling water atau air soda
  • 125 ml air putih
  • 2 sendok makan bubuk matcha
  • 50 gram gula pasir

2. Masak simple syrup dari gula dan air

Cara Membuat Matcha Soda yang Segar dan Harum Maksimalilustrasi pembuatan simple syrup (pexels.com/RODNAE Productions)

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat simple syrup. Sirop ini berupa cairan kental berwarna putih yang dibuat dari larutan gula pasir

Cara membuatnya dapat dilakukan dengan menyiapkan wajan antilengket atau panci. Kemudian, tambahkan gula pasir dan air putih ke dalamnya. Masak di atas api selama beberapa saat sampai teksturnya kental seperti sirop. 

Baca Juga: Resep Matcha Truffle yang Nikmat, Pecinta Matcha Mari Merapat!

3. Tambahkan matcha ke dalam sirop simpel

Cara Membuat Matcha Soda yang Segar dan Harum Maksimalilustrasi simple syrup dan matcha (pexels.com/Cup of Couple)

Bila simple syrup sudah mencapai kekentalan yang pas, langsung matikan kompor. Kemudian, angkat panci tersebut dari kompor dan dinginkan sebelum dipakai membuat matcha soda.

Sebelum dibiarkan hingga benar-benar dingin, kamu bisa memasukkan bubuk matcha ke dalam sirop ini. Baiknya ayak terlebih dahulu matcha biar tidak gampang menggumpal saat diaduk bersama simple syrup.

4. Masukkan bahan-bahan ke dalam gelas

Cara Membuat Matcha Soda yang Segar dan Harum Maksimalilustrasi sparkling water, es batu, dan sirop matcha (pexels.com/Charlotte May)

Jika bahan-bahan yang dibuat sebelumnya sudah dalam kondisi siap, maka tinggal susun isian yang diperlukan dalam gelas. Bila ingin terasa dingin, kamu dapat menambahkan es batu ke dalam minuman tersebut.

Masukkan sirop yang sudah dicampur bersama bubuk matcha. Setelah itu, disusul dengan menambahkan sparkling water atau air soda biar minuman ini makin terasa menyegarkan.

5. Minuman siap dinikmati

Cara Membuat Matcha Soda yang Segar dan Harum Maksimalilustrasi matcha soda (pexels.com/Darina Belonogova)

Catatan dalam proses pembuatan matcha soda; bila kamu menggunakan air soda yang mengandung banyak pemanis, sebaiknya takaran gula yang dipakai pada simple syrup diganti sesuai selera. Ini dilakukan agar minuman tidak legit. Disarankan untuk memilih air soda yang tidak memiliki pemanis atau less sugar biar rasanya pas.

Minuman ini memiliki perpaduan rasa yang unik dan menyegarkan. Belum lagi ada wangi matcha yang khas, sehingga bisa membuat kamu terpikat dengan aromanya yang begitu harum dan sensasi sparkling water atau soda yang menyengat di mulut.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Matcha Powder Terbaik

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya