Comscore Tracker

Resep Udang Tempura Khas Jepang yang Renyah, Kriuknya Meriah!

Ide lauk enak buat menu makan sehari-hari

Bagi kamu pencinta makanan Jepang pasti sudah tak asing lagi dengan gorengan ini. Namanya udang tempura, makanan ini biasa dijadikan camilan atau lauk pendamping ramen, udon, dan sushi.

Teksturnya yang renyah bikin sensasi makan makin ketagihan. Apalagi jika disajikan sebagai camilan, tambahan saus mirinnya bikin betah ngemil, deh! 

Tak perlu pergi ke Jepang atau beli mahal-mahal di restoran, cobalah membuat sendiri di rumah. Proses membuatnya pun cukup mudah, berikut resep udang tempura khas Jepang yang renyahnya menggoyang lidah.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Udang Tempura Khas Jepang yang Renyah, Kriuknya Meriah!ilustrasi udang (pixabay.com/allybally4b)

Bahan utama:

  • 200 gram udang
  • 100 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung beras
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh dashi powder
  • 100 ml air es 
  • garam secukupnya

 Bahan saus asam manis:

  • 4 sendok makan mirin halal
  • 4 sendok makan soy sauce
  • 100 ml air
  • 1/2 sendok teh dashi powder

2. Bersihkan udang terlebih dahulu

Resep Udang Tempura Khas Jepang yang Renyah, Kriuknya Meriah!ilustrasi udang yang sudah dibersihkan dan dibuat menjadi lurus (pexels.com/cottonbro)

Potong kepala udang dan buang bagian kulitnya. Kemudian, buat belahan pada bagian punggung luar dan buang kotoran hitam yang ada di sela-sela daging udang.

Setelah itu, buat beberapa belahan kecil melawan arah punggung, tapi jangan sampai putus. Kalau sudah, luruskan udang hingga otot-ototnya berbunyi.

Selanjutnya, bersihkan udang dengan air mengalir. Nah, kalau udang sudah bersih dan berbentuk lurus, segera sisihkan ke dalam wadah.

3. Aduk adonan tempura hingga mengental

Resep Udang Tempura Khas Jepang yang Renyah, Kriuknya Meriah!ilustrasi membuat adonan udang tempura (pexels.com/Mikhail Nilov)

Campur tepung terigu bersama tepung beras, baking soda, baking powder, dashi powder, dan garam. Aduk menggunakan whisk hingga semua bahan tercampur rata.

Setelah itu, sisihkan sebagian adonan kering sesuai selera. Sedangkan sisanya campurkan dengan air es. Aduk kembali hingga adonan sedikit encer.

Kalau sudah, pastikan air es yang digunakan sangat dingin. Kedua bahan inilah yang akan dijadikan adonan pelapis udang ketika digoreng. 

Baca Juga: 9 Macam Tempura Sayur yang Bikin Ngemil Jadi Tambah Seru

4. Goreng udang tempura hingga kering dan kuning keemasan

Resep Udang Tempura Khas Jepang yang Renyah, Kriuknya Meriah!ilustrasi menggoreng udang tempura (pexels.com/Kunno Jayson)

Sekarang, saatnya kamu menggoreng udang tempura. Caranya, celupkan udang pada adonan tepung kering, lalu gulingkan pada adonan tepung basah hingga padat.

Berikutnya, masukkan udang tempura ke dalam minyak goreng yang sudah panas. Goreng udang tempura hingga kering dan berwarna kuning keemasan.

Jika teksturnya sudah berubah, segera angkat dan tiriskan. Goreng sisa udang tempura dengan cara yang sama, ya!

5. Sajikan udang tempura dengan saus asam manis

Resep Udang Tempura Khas Jepang yang Renyah, Kriuknya Meriah!udang tempura (instagram.com/haltefoodbakery)

Tak berhenti di sana, buatlah saus asam manis sebagai teman sajian udang tempura. Caranya, rebus mirin halal hingga mendidih. Jika sudah mendidih, tambahkan soy sauce, air, dan dashi powder. 

Setelah itu, aduk hingga tercampur rata dan masak hingga airnya mendidih kembali. Kalau sudah, segera angkat dan pindahkan saus asam manis ke dalam mangkuk saji. Sajikan udang tempura bersama saus tersebut.

Sekarang, kamu sudah bisa menikmati udang tempura dengan saus asam manis di rumah. Rasanya makin enak ketika kamu padukan dengan nasi putih hangat. Selamat menikmati makanan Jepang di rumah, ya!

Baca Juga: 9 Tips Memasak Tempura Udang ala Marugame Udon, Renyah!

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya