Comscore Tracker

Cara Buat Tumis Buncis Ayam Pedas untuk Makan Siang, Lezat Pol!

Dinikmati bareng nasi hangat bakal semakin enak

Buncis dan ayam dapat diolah menjadi masakan sedap untuk makan siang yang mengenyangkan. Perpaduan rasa gurih dan manisnya akan terasa semakin spesial manakala ditambah memakai irisan cabai rawit yang pedas.

Dilansir Primavera Kitchen, kamu bisa membuat tumis buncis ayam pedas dengan mudah di rumah. Bahan-bahan dan cara membuatnya sudah bisa dicatat dengan memperhatikan resep di bawah ini.

1. Siapkan bahan-bahan

Cara Buat Tumis Buncis Ayam Pedas untuk Makan Siang, Lezat Pol!ilustrasi dada ayam (pixabay.com/Siwon Lee)

Bahan-bahan tumisan:

  • 450-500 gram dada ayam
  • 1 sdt paprika bubuk
  • 1 sdt bawang bombai bubuk
  • 1 sdm air lemon
  • 1+1 sdm minyak
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sdt cabai rawit potong
  • 2-3 cangkir buncis
  • 2 sdm kaldu ayam atau air
  • Garam dan lada secukupnya

2. Marinasi daging ayam

Cara Buat Tumis Buncis Ayam Pedas untuk Makan Siang, Lezat Pol!ilustrasi marinasi ayam (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Pertama-tama siapkan ayamnya terlebih dahulu. Gunakan dada ayam bebas tulang supaya lebih mudah dipotong-potong. Ukurannya bisa disesuaikan, namun pastikan tidak terlalu kecil atau besar supaya cepat matang.

Setelah itu, marinasi potongan dada ayam menggunakan campuran dari paprika, garam, lada, air lemon, dan bubuk bawang putih. Baluri secara merata dan diamkan selama beberapa saat sampai bumbu menyerap.

Baca Juga: Resep Tumis Cumi Asin, Pedas Gurihnya Bikin Lahap Makan

3. Tumis daging hingga matang

Cara Buat Tumis Buncis Ayam Pedas untuk Makan Siang, Lezat Pol!ilustrasi menumis bahan (pixabay.com/Joshua Van Hierden)

Berikutnya letakkan wajan di atas kompor dan panaskan menggunakan api sedang. Masukkan satu sendok makan minyak sambil ditunggu selama kurang lebih dua menit supaya suhunya panas.

Setelah itu, tambahkan ayam ke dalam wajan dan tumis selama kurang lebih 7 hingga 10 menit atau sampai dirasa sudah matang. Bila teksturnya sudah lembut, matikan api dan sisihkan dari atas kompor.

4. Tumis buncis sampai matang

Cara Buat Tumis Buncis Ayam Pedas untuk Makan Siang, Lezat Pol!ilustrasi menumis bawang (pixabay.com/günter)

Langkah berikutnya, masukkan satu sendok minyak ke dalam wajan dan gunakan untuk menumis bawang putih dan cabai rawit. Masak selama kurang lebih 30 detik, pastikan bawang tidak gosong supaya rasa makanan tetap lezat.

Setelah itu masukkan semua buncis yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong ke dalam wajan tersebut. Masak bersama bawang dan cabai di api sedang selama kurang lebih tiga menit sambil diaduk merata.

5. Campur bersama ayam dan sajikan

Cara Buat Tumis Buncis Ayam Pedas untuk Makan Siang, Lezat Pol!ilustrasi tumis buncis ayam pedas (pixabay.com/Jason Goh)

Terakhir, tinggal masukkan kaldu ayam atau air biasa ke dalam wajan. Setelah itu tutup penggorengan selama kurang lebih tiga atau lima menit hingga buncis lebih lunak dan matang sempurna.

Bila sudah tinggal masukkan potongan ayam ke dalam penggorengan sambil diaduk secara merata. Koreksi rasa, bila ada yang kurang sesuai tinggal ditambah bumbu dan matikan api saat sudah matang.

Bikin lauk makan praktis dengan buncis, ayam, dan cabai mampu menghasilkan makanan yang sedap dan bikin ngiler. Tinggal dinikmati bersama nasi hangat, maka makan siang terasa lebih nikmat. Yuk, coba buat resep ini!

Baca Juga: Resep Oseng Kikil Pedas Cabai Hijau, Sensasi Pedas yang Menggiurkan 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya