Comscore Tracker

Resep Buko Pandan, Dessert Khas Filipina yang Legakan Dahaga 

Kuah susunya mantap!

Buko pandan adalah minuman khas Filipina yang sangat digemari. Minuman ini biasanya dijadikan dessert. Bahan utamanya berupa agar-agar yang diberi sedikit pasta pandan.

Tak hanya itu, kuah susu yang digunakan juga diberi sedikit pasta pandan untuk menambah cita rasanya. Membuat buko pandan tidaklah susah, bahan yang dibutuhkan juga terbilang cukup mudah didapat. Kesegarannya nyata banget!

1. Bahan membuat buko pandan

Resep Buko Pandan, Dessert Khas Filipina yang Legakan Dahaga Ilustrasi gambar susu botolan (pixabay.com/@falovelykids)

Bahan utama:

  • 1/2 bungkus bubuk agar-agar
  • 1/2 sdt pasta pandan
  • 1 sdt bubuk jeli
  • 50 gram gula pasir
  • 600 ml air

Bahan kuah susu:

  • 400 ml susu evaporasi
  • 5 sdm susu kental manis
  • 1/2 sdt pasta pandan
  • 500 ml air kelapa muda
  • 200 gram nata de coco
  • 2 buah kelapa muda, keruk dagingnya
  • 300 gram es batu

2. Buat puding untuk isian buko pandan 

Resep Buko Pandan, Dessert Khas Filipina yang Legakan Dahaga Ilustrasi membuat puding (youtube.com/Tasyi Athasyia)

Siapkan panci untuk memasak puding. Masukkan bubuk pandan, pasta pandan, bubuk jeli, gula pasir, dan air. Aduk terlebih dahulu hingga semua bahan tercampur rata, lalu nyalakan kompor.

Setelah itu, letakkan panci di atas kompor. Gunakan api sedang saat memasak puding. Aduk terus hingga bahan mengental. Jika tekstur sudah seperti jeli dan mendidih, matikan kompor dan angkat.

3. Siapkan loyang untuk membuat puding 

Resep Buko Pandan, Dessert Khas Filipina yang Legakan Dahaga Menuang puding ke loyang (youtube.com/Mama Ci Memasak)

Sebelumnya, kamu harus menyiapkan loyang bersih dan kering untuk mencetak puding. Kemudian, puding yang sudah selesai dimasak silahkan tuang semua ke dalam loyang. Ratakan agar bentuknya cantik.

Jika puding sudah tertuang, kamu bisa mendinginkan hingga mengeras. Ada dua cara, yaitu membiarkan saja atau memasukkan ke dalam kulkas. Tetapi, supaya lebih cepat dingin, memasukkannya ke dalam kulkas adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga: Resep Mango Sago, Dessert Kekinian untuk Lebaran

4. Campur susu evaporasi dengan pasta pandan

Resep Buko Pandan, Dessert Khas Filipina yang Legakan Dahaga Ilustrasi membuat kuah susu (youtube.com/Tasyi Athasyia)

Untuk membuat kuahnya ini sangat mudah, kamu cukup mencampur semua bahan yang sudah disiapkan. Pertama, siapkan wadah berukuran agak besar.

Setelah itu, tuang susu evaporasi ke dalam wadah tersebut. Kemudian, masukkan susu kental manis, pasta pandan yang sudah disiapkan, dan air kelapa. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Koreksi rasa kuah susu tersebut. Jika kurang manis, kamu bisa menambahkan susu kental manis. Jika dirasa sudah pas, kamu bisa melakukan langkah penyajian sebelum dihidangkan.

5. Sajikan buko pandan dengan es batu

Resep Buko Pandan, Dessert Khas Filipina yang Legakan Dahaga Buko pandan (instagram.com/jenyfer.jennny)

Siapkan beberapa gelas sebagai wadah, lalu ambil puding dari dalam kulkas. Pastikan puding tersebut sudah dingin. Kemudian, potong dadu atau sesuai selera.

Selanjutnya, masukkan es batu ke dalam gelas saji. Tambahkan juga puding, daging kelapa, dan nata de coco. Tuang kuah susu ke dalamnya dan aduk hingga rata. Sajikan dalam keadaan dingin setelah makan.

Membuat buko pandan khas Filipina ini memang mudah, kan? Buko pandan sangat cocok disajikan sebagai dessert acara makanmu. Rasanya yang manis dapat menyegarkan tenggorokan, lho!

Baca Juga: Resep Avocado Sago yang Segar dan Lumer di Mulut, Cobain!

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya