Comscore Tracker

Resep Nasi Goreng Kimchi Tuna untuk Ide Makan Siang, Korea Banget!

Rasa gurih dan asamnya bikin kamu kepincut

Makan siang akan terasa nikmat kalau menyantap nasi goreng. Kali ini hidangan klasik tersebut berasal dari Korea Selatan yang mencampurkan kimchi dan tuna, sehingga rasanya semakin nano-nano tetapi bikin kamu ketagihan.

Kombinasi antara gurihnya makanan dan asamnya sayur fermentasi itu makin mantap kalau disantap bareng telur mata sapi. Cara membuatnya pun terbilang simpel, lho.

Rasanya Korea banget, berikut resep nasi goreng kimchi tuna yang sekali lahap gak bakal bisa berhenti makan. Pencinta makanan Korea pasti suka, deh!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Nasi Goreng Kimchi Tuna untuk Ide Makan Siang, Korea Banget!ilustrasi kimchi (pexels.com/makafood)

Bahan saus:

  • 1 sdm gochujang
  • 1 sdm air jus kimchi
  • 1/2 sdm kecap asin
  • 1/2 sdm gula pasir

Bahan nasi goreng:

  • 2 cangkir nasi
  • 1 cangkir kimchi
  • 1 kaleng tuna
  • 1 sdm minyak wijen
  • minyak untuk menggoreng

Bahan topping:

  • telur secukupnya
  • garam secukupnya
  • lada secukupnya

2. Buat adonan saus 

Resep Nasi Goreng Kimchi Tuna untuk Ide Makan Siang, Korea Banget!ilustrasi saus dalam mangkuk (pexels.com/MART PRODUCTION)

Pertama, buat adonan saus dengan mencampur gochujang, pasta cabai ala Korea, air jus kimchi, kecap asin, dan gula pasir di dalam wadah berukuran sedang. Kemudian, aduk-aduk sampai bahan ini tercampur merata.

Di tahap ini kamu juga bisa mencicipi saus tersebut untuk menentukan kadar pedas yang diinginkan pada nasi goreng. Kuncinya tinggal menambahkan atau mengurangi penggunaan gochujang supaya rasa nasi goreng makin pas di lidah.

3. Masak kimchi bersama tuna

Resep Nasi Goreng Kimchi Tuna untuk Ide Makan Siang, Korea Banget!ilustrasi wajan di atas kompor (pexels.com/cottonbro)

Siapkan kimchi dan potong supaya lebih mudah dimakan, lalu siapkan tuna kaleng dan tiriskan. Idealnya, nasi goreng ini menggunakan kimchi segar yang sudah berusia setidaknya 2 minggu supaya rasa asamnya lebih pas.

Selanjutnya, siapkan wajan dan masukkan minyak goreng secukupnya. Nyalakan api, lalu tunggu hingga minyak agak panas baru masukkan kimchi. Masak sampai teksturnya lembut kurang lebih 2-3 menit, lalu masukkan tuna.

Baca Juga: Resep Kimchi Lasagna, Kombinasi 2 Menu yang Bikin Ngiler

4. Tambahkan nasi beserta saus 

Resep Nasi Goreng Kimchi Tuna untuk Ide Makan Siang, Korea Banget!ilustrasi proses memasak nasi goreng (pexels.com/Anna Tarazevich)

Setelah bahan-bahan dari kimchi dan tuna tercampur rata, masukkan nasi ke dalam adonan tersebut sambil diaduk rata. Kemudian, tambahkan adonan saus yang sudah dibuat sebelumnya.

Di tahap ini kamu juga bebas memasukkan aneka isian, misalnya, jagung pipil untuk menambah tekstur. Selain itu, tambahkan juga minyak wijen untuk menyeimbangkan seluruh rasa makanan supaya lebih enak dan ringan. Jangan lupa koreksi rasa, ya!

5. Nikmati nasi goreng kimchi tuna bersama telur

Resep Nasi Goreng Kimchi Tuna untuk Ide Makan Siang, Korea Banget!ilustrasi nasi goreng kimchi tuna (pixabay.com/Sharon Ang)

Kalau semua bahan sudah matang dan tercampur rata, angkat wajan nasi goreng dari kompor. Kemudian, siapkan teflon lain dan masukkan minyak secukupnya untuk menggoreng telur.

Pecahkan telur untuk dimasak sebagai telur mata sapi, boleh matang sepenuhnya atau sesuai selera. Kemudian, bumbui pakai garam dan lada. Jika sudah matang, sajikan bersama nasi goreng kimchi tuna, deh.

Sekarang bikin nasi goreng yang unik ala Korea Selatan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perpaduan rasa gurih dan asamnya membuat makanan ini punya keunikan yang mampu membuat banyak orang terpikat. Yuk, coba masak!

Baca Juga: Resep Sandwich Ayam Kimchi, Roti Isi Cita Rasa Korea

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya