Comscore Tracker

Resep Japchae Korea yang Bikin Lidah Goyang, Simple dan Halal

Olahan mi yang tidak pernah absen di perayaan, cobain yuk!

Pada saat perayaan hari besar di Korea seperti Seollal dan Chuseok, di mana orang Korea akan mudik dan berkumpul bersama keluarga. Japchae selalu menjadi hidangan yang lezat yang menghangatkan kebersamaan.

Seollal merupakan perayaan tahun baru pada penanggalan China. Sedangkan Chuseok adalah perayaan hari panen/thanksgiving  yang biasa dirayakan pada musim gugur. Nah, orang Korea pada hari-hari besar tersebut selalu menghidangkan Japchae menjadi salah satu makanan utama. Japchae sendiri merupakan olahan mi dengan berbagai campuran sayuran dan daging. 

Selain menjadi makanan di hari raya, Japchae juga merupakan makanan yang cocok untuk di jadikan santapan makan malam loh. Inilah resep simple untuk membuat Japchae yang lezat dan khas Korea. Cobain yuk! 

1. Bahan-bahan untuk membuat Japchae

Resep Japchae Korea yang Bikin Lidah Goyang, Simple dan HalalPotret bahan masakan (pexels.com/katerinaholmes)

Sebelum memasak persiapkan bahan-bahan berikut ini ya:

Bahan-bahan :

  • 200 gr mi bihun japchae / Soun (mi japchae bisa di beli di minimart Korea)
  • 1 buah wortel
  • 2 buah daun bawang
  • 150 gr bayam
  • 100 gr jamur shitake
  • 100 gr daging sapi
  • 2 butir telur
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 1 buah paprika
  • Minyak goreng
  • Garam

Saus:

  • 3,5 sdm Kecap asin
  • 3 sdm brown sugar / gula pasir 
  • 2 sdm minyak wijen
  • 1 sdm biji wijen 
  • 1 sdt bawang putih cincang
  • Lada secukupnya

2. Potong memanjang bahan pelengkap

Resep Japchae Korea yang Bikin Lidah Goyang, Simple dan HalalPotret jamur shitake yang sudah dipotong (pexels.com/florawestbrook)

Langkah pertama cuci bersih semua bahan kemudian potong memanjang wortel, bawang bombay, jamur shitake, daun bawang, daging sapi dan paprika. Pisahkan masing - masing bahan kedalam wadah yang berbeda agar tidak tercampur karena akan dimasak secara terpisah. 

Baca Juga: 5 Trivia Japchae, Tumis Soun Sayur ala Korea Sejak Dinasti Joseon

3. Sembari merebus mi dan bayam buatlah saus 

Resep Japchae Korea yang Bikin Lidah Goyang, Simple dan HalalPotret merebus mi (pexels.com/katerinaholmes)

Langkah kedua, panaskan air untuk merebus mi Japchae. Sembari menunggu air mendidih buatlah saus dengan bumbu yang sudah disiapkan. Pertama masukan kecap asin, gula pasir, minyak wijen, biji wijen, bawang putih cincang dan lada secukupnya kedalam satu wadah kemudian aduk hingga tercampur merata. 

Setelah air mendidih, rebus mi selama enam menit. Setelah enam menit mi Japchae akan bertekstur kenyal. Kemudian, cuci mi dengan air mengalir kemudian tiriskan dan sisihkan. Selanjunya panaskan air untuk merebus bayam. Nah, agar menghemat waktu sembari menunggu air mendidih bumbui mi yang sudah direbus dengan sedikit saus yang sudah dibuat tadi. Aduk merata hingga semua saus tercampur. 

Kemudiah rebus daun bayam selama tiga menit. Rebuslah bayam selama tiga menit agar vitaminya masih banyak. Kemudian, setelah matang tiriskan dan beri garam secukupnya. Sisihkan. 

4. Tumis sayur secara terpisah

Resep Japchae Korea yang Bikin Lidah Goyang, Simple dan HalalPotret menumis (pexels.com/katerinaholmes)

Kemudian tumis sebentar mi Japchae yang sudah dibumbui saus dan sisihkan kedalam wadah yang digunakan untuk mencampur semua bahan. Setelah itu tumis wortel dan beri garam secukupnya. Lakukan hal serupa untuk bawang bombay, daun bawang dan paprika, namun tidak perlu diberi garam ya. 

Nah, untuk daging sapi dan jamur shitake tumislah secara bersamaan dan beri saus secukupnya. Menumis secara terpisah bertujuan untuk mematangkan bahan masakan secara sempura karena setiap bahan makanan memiliki waktu matang yang berbeda. Hal ini juga bertujuan untuk mendapatkan hasil warna dan tekstur secara sempurna sehingga memberika rasa lezat dan tampilan yang cantik. 

Untuk bahan pelengkap yang terakhir, kocok telur dan beri garam secukupnya kemudian goreng hingga matang. Setelah matang potong-potong memanjang seperti bahan pelengkap sebelumnya. 

5. Campur semua bahan dan hidangkan

Resep Japchae Korea yang Bikin Lidah Goyang, Simple dan HalalJapchae (freepik.com/edgunn)

Setelah semua bahan sudah dimasak, masukan semua bahan kedalam satu wadah dan masukan semua saus yang tersisa. Campurkan semua bahan menggunakan tangan hingga semua tercampur merata. Jangan lupa untuk koreksi rasa, ya. Setelah semua tercampur dan terasa enak. Sajikan Japchae di atas piring. Kini Japchae buatanmu siap untuk dinikmati. 

Japchae merupakan makanan Korea yang sering dimasak pada saat perayaan maupun acara-acara keluarga di Korea. Japchae juga salah satu makanan Korea yang banyak disukai baik oleh orang Korea maupun orang asing. Nah apakah kamu juga ingin mencoba memasak Japchae? Selamat mencoba. 

Baca Juga: Resep Japchae Sederhana ala Anak Kos, Teman Asyik saat Nonton Drakor

Khatin Riyanti Photo Verified Writer Khatin Riyanti

A bud of flower which have a dream

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya