Comscore Tracker

Resep Tahu Kriwul Krispi untuk Camilan Sore Hari, Gurihnya Beda!

Cocol dengan saus supaya makin nikmat 

Salah satu olahan tahu yang bisa kamu coba dimasak di rumah adalah tahu kriwul. Masakan berbahan dasar tahu putih yang dihancurkan dan kemudian dicampur dengan beragam rempah-rempah ini rasanya lezat.

Tahu yang sudah dihancurkan nantinya dicampur tepung maizena dan tepung beras. Kemudian, dicampur dengan bubuk kaldu yang akan membuat rasa tahu makin sempurna. Rasa gurih dari tahu kriwul bakal sukses bikin kamu ketagihan, lho. Agar makin sempurna, jangan lupa siapkan saus sambal ekstra pedas sebagai cocolan.

Apakah susah untuk membuat masakan ini? Tentu saja tidak. Jika kamu ingin membuatnya di rumah, berikut resep dan cara membuat tahu kriwul krispi yang lezat. Super gampang, lho!

1. Bahan-bahan yang harus disiapkan

Resep Tahu Kriwul Krispi untuk Camilan Sore Hari, Gurihnya Beda!Ilustrasi bahan (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Bahan-bahan:

  • 400 gram tahu putih
  • 2 sdm tepung maizena
  • 2 sdm tepung beras
  • 3 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang
  • 2 batang seledri
  • 1 butir telur
  • 3/4 sdt garam
  • 1/2 sdt bubuk kaldu
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • minyak goreng secukupnya

2. Hancurkan tahu putih menggunakan garpu

Resep Tahu Kriwul Krispi untuk Camilan Sore Hari, Gurihnya Beda!Ilustrasii menghancurkan tahu putih (YouTube.com/CR COOK)

Ambil tahu putih yang sudah kamu siapkan. Masukkan ke dalam wadah bersih. Jika bisa pakai wadah yang agak besar, ya. Masukkan semua tahu ke dalam wadah tersebut.

Untuk menghancurkan tahu, kamu bisa menggunakan garpu atau bisa juga dengan ulekan. Kamu juga bisa menggunakan tangan, tetapi perhatikan kebersihan tanganmu, ya.

Setelahnya, beri tekanan tahu tersebut perlahan-lahan saja hingga tahunya hancur. Usahakan hingga tahunya menjadi lembut. Setelah lembut, kamu bisa menyisihkan sebentar dan beralih ke tahap selanjutnya.

3. Campur semua bahan untuk dijadikan adonan

Resep Tahu Kriwul Krispi untuk Camilan Sore Hari, Gurihnya Beda!Ilustrasi mencampur semua bahan (YouTube.com/Restart RF)

Siapkan wadah baru atau gunakan saja baskom yang agak besar. Masukkan tepung beras dan tepung maizena ke dalamnya. Pecahkan telur ke dalam baskom tersebut.

Setelah itu, ambil daun bawang dan daun seledri, lalu iris tipis terlebih dahulu. Setelah kedua bahan diiris tipis, masukkan ke dalam wadah berisi tepung. Tambahkan garam, bubuk kaldu, lada bubuk ke dalamnya. Masukkan juga bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam wadah.

Terakhir, masukkan tahu putih yang sudah dihaluskan ke dalam wadah. Setelahnya, aduk menjadi satu dengan menggunakan sendok nasi atau juga bisa menggunakan tangan.

Baca Juga: Resep Telur Dadar Kribo, Teksturnya Renyah dalam Sekali Gigitan

4. Goreng tahu kriwul krispi hingga matang

Resep Tahu Kriwul Krispi untuk Camilan Sore Hari, Gurihnya Beda!Ilutrasi menuang minyak ke wajan (pexels.com/RODNAE Productions)

Setelah adonan tercampur rata, kamu bisa mencicipi rasanya terlebih dahulu. Nah, jika rasanya sudah pas, siapkan wajan untuk menggoreng. Isi dengan minyak goreng terlebih dahulu, lalu biarkan hingga panas.

Ambil adonan satu sendok makan penuh, lalu masukkan ke dalam minyak yang sudah panas. Beri tekanan dengan menggunakan garpu terlebih dahulu, lalu goreng dengan menggunakan api sedang agar tahu matang sempurna.

Jika warnanya sudah menjadi golden brown, kamu bisa mengangkatnya. Tiriskan terlebih dahulu hingga minyaknya turun. Letakkan ke dalam piring dan sajikan bersama dengan saus sambal untuk cocolannya.

5. Tips membuat tahu kriwul supaya makin krispi

Resep Tahu Kriwul Krispi untuk Camilan Sore Hari, Gurihnya Beda!Tahu kriwul krispi (YouTube.com/TheHasanVideo)

Ada beberapa tips agar tahu kriwul buatanmu tetap enak dan lezat, antara lain berikut ini.

  1. Atur takaran dari tepung maizena dan tepung berasnya. Kebanyakan tepung tepung beras akan membuat tahu kriwulmu keras dan sebaliknya kebanyakan tepung maizena akan membuatnya makin alot.
  2. Gunakan api sedang saja. Jangan terlalu besar yang nantinya akan membuat tahu kriwul yang kamu buat cepat gosong. Hal tersebut juga akan memperngaruhi dari tekstur tahu kriwulnya, lho.
  3. Selain saus sambal instan, kamu juga bisa membuat saus sambal sendiri dengan menambah beberapa bahan agar rasanya tambah nikmat. Tentu tahu kriwulnya juga akan makin lezat.

Tahu kriwul krispi bakal membuat acara santaimu makin terasa nyaman. Tahu ini bisa kamu jadikan teman untuk meminum kopi sambil menonton televisi, lho. Apalagi jika makannya ditemani sama keluarga tercinta, dijamin makin hangat, deh!

Baca Juga: Resep Capcay Kuah Tanpa Maizena, Rasanya Segar dan Bikin Perut Nyaman

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya