Comscore Tracker

Cara Membuat Keju Homemade dari Kacang Almon, Gak Pake Susu Sapi!

Cocok buat kamu yang alergi susu sapi atau seorang vegan

Keju merupakan salah satu produk olahan dari susu sapi yang begitu populer. Namun, terkadang tidak semua orang cocok dengan kandungan bahan baku yang dipakai sebagai komponen utamanya.

Oleh sebab itu, kamu dapat membuat keju homemade dengan bahan utama dari kacang almon. Teksturnya mirip keju lunak disertai rasa agak lebih manis dan creamy. Cocok untuk dijadikan pelengkap aneka hidangan.

Buat kamu yang penasaran dengan proses pembuatan keju tersebut, simak resep keju homemade dari kacang almon di bawah ini, yuk!

1. Bahan pembuatan keju

Cara Membuat Keju Homemade dari Kacang Almon, Gak Pake Susu Sapi!ilustrasi bahan keju dari almon (pixabay.com/Rabbixel)

Bahan dasar yang perlu dipersiapkan:

  • 1 cangkir kacang almon utuh
  • 3 sendok makan minyak zaitun
  • 2 ½ sendok makan air perasan lemon
  • Setengah cangkir air
  • Garam secukupnya
  • ½ bawang putih (opsional)

2. Kupas kulit dari kacang almon

Cara Membuat Keju Homemade dari Kacang Almon, Gak Pake Susu Sapi!ilustrasi kacang almon (pixabay.com/pictavio)

Pada proses pembuatan keju ini, kacang almon yang dipakai adalah kacang utuh. Makanya kulit dari bahan tersebut perlu dilepaskan agar warna dari keju kacang-kacangan ini semakin mirip akan keju susu sapi.

Cara mudahnya bisa dilakukan dengan merendam almon menggunakan air yang sudah direbus selama beberapa saat. Nantinya, kamu dapat melepaskan kulit almon dengan mudah dan letakkan kembali dalam rendaman air dingin, simpan di kulkas semalaman.

Baca Juga: 5 Ragam Kue Kering dari Kacang Almon yang Bikin Kudapan Makin Gurih

3. Haluskan bahan-bahan

Cara Membuat Keju Homemade dari Kacang Almon, Gak Pake Susu Sapi!ilustrasi bahan yang dihaluskan (pixabay.com/stux)

Bila kacang almon sudah didiamkan semalaman dalam kulkas, waktunya untuk membersihkan kacang tersebut sembari dikeringkan. Baru kacang almon bisa digunakan pada proses pembuatan keju.

Siapkan blender atau food processor, masukkan kacang almon, minyak zaitun, air, air lemon, bawang, dan garam. Haluskan beberapa menit sampai tekstur bahan-bahan tersebut mengental dan tidak ada yang menggumpal.

4. Saring adonan keju

Cara Membuat Keju Homemade dari Kacang Almon, Gak Pake Susu Sapi!ilustrasi keju dari kacang almon (pixabay.com/Ana_J)

Di tempat lain, siapkan kain batis alias saringan pembungkus tahu dan letakkan adonan di atasnya. Pastikan di bawah kain sudah dialasi menggunakan mangkuk atau piring, agar air yang menetes tidak luber.

Ikat kain batis tersebut sambil diperas sesekali, kemudian simpan di lemari pendingin selama setengah hari. Ini dilakukan biar airnya benar-benar berkurang dan tekstur keju semakin pas saat hendak digunakan. 

5. Keju siap dipakai

Cara Membuat Keju Homemade dari Kacang Almon, Gak Pake Susu Sapi!ilustrasi keju dari kacang almon (pixabay.com/Maria)

Bila sudah didiamkan selama beberapa jam, kamu dapat mengeluarkan adonan keju dari saringan tersebut. Kemudian, keju dapat dipanggang dengan suhu di antara 160-165 derajat celcius agar bagian luarnya lebih garing namun lembut di dalam.

Setelah dipanggang, biarkan agar adonan sedikit dingin dan gunakan keju kacang almon tersebut untuk dinikmati bersama salad, olahan pizza, atau sekadar dijadikan teman makan biskuit dan roti.

Kacang almon bisa diubah menjadi aneka sajian sedap, termasuk untuk pembuatan keju. Sehingga bagi kamu yang gak bisa menikmati produk olahan dari susu sapi, kreasi keju ini dapat dijadikan alternatif.

Baca Juga: 5 Permen dari Olahan Kacang, Inspirasi Camilan Homemade

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya