Comscore Tracker

5 Tips Membuat Peyek yang Renyah Tahan Lama, Kriuknya Meriah

Olahan tepung beras bercita rasa gurih yang bikin nagih 

Peyek terbuat dari tepung beras. Tepung tersebut di beri bumbu rempah, lalu digoreng sedikit demi sedikit. Biasanya, peyek disajikan sebagai lauk makan bersama serundeng.

Cara pembuatanya memang sangat mudah, tetapi jika kamu melakukan kesalahan, peyek buatanmu akan terasa kurang renyah. Bahkan, tekstur yang dihasilkan juga tidak sempurna, parahnya akan cepat melempem.

Jika kamu ingin bikin pelengkap makan renyah ini, berikut beberapa tips membuat peyek yang renyah tahan lama dan gak bakal melempem. Coba diterapkan, yuk!  

1. Siapkan tepung beras yang lembut 

5 Tips Membuat Peyek yang Renyah Tahan Lama, Kriuknya MeriahIlustrasi tepung beras (unsplash.com/ben_mcleoad)

Tepung beras menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan peyek. Pemilihan tepung beras sangat penting. Memilih tepung yang tepat mampu mempengaruhi tekstur peyek.

Pilih tepung beras yang lembut. Selain lembut, pastikan juga tepung beras yang kamu pilih punya berkualitas bagus, ya. Tepung beras juga harus yang kering supaya saat nanti dibuat peyek, teksturnya tidak keras.

2. Campur dengan santan kelapa segar 

5 Tips Membuat Peyek yang Renyah Tahan Lama, Kriuknya MeriahSantan kelapa segar (unsplash.com/izgubljenausvemiru)

Jika menginginkan tekstur peyek yang renyah, cukup gunakan santan kelapa yang baru  diparut. Santan kelapa akan membuat peyek yang kamu buat makin krispi. Tak hanya itu, rasanya juga akan semakin gurih.

Santan yang harus kamu gunakan adalah santan kental atau perasan pertama. Kandungan santan perasan pertama sangat sedikit dibanding dengan perasan selanjutnya, sehingga rasa yang dihasilkan juga berbeda.

Selain santan dari parutan buah kelapa, kamu juga bisa menggunakan santan instan yang banyak dijual di warung dekat rumah. Namun, rasanya akan berbeda dengan santan yang diambil dari buahnya langsung, kan?

3. Memasukkan telur yang sudah dikocok 

5 Tips Membuat Peyek yang Renyah Tahan Lama, Kriuknya MeriahIlustrasi telur mentah (unsplash.com/brina_blum)

Selain santan, telur juga menjadi salah satu bahan yang mampu menciptakan tekstur renyah pada peyek yang kamu buat, lho. Telur mampu mengikat semua bahan yang kamu gunakan, sehingga nantinya saat dibuat peyek akan menghasilkan peyek yang rapi.

Saat membuat adonan peyek, masukkan telur yang sudah kamu kocok lepas. Aduk hingga tercampur dengan adonan peyek yang sudah jadi. Kemudian, tuang adonan ke dalam wajan sedikit demi sedikit. Goreng hingga matang.

Tekstur peyek yang diberi kocokan telur jelas akan terlihat maksimal. Dengan adanya telur, peyek buatanmu tampak lebih bagus. Hal tersebut dikarenakan adonan yang diberi telur tidak akan ambyar saat dimasukkan ke dalam wajan ketika digoreng.

Baca Juga: 6 Tips Bikin Peyek Kacang yang Renyah, Anti Berhenti Ngunyah!

4. Menambahkan kapur sirih supaya renyahnya awet 

5 Tips Membuat Peyek yang Renyah Tahan Lama, Kriuknya MeriahKapur sirih (instagram.com/madewithlove_1988)

Untuk peyek yang dijual, hal yang harus diperhatikan adalah cara pengemasan. Salah pengemasan akan membuat peyek buatanmu cepat melempem. Nyatanya, peyek cepat melempem bukan hanya dari pengemasan, lho.

Bisa jadi bahan yang digunakan bisa jadi penyebab utama peyek buatanmu cepat lembek. Gak bagus, kan? Sudah lama-lama menggoreng tapi hasilnya tidak seperti yang kita inginkan atau harapkan.

Salah satu cara agar peyek tahan lama adalah menambahkan kapur sirih ke dalam adonan. Kapur sirih memiliki kandungan yang mampu menjaga tekstur renyah pada peyek, sehingga sangat cocok dipakai jika kamu ingin jualan peyek.

5. Pastikan takaran semua bahan pas atau sesuai 

5 Tips Membuat Peyek yang Renyah Tahan Lama, Kriuknya MeriahTimbangan dapur (pixabay.com/stevepb)

Untuk membuat peyek memang perlu menggunakan beberapa bahan, seperti tepung beras, garam, dan lainnya. Dalam menyiapkan bahan tersebut, kamu harus memastikan bahwa takaran sudah pas, seperti menambahkan garam atau merica yang sesuai dengan takarannya. Jangan terlalu berlebihan karena bisa membuat peyek keasinan atau terlalu pedas karena merica.

Namun, yang paling penting adalah takaran dari tepungnya. Saat membuat peyek, kamu juga perlu yang tepung tapioka untuk campuran supaya peyekmu makin renyah. Perlu diingat takarannya, misalnya, gunakan ratio 2:1 antara tepung beras dan tapioka atau sagunya. Jangan kebanyakan, ya!

Kamu bisa mencoba menerapkan beberapa tips membuat peyek atas supaya hasilnya makin renyah dan tahan lama. Teksturnya sendiri akan tampak keras, tetapi saat kamu gigit akan terasa lembut, lho. Jangan lupa terapkan, ya!

Baca Juga: Resep Peyek Kacang yang Renyah Tahan Lama, Begini Cara Membuatnya

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya