Comscore Tracker

Resep Udang Bakar Jimbaran Khas Bali yang Bikin Ngiler

Inspirasi menu sedap yang cocok sebagai jamuan berbagai acara

Selain pariwisata, Bali juga dinekal lewat ragam kuliner khas yang sungguh memanjakan lidah. Salah satunya adalah udang bakar Jimabaran. Gurihnya udang yang berpadu dengan bumbu-bumbu rempah pilihan tentunya membuat hidangan yang satu benar-benar jadi favorit masyarakat.  

Bagi kalian yang penasaran, kini tidak perlu lagi pergi ke Bali untuk mencicipi menu kuliner yang satu ini, nih. Kamu pun bisa membuat udang bakar Jimbaran sendiri di rumah. Proses pembuatannya juga mudah banget, kok.

Gak percaya? Langsung aja simak ulasan resepnya di bawah ini, ya!

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Resep Udang Bakar Jimbaran Khas Bali yang Bikin Ngilerilustrasi bahan yang diperlukan (pexels.com/Elle Hughes)

Sebelum mulai memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan sederet bahan-bahan yang dibutuhkan berikut ini, ya!

Bahan:

  • 4 ekor udang ukuran besar
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 siung bawang bombay
  • 1/4 buah nanas ukuran kecil
  • 50 ml minyak goreng
  • 1/2 sendok teh terasi matang
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan saus sambal
  • 1 sendok makan madu
  • 3 buah jeruk nipis
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • 6 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 buah cabai merah keriting
  • Cabai rawit hijau sesuai selera

2. Bersihkan udang terlebih dahulu, ya!

Resep Udang Bakar Jimbaran Khas Bali yang Bikin Ngilerilustrasi membersihkan bahan-bahan (pexels.com/Any Lane)

Belah bagian punggung udang dan jangan sampai putus. Buang kotoran yang tersisa di tubuh udang. Lalu, bersihkan dengan air mengalir. 

Sementara itu, haluskan bawang merah, bawang putih, bawang bombay, dan nanas menggunkan blender. Beri tambahan minyak goreng agar hasilnya maksimal. 

Baca Juga: Resep Membuat Nasi Bakar Udang yang Enak, Perhatikan Cara Memasaknya

3. Tumis bumbu marinasi hingga matang

Resep Udang Bakar Jimbaran Khas Bali yang Bikin Ngilerilustrasi menumis bumbu (pexels.com/Daria Obymaha)

Belah jeruk nipis menjadi dua bagian. Lalu, peras dan ambil airnya saja. 

Sementara itu, panaskan minyak dalam wajan. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan dengan diberi tambahan bahan lain berupa saus tomat, saus tiram, saus sambal, madu, garam, lada bubuk, dan air jeruk nipis. Tumis hingga bumbu mengental dan sedikit padat. 

4. Saatnya memanggang udang, nih!

Resep Udang Bakar Jimbaran Khas Bali yang Bikin Ngilerilustrasi memanggang (pexels.com/samer daboul)

Olesi wajan panggang dengan minyak goreng. Lalu, pangganglah udang hingga warnanya berubah menjadi jingga. Bolak-balik udang agar matangnya merata. 

Jika warnanya sudah berubah, olesi udang dengan bumbu marinasi yang sebelumnya sudah dibuat. Panggang hingga bumbu marinasi meresap, ya!

5. Udang bakar jimbaran siap disajikan, nih!

Resep Udang Bakar Jimbaran Khas Bali yang Bikin Ngilerilustrasi hidangan udang bakar Jimbaran (instagram.com/theclambali)

Bolak-balik posisi udang agar bumbunya meresap sempurna. Segera angkat dan simpan dalam piring saji jika bumbunya sudah meresap. 

Untuk meningkatkan cita rasa udang bakar, kamu perlu membuat saus pedas sebagai cocolan. Caranya, iris tipis cabai merah besar dan cabai rawit. Lalu, campurkan dengan kecap manis dan kecap asin. Akhirnya, udang bakar Jimbaran buatan kamu pun siap disajikan. Jangan lupa pakai nasi biar makin mantap, ya!

Proses pembuatan udang bakar Jimbaran ini memang praktis, bukan? Rugi banget, deh,  kalau kamu tidak langsung praktik di rumah. Yuk, segera siapkan bahan-bahannya!

Baca Juga: 5 Cara Membuat Olahan Udang Cincang Tampil Menarik, Gampang Ditiru!

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya