Comscore Tracker

Resep Salt and Vinegar Chips, Keripik Kentang 4 Bahan

Cocok buat teman bersantai, nih!

Keripik kentang adalah makanan populer yang paling cocok untuk menemani waktu bersantai. Dalam kemasan siap santap, terdapat aneka rasa populer yang membuat hidangan ini begitu disukai, salah satunya salt and vinegar chips.

Dilansir The Stay at Home Chef, kamu bisa membuat keripik kentang yang lezat dan simpel menggunakan 4 bahan utama saja, lho, melalui resep salt and vinegar chips berikut ini.

1. Siapkan bahan keripik

Resep Salt and Vinegar Chips, Keripik Kentang 4 Bahanilustrasi kentang (pixabay.com/Holger Langmaier)

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 2 buah kentang
  • 1½ cangkir cuka
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

2. Potong kentang pakai mandoline slicer

Resep Salt and Vinegar Chips, Keripik Kentang 4 Bahanilustrasi kentang potong (pexels.com/Yuliia Bas)

Pertama-tama, siapkan 2 buah kentang. Kamu dapat menggunakan kentang jenis yukon atau russet untuk hasil yang maksimal. Kemudian kupas kulitnya sampai bersih supaya rasa keripik lebih enak.

Untuk mempermudah proses pemotongan, kamu bisa menggunakan bantuan dari mandoline slicer dengan potongan khusus keripik supaya ukurannya merata. Potong sampai semua kentang teriris dengan baik, sisihkan.

3. Rendam kentang di dalam cuka selama 2 jam

Resep Salt and Vinegar Chips, Keripik Kentang 4 Bahanilustrasi cuka dalam mangkuk (pixabay.com/Waldemar Zielinski)

Di wadah besar, masukkan seluruh cuka ke dalamnya. Kemudian rendam setiap potongan kentang di dalam larutan cuka tersebut selama kurang lebih 1 atau 2 jam supaya hasilnya bagus dan rasanya enak.

Kalau sudah, jangan lupa untuk meniriskan kentang dari rendaman cuka. Keringkan setiap potongan kentang menggunakan tisu makan, handuk atau lap bersih, dan jajarkan di atas loyang maupun wadah lebar.

Baca Juga: 10 Sayuran yang Cocok Dijadikan Keripik, Renyahnya Bukan Main!

4. Goreng keripik sampai matang

Resep Salt and Vinegar Chips, Keripik Kentang 4 Bahanilustrasi proses menggoreng (pixabay.com/shoaib atif)

Berikutnya, siapkan penggorengan dan masukkan minyak secukupnya. Gunakan api sedang untuk memanaskan minyak sebelum memasukkan potongan kentang yang sudah dikeringkan ke dalamnya.

Kalau minyak sudah dirasa cukup panas dan ada gelembung-gelembung saat adonan dimasak, masukkan kentang sedikit demi sedikit supaya bisa matang merata. Waktu menggorengnya bisa memakan waktu 2 hingga 3 menit.

5. Taburi keripik kentang memakai garam

Resep Salt and Vinegar Chips, Keripik Kentang 4 Bahanilustrasi salt and vinegar chips (pixabay.com/Charlotte Govaert)

Lakukan tahapan tersebut sampai semua adonan habis dan keripik kentang berubah warna jadi cokelat keemasan dan teksturnya crispy. Tiriskan keripik sampai minyak yang menempel turun dengan perlahan.

Berikutnya, pindahkan keripik kentang ke wadah lebar lalu ratakan. Taburi seluruh bagian keripik pakai garam sampai rata, maka salt and vinegar chips siap dijadikan camilan rumahan yang lezat.

Kamu dapat membuat keripik yang simpel memakai 4 bahan utama seperti resep salt and vinegar chips ini. Rasanya unik karena ada sensasi asam dan gurih yang memikat, cocok buat teman bersantai. Yuk, coba!

Baca Juga: 5 Cara Upgrade Keripik Kentang Jadi Masakan Unik dan Bikin Kenyang

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya