Comscore Tracker

5 Rekomendasi Resep Kolak untuk Berbuka Puasa, Enak dan Lezat

Manis, gurih, dan enak jadi menu khas di bulan Ramadan!

Kolak merupakan menu khas di bulan ramadan yang hampir disajikan setiap berbuka puasa. Selain itu, mengonsumsi makanan yang manis seperti kolak dan kurma dapat mengendalikan gula darah. Menu andalan yang berbahan santan dan buah-buahan hingga umbi - umbian ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Manis, gurih, dan lezat; kolak akan membuat tubuhmu kembali segar dan siap menjalankan ibadah yang lain setelah berbuka puasa. Yuk, simak jenis kolak yang sering dinikmati oleh masyarakat Indonesia di bulan Ramadan berikut ini.

1. Kolak pisang mutiara

https://www.youtube.com/embed/2dsy9iDW6-U

Resep kolak pisang mutiara bisa menjadi menu andalan untuk berbuka nih. Rasanya lezat dan unik.

Kolak pisang mutiara berbahan dasar pisang, mutiara, santan, daun pandan, gula merah, gula pasir, dan serta sedikit garam.

Untuk membuatnya juga sangat mudah lho. Rebus santan dan daun pandan sampai mendidih. Masukan gula merah, gula pasir, dan garam secukupnya. Kemudian masukan pisang. Setelah masak, masukkan mutiara yang sudah direbus. Tunggu kolak matang dan siap dimakan. 

2. Kolak biji salak

https://www.youtube.com/embed/cYf1AJam1YY

Sebagai salah satu resep kolak yang populer di Indonesia, kolak biji salak memang sangat lezat.

Untuk membuat kolak biji salak, kamu memerlukan ubi, tepung tapioka, santan, gula merah, gula pasir, garam, air, dan daun pandan. 

Cara membuatnya, kukus ubi sampai matang kemudian ditumbuk. Kemudian campurkan ubi, garam, dan tepung tapioka. Setelah itu bentuk bulat-bulat dan rebus di dalam air mendidih. Rebus sampai matang dan tiriskan.

Sedangkan untuk kuahnya, rebus santan, gula pasir dan gula merah secukupnya. Jangan lupa masukkan daun pandan dan bola-bola ubi. Aduk sampai matang. 

Baca Juga: Selain Pisang, 11 Bahan Ini Bisa Kamu Olah Menjadi Kolak yang Nikmat

3. Kolak durian ubi merah

https://www.youtube.com/embed/bkkxzwGyy7w

Kolak durian ubi merah juga bisa menjadi salah satu menu buat berbuka nih. Ubi merah yang kaya akan vitamin B1 dan C dapat mencegah radang perut dan gangguan pencernaan lainya.

Sedangkan durian yang kaya akan vitamin A dan C memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Perpaduan durian dan ubi merah bisa menjaga kesehatanmu selama bulan puasa.

Untuk membuat kolak durian ubi merah, potong kecil - kecil ubi merah. Cuci bersih dan rebus. Kemudian masukkan gula merah dan daun pandan.

Setelah mendidih, masukkan durian dan santan. Kamu juga bisa menambahkan pisang untuk menambah cita rasa. Jangan lupa masukan garam dan gula ya. Koreksi rasa dan kolak pun siap dinikmati. 

4. Kolak singkong nangka

https://www.youtube.com/embed/UJ3fI88fwUs

Perpaduan singkong dan nangka sangat lezat jika dibuat kolak. Rasanya manis dan dapat membuat badan kembali bugar. Singkong memiliki vitamin A dan C yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin di buah singkong dapat mencegah kerutan di kulit dan penyakit jantung. Sedangkan nangka dapat melancarkan pencernaan. 

Cara membuatnya, rebus gula merah, daun pandan, gula pasir dan garam. Masukan singkong yang sudah di potong - potong, masak hingga matang. Kemudian masukan santan dan aduk sampai mendidih. Jangan lupa koreksi rasa. 

5. Kolak pisang biji salak

https://www.youtube.com/embed/Ca6o4jNHxks

Ubi jalar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yakni menurunkan risiko terkena kanker, menjaga kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata dan pencernaan, dapat mengendalikan gula darah, dan menurunkan tekanan darah.

Sedangkan pisang memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, dan kalium yang dapat mencegah berbagai macam penyakit sehingga kolak pisang biji salak selain enak, kaya akan manfaat. 

Cara membuatnya, rebus gula merah aren dengan air sampai mendidih kemudian sisihkan. Sedangkan cara membuat biji salak, rebus ubi dan haluskan. Campurkan tepung tapioka dan garam. Kemudian bentuk bulat - bulat. Rebus di dalam air mendidih hingga matang.

Kemudian masukkan biji salak, pisang, dan garam ke dalam rebusan gula merah aren yang sudah disiapkan. Kemudian masukkan santan dan aduk sampai mendidih. Setelah matang, kolak siap dinikmati. Resep kolak pisang biji salak juga bisa menjadi salah - satu resep yang bisa kamu coba nih.

Nah, itulah 5 resep kolak yang bisa kamu coba di rumah. Kamu bisa membuatnya sambil menunggu berbuka puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga: 10 Jenis Kolak Paling Enak dan Favorit, Cocok untuk Buka Puasa 

Khatin Riyanti Photo Verified Writer Khatin Riyanti

A bud of flower which have a dream

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya