Comscore Tracker

5 Olahan Steak Bowl yang Klop Dimakan Pakai Nasi, Kenyang Pol!

#IDNTimesFood Makan steak pakai nasi, ​​​​​​​why not?

Rice bowl adalah teknik penyajian makanan dengan bahan dasar nasi putih serta aneka lauk pauk menarik. Variasi rice bowl kini makin beragam, salah satunya adalah steak rice bowl. 

Umumnya, pelengkap dari steak adalah kentang goreng atau mashed potato. Tapi tren rice bowl berhasil memodifikasi hal tersebut. Cukup digemari karena mengenyangkan, berikut lima kreasi steak rice bowl yang dapat dijadikan inspirasi hidangan lezat.

1. Steak burrito bowl

5 Olahan Steak Bowl yang Klop Dimakan Pakai Nasi, Kenyang Pol!ilustrasi steak burrito bowl (delish.com/Chelsea Lupkin)

Burrito merupakan makanan asal Meksiko berupa campuran daging dan kacang-kacangan dalam balutan tortilla. Agar tidak monoton, burrito bisa dikreasikan menjadi rice bowl dengan meletakkan isian dalam semangkuk nasi. 

Isian tersebut terdiri dari irisan bawang, kacang hitam, hingga keju. Sementara daging cincang bisa diganti menggunakan steak agar lebih mantap!

2. Tex Mex steak bowl

5 Olahan Steak Bowl yang Klop Dimakan Pakai Nasi, Kenyang Pol!ilustrasi tex-mex steak bowl (foodnetwork.com/Food Network Kitchen)

Tex Mex merupakan kepanjangan dari Texas Mexico yang merepresentasikan 'perkawinan' rasa dari dua daerah tersebut. Kuliner Tex Mex memiliki beberapa jenis, salah satunya steak rice bowl.

Dalam semangkuk hidangan ini, kamu akan menikmati selada, sour cream, saus salsa, sirloin steak, hingga nasi sebagai dasar atau dapat pula diganti dengan quinoa.

3. Korean steak rice bowl

5 Olahan Steak Bowl yang Klop Dimakan Pakai Nasi, Kenyang Pol!ilustrasi korean steak rice bowl (taste.com.au/Guy Bailey)

Makanan berikut ini menjadi salah satu kreasi favorit dengan melibatkan olahan asal Korea Selatan. Korean steak rice bowl biasanya diisi dengan bulgogi, sejenis daging panggang dengan bumbu khas.

Sementara pendamping yang digunakan dalam semangkuk nasi adalah steak, bawang merah besar, irisan wortel, lobak, hingga timun yang menyegarkan.

Baca Juga: Resep Unagi Don Khas Jepang, Rice Bowl Lezat dengan Belut Panggangnya

4. Fajita in a bowl

5 Olahan Steak Bowl yang Klop Dimakan Pakai Nasi, Kenyang Pol!ilustrasi fajita in a bowl (delish.com/Jon Boulton)

Fajita menjadi salah satu hidangan yang menggunakan bahan utama daging panggang serta dibungkus dalam tortilla. Sajian tersebut bisa diadaptasi menjadi rice bowl dengan mengganti kulit menggunakan nasi.

Untuk melengkapi steak, kamu bisa menggunakan sayur seperti selada, tomat, jagung, dan irisan buah alpukat.

5. Chicken fried steak bowl

5 Olahan Steak Bowl yang Klop Dimakan Pakai Nasi, Kenyang Pol!ilustrasi chicken fried steak bowl (delish.com/Candace Braun Davision)

Olahan steak rice bowl berikut ini merupakan hasil perpaduan antara nasi dengan lauk berbahan ayam yang dibaluri dengan tepung. Ayam tersebut kemudian digoreng dan dipotong-potong menyerupai steak.

Supaya dapat menambah kenikmatan, jangan lupa tambahkan saus gravy ke dalam mangkuk, ya!

Bagi penggemar steak dan nasi, mengolah keduanya menjadi rice bowl dapat dijadikan referensi hidangan simpel mengenyangkan. Terlebih rasanya pasti lezat dan meningkatkan nafsu makan kamu, deh!''

Baca Juga: Resep Korean Spicy Chicken Rice Bowl, Ide Jualan Kekinian Pasti Laris

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya