Comscore Tracker

5 Tips Bikin Nasi untuk Kimbap yang Empuk dan Flavorful, Terapkan!

Beras butir pendek akan cocok untuk dibuat menjadi kimbap

Kimbap adalah makanan serupa sushi yang sangat populer di Korea Selatan. Kamu dapat menemukan makanan ini di mana saja seperti toko makanan dan restoran terkemuka, karena rasa serta penampilannya yang menggugah selera.

Jika kamu terpikirkan untuk membuatnya sendiri, tapi kurang percaya diri dengan hasilnya, maka lima tips dalam membuat nasi kimbap ini harus diterapkan. Supaya kimbap biatanmumu jadi seenak dan secantik di restoran.

1. Gunakan jenis beras berbutir pendek

5 Tips Bikin Nasi untuk Kimbap yang Empuk dan Flavorful, Terapkan!ilustrasi beras butir pendek (pixabay.com/white kim)

Terdapat beberapa jenis beras yang sangat populer dan kerap dimasak untuk disantap sebagai pelengkap hidangan utama. Perbedaan tersebut akan menghasilkan makanan terbaik jika menggunakan jenis yang tepat, tidak terkecuali ketika membuat makanan populer asal Korea Selatan, kimbap.

Dibanding memakai beras butir panjang, makanan ini lebih cocok jika dibuat dengan short grain rice atau beras butir pendek. Ini karena sifat beras yang cenderung pulen dan gampang menyatu, sehingga isian kimbap bakal lebih padat nan cantik saat menggunakan beras berbentuk bulat dan pendek ini sebagai bahan utama.

2. Perhatikan takaran air untuk memasak nasi

5 Tips Bikin Nasi untuk Kimbap yang Empuk dan Flavorful, Terapkan!ilustrasi mencuci beras (pixabay.com/JIb_Enjoy)

Pada proses pembuatan nasi, biasanya takaran air akan disesuaikan dengan jenis beras yang digunakan. Beberapa beras memiliki jumlah air khusus untuk bisa mengembang dan sisanya cenderung harus dikurangi agar mendapatkan tekstur yang lebih pas.

Sedangkan untuk pembuatan nasi kimbap, kebanyakan orang memakai air yang lebih sedikit daripada saat memasak beras sebagai makanan biasa. Ini untuk menghasilkan tekstur nasi yang cenderung lebih kering dan teksturnya sempurna saat digulung pakai rumput laut.

Baca Juga: Resep Dong Geurami Kimbap ala KDrama Extraordinary Attorney Woo 

3. Tambahkan minyak wijen ke dalam nasi matang

5 Tips Bikin Nasi untuk Kimbap yang Empuk dan Flavorful, Terapkan!ilustrasi minyak wijen (id.lkk.com)

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa dalam kebanyakan masakan ala Korea Selatan minyak wijen atau sesame oil sangat dibutuhkan dalam upaya memberi rasa dan aroma yang sedap pada masakan. Rupanya hal tersebut juga berlaku ketika mengolah nasi untuk dibuat menjadi kimbap.

Menambahkan minyak wijen ke dalam nasi yang sudah matang akan meningkatkan aroma supaya tambah menggugah selera. Bukan cuma itu, tekstur minyak juga akan membantu mempermudah penataan kimbap supaya gak lengket dan tetap cantik.

4. Masukkan garam untuk nasi yang lebih tasty

5 Tips Bikin Nasi untuk Kimbap yang Empuk dan Flavorful, Terapkan!ilustrasi garam (pixabay.com/Marek)

Bukan hanya minyak wijen, namun garam menjadi bahan penting dalam menciptakan masakan yang lebih tasty. Meskipun sesame oil sudah ditambahkan dalam nasi namun rasa gurihnya baru akan benar-benar keluar apabila nasi dimaksimalkan pakai garam.

Jumlah penyedap rasa yang digunakan perlu disesuaikan dengan banyaknya nasi yang dipakai. Tinggal koreksi rasa sambil diaduk merata, kamu sudah bisa mendapatkan nasi aromatik dan gurih yang cocok untuk diolah menjadi kimbap.

5. Pastikan suhu nasi tidak terlalu panas saat ditata

5 Tips Bikin Nasi untuk Kimbap yang Empuk dan Flavorful, Terapkan!ilustrasi nasi putih (pixabay.com/简体中文)

Terakhir, jangan pernah abaikan suhu nasi yang hendak ditata menjadi kimbap. Sebab nori atau rumput laut kering termasuk bahan sensitif yang bisa mengkerut jika kamu memasukkan nasi terlalu panas ke atasnya. Ini akan merusak bentuk makanan dan membuat proses penggulungannya kurang maksimal.

Jadi, sebaiknya setelah tahap memberi bumbu kamu sudah membiarkan nasi beberapa waktu hingga sedikit lebih sejuk. Dengan begini, nasi tetap dapat menempel di antara rumput laut serta memudahkan pada saat proses pemotongan berlangsung.

Nasi dalam olahan kimbap menjadi bahan penting yang harus disajikan semaksimal mungkin supaya rasa makanan seimbang. Maka dari itu, perhatikan lima tips di atas untuk menciptakan nasi yang pas dan memudahkan saat ditata menjadi kimbap.

Baca Juga: 5 Kreasi Kimbap dengan Isian Menarik yang Wajib untuk Dicoba

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya