Comscore Tracker

Resep Mini Chocochips Lava, Cokelatnya Lumer Banget!

Kudapan di rumah sambut kenormalan baru #DiRumahAja

Meskipun dunia sedikit demi sedikit membuka kenormalan baru, tidak menutup kemungkinan mereka yang masih #DiRumaAja tetap berkreasi membuat kudapan kecil untuk anggota keluarga yang sudah mulai beraktivitas di luar rumah.

Resep mini chocochips lava ini pas sekali kamu coba waktu #DiRumahAja. Rasanya nggak kalah lho dengan chocochip cookies yang ukuran biasa. Belum lagi ada isian cokelat lumer di dalamnya. Berikut ini langkah-langkah pembuatannya.

1. Menyiapkan alat dan bahan terlebih dulu

Resep Mini Chocochips Lava, Cokelatnya Lumer Banget!handletheheat.com

Langkah pertama adalah menyiapkan peralatannya yaitu mangkuk besar, whisk, cup untuk menakar, mangkuk kecil, mangkuk sedang, 2 lembar piping bag, baking paper.
Selanjutnya siapkan bahan-bahannya sebagai berikut :

  • 160 gr butter (suhu ruang)
  • 100 gr atau 1/2 cup gula pasir (pakai yang halus jika ada)
  • 100 gr atau 1/2 cup gula palem
  • 1 butir telur
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • 300 gr atau 2 cup tepung terigu serbaguna
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • Choco chips sesuai selera (untuk ditabur pada adonan)
  • Choco chips secukupnya (dilelehkan untuk isian)
  • Fresh milk secukupnya (untuk campuran choco chips isian)

 

2. Campurkan butter dan gula

Resep Mini Chocochips Lava, Cokelatnya Lumer Banget!thespruceeats.com

Siapkan mangkuk besar, masukkan gula pasir, gula palem, dan butter. Campur rata ketiganya menggunakan whisk hingga tercampur dengan baik. Sisihkan.

Ambil mangkuk kecil, lalu masukkan telur dan ekstrak vanila. Aduk rata, lalu masukkan ke mangkuk besar. Aduk lagi adonan dengan whisk.

Baca Juga: Resep Kukis Cokelat Chewy Khusus untukmu yang Doyan Camilan

3. Masukkan tepung terigu serbaguna

Resep Mini Chocochips Lava, Cokelatnya Lumer Banget!bettycrocker.com

Sisihkan dahulu mangkuk besar. Sediakan mangkuk sedang untuk mengayak tepung terigu beserta baking powder dan garam. Setelah itu masukkan tepung yang sudah halus ke dalam adonan mangkuk besar. Campur rata adonan hingga agak berat saat diaduk.

Tambahkan choco chip sesuai selera dalam adonan, aduk kembali. Selanjutnya tutup mangkuk, lalu simpan adonan ke dalam freezer atau lemari es selama minimal setengah jam.

4. Membuat isi mini chocochips lava

Resep Mini Chocochips Lava, Cokelatnya Lumer Banget!cookingforengineers.com

Siapkan mangkuk sedang, masukkan choco chips untuk isian dan fresh milk secukupnya untuk melelehkan choco chip. Aduk dan tekan choco chip supaya meleleh hingga tekstur menjadi lebih kental. Kamu bisa memakai fresh milk yang hangat agar choco chips lekas meleleh.

Setelah mengental, masukkan ke dalam piping bag.

5. Waktunya memanggang

Resep Mini Chocochips Lava, Cokelatnya Lumer Banget!cookingclassy.com

Keluarkan adonan dari lemari es, diamkan selama 5-10 menit sampai adonan tidak keras. Masukkan adonan ke dalam piping bag. Sementara itu panaskan oven di suhu 150°C.

Setelah itu siapkan loyang panggangan dengan baking paper di atasnya.
Bentuk adonan di atas loyang bulat dengan ukuran mini sesuai selera. Pipihkan, lalu beri isian sedikit saja di tengah-tengah. Hati-hati jangan sampai keluar lingkaran adonan. Lalu tumpuki lagi dengan adonan chochochips. Pipihkan kembali sekaligus untuk menutupi isiannya. Masukkan ke dalam oven, panggang selama 10-12 menit dengan suhu 160°C.

Mudah bukan resep mini chocochips lava di atas? Tipsnya setelah keluar dari panggangan, biasanya kukis akan sedikit lembek seperti belum jadi. Tenang saja, kamu bisa diamkan selama kurang lebih 5 menit untuk mendapatkan hasil kukis terbaik. Selamat mencoba :)

Download aplikasi memasak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Cokelat Kukis Gluten-Free yang Legit untuk Kudapan Buka Puasa

Jellosp. Photo Verified Writer Jellosp.

//The writer with flowers in her mind (✿^‿^)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya