Comscore Tracker

Resep Es Teler Isi Nangka dan Alpukat, Cocok untuk Menu Buka Puasa

Segarnya langsung bikin plong!

Untuk berbuka puasa, takjil dengan rasa manis dan segar adalah sajian yang paling banyak dicari.

Ada beragam takjil yang bisa kamu buat, salah satunya es teler.

Tak butuh banyak bahan, es teler dengan mudah bisa kamu buat di rumah. Cukup dengan kelapa muda dan susu cair serta beberapa buah saja , es teler buatanmu gak kalah lezat sama yang dijual dil uaran sana, lho.

Penasaran gimana cara buatnya? Dengan beberapa langkah saja, berikut resep dan cara membuat es teler yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Bahan yang harus disiapkan 

Resep Es Teler Isi Nangka dan Alpukat, Cocok untuk Menu Buka Puasailustrasi alpukat (avocadopesto.com)

Bahan-bahan:

  • 6 buah alpukat
  • 15 buah nangka
  • Es batu secukupnya

Bahan kuah:

  • 1200 ml air masak
  • 1 buah kelapa muda
  • Garam secukupnya
  • Susu kental manis sesuai selera
  • Sirup gula sesuai selera

2. Cuci lalu potong buah nangka dan alpukat

Resep Es Teler Isi Nangka dan Alpukat, Cocok untuk Menu Buka Puasailustrasi memotong buah nangka (youtube.com/Ika Mardatillah)

Ambil buah alpukat dan buah nangka. Cuci, kupas, dan potong-ptong.

Kamu juga bisa menggunakan buah lainnya ya. Sesuaikan saja dengan selera. Apel dengan buah pir bisa jadi pilihan yang tepat jika kamu tidak suka dengan buah alpukat atau nangka.

Baca Juga: Resep Membuat Es Teler Sultan yang Lagi Viral, Melegakan Kerongkongan

3. Kerok daging kelapa muda untuk isian 

Resep Es Teler Isi Nangka dan Alpukat, Cocok untuk Menu Buka Puasailustrasi kelapa dan air kelapa (freepik.com/svetlanasokolova)

Kelapa muda yang sudah disiapkan, ambil airnya. Setelah itu potong jadi dua bagian. Gunakan sendok dan keroklah daging kelapa tersebut hingga bersih lalu sisihkan.

Air kelapanya jangan dibuang karena akan dipakai untuk campuran kuah. Kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu ke dalam baskom atau gelas yang agak besar.

4. Buat kuah es teler dengan air kelapa muda 

Resep Es Teler Isi Nangka dan Alpukat, Cocok untuk Menu Buka Puasailustrasi menuang kuah es teler (youtube.com/Ika Mardatillah)

Siapkan wadah besar, masukkan air masak ke dalamnya. Tuang air kelapa yang sudah dipisahkan tadi, masukkan susu kental sesuai dengan selera. Kemudian masukkan juga sirup gula yang sudah dibuat, beri sedikit garam.

Aduk kuah tersebut hingga semua bahan tercampur rata. Koreksi rasanya. Jika masih kurang pas kamu bisa menambahkan susu, sirup, atau garamnya. Setelah itu simpan kuahnya ke dalam lemari es terlebih dahulu.

5. Campur buah, daging kelapa, dan kuah es teler 

Resep Es Teler Isi Nangka dan Alpukat, Cocok untuk Menu Buka Puasaes Teler (instagram.com/hartatitrifena)

Untuk penyajian, kamu bisa menyiapkan gelas atau mangkok. Tata terlebih dahulu buang nangka dan alpukat secukupnya saja. Masukkan daging kelapa muda.

Letakkan es batu secukupnya. Kamu juga bisa menggunakan es batu yang sudah diserut, ya. Tuang kuah ke dalamnya gelas atau mangkok tersebut. Sajikan dalam bentuk dingin.

Saat buka puasa, siapa sih, yang gak suka sama es teler? Takjil dalam bentuk minuman ini bakal bikin lega tenggorokan, lho. Dijamin, deh, bakal lansung plong!

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Es Campur untuk Buka Puasa, Dahaga Hilang Seketika!

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya