Comscore Tracker

5 Cara Memasak Poached Egg buat Menu Sarapan Praktis nan Bergizi

Meskipun sarapan di rumah tapi berkelas serasa di restoran

Poached egg sering dijadikan pelengkap menu ala restoran bintang lima. Telur yang direbus dengan cara berbeda ini punya tekstur yang lembut dengan keadaan kuning telur yang masih cair dan lumer saat dimakan. Umumnya poached egg disantap bersama roti, pasta, atau menu berat lain. 

Nah, kalau kamu mau merasakan sensasi hidangan kelas restoran mahal di rumah. Berikut ini cara memasak poached egg yang bisa dijadikan buat menu sarapan sehat nan bergizi!

1. Gunakan kualitas telur yang bagus

5 Cara Memasak Poached Egg buat Menu Sarapan Praktis nan Bergiziseriouseats.com

Karena disantap saat keadaan kuning telur masih mentah, kamu harus berhati-hati dalam memilih kualitas telur yang akan diolah menjadi poached egg. Gunakan telur yang masih segar dan bila perlu cek terlebih dahulu sebelum digunakan, caranya dengan mengamati warna kuning dan aroma telurnya.

2. Pakai ukuran panci yang tidak terlalu besar

5 Cara Memasak Poached Egg buat Menu Sarapan Praktis nan Bergizinyt.com/

Memasak poached egg sebenarnya cukup sederhana, kamu hanya perlu menyiapkan panci kecil yang diberi air lalu didihkan. Tipsnya pakailah panci yang tidak terlalu besar dan tebal agar kematangan telur bisa didapat dengan pas. Sauce pan dengan ukuran diameter 10 cm sudah cukup ideal untuk dijadikan pilihan. 

Baca Juga: 5 Tips Bikin Poached Egg Anti Gagal

3. Jangan memasukkan telur langsung tanpa wadah

5 Cara Memasak Poached Egg buat Menu Sarapan Praktis nan Bergizipbs.org

Maksud dari instruksi ini adalah saat ingin memasukkan telur ke dalam air maka jangan langsung dipecahkan dari cangkangnya, namun taruh telur di wadah kecil terlebih dahulu. Cara ini akan memastikan kuning telur tetap utuh dan tidak pecah saat dimasak. Gunakan mangkuk kecil agar lebih mudah. 

4. Masukan telur di saat temperatur air yang pas

5 Cara Memasak Poached Egg buat Menu Sarapan Praktis nan Bergizifreefoodphotos.com

Jika memasukkan telur ketika air terlalu panas maka putih telur akan berantakan namun jika dimasukkan pada temperatur air yang terlalu dingin juga kuning dan putih telurnya akan terpisah. Solusinya adalah dengan memasukkan telur saat mulai muncul letupan-letupan kecil di permukaan air, persisnya ketika air sudah cukup panas sebelum sampai ke titik didih.

5. Masak telur sekitar 2-3 menit lamanya

5 Cara Memasak Poached Egg buat Menu Sarapan Praktis nan Bergizidebbienet.com

Jika kamu menginginkan putih telur yang masih lembut dan kuning telur yang lumer, masak poached egg selama 2 menit. Tapi jika ingin tekstur telur yang lebih kencang dan padat maka masak selama 3 menit. Jangan membiarkannya terlalu lama dalam rebusan air agar tekstur poached egg tetap sempurna. 

Nah, itu dia cara memasak poached egg yang lembut agar koleksi menu sarapan sehat dan bergaya restoran mahal kalian bertambah. Jangan lupa siapkan makanan utama untuk mendampingi poached egg, kamu bisa memasak pasta, roti panggang, atau risotto biar lebih mewah. 

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Poached Egg, Bikin Gak Bosan Makan Telur!

Keenanthy Photo Community Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Just For You