Comscore Tracker

Resep Teh Talua Khas Minangkabau, Minuman Nikmat Penghangat Tubuh

Cocok diminum di musim hujan seperti sekarang ini

Teh talua merupakan minuman khas Minangkabau, Sumatera Barat, yang sudah sangat terkenal dan memiliki banyak penggemar. Kombinasi teh dan kuning telur ini memiliki citarasa yang sangat enak dan cocok di lidah kebanyakan orang. 

Efektif untuk menghangatkan tubuh, teh talua sangat cocok dikonsumsi saat cuaca sedang dingin seperti saat ini. Bagi kamu yang insecure akan rasa amis kuning telur, teh talua ini biasanya disajikan bersama dengan jeruk nipis untuk menetralisir rasa serta rasa yang kurang tersedap itu, kok.

Sangat mudah dibuat sendiri teh di rumah, langsung saja simak resep lengkap membuat teh kalua khas Minangkabau di bawah ini, ya!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Teh Talua Khas Minangkabau, Minuman Nikmat Penghangat Tubuhilustrasi telur ayam (pixabay.com/JillWellington)

Tak butuh banyak-banyak, siapkan beberapa bahan di bawah ini, ya!

  • 1 butir telur ayam kampung
  • 1,5 sdm gula pasir
  • 1 sdm teh tubruk
  • 1 sdm kental manis
  • 200 ml air

2. Aduk kuning telur dalam gelas hingga berbusa

Resep Teh Talua Khas Minangkabau, Minuman Nikmat Penghangat Tubuhilustrasi mengaduk telur dalam gelas (instagram.com/janganlupamakan)

Pertama-tama pecahkan telur dan pisahkan kuning dan putih telurnya. Masukkan kuning telur dan gula pasir ke dalam gelas.

Selanjutnya, aduk sampai campuran kuning telur dan gula pasir berwarna putih dan berbusa. Jika sudah, sisihkan sebentar.

Baca Juga: 5 Teh Unik yang Digemari di Berbagai Negara, Ada Teh Mentega

3. Panaskan air hingga benar-benar mendidih

Resep Teh Talua Khas Minangkabau, Minuman Nikmat Penghangat Tubuhilustrasi memasak air (pixabay.com/Three-shots)

Nyalakan kompor, lalu didihkan air menggunakan panci sampai mendidih. Pastikan untuk merebus air sampai benar-benar mendidih, ya!

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau amis dari telur nantinya. Jika sudah mendidih, maka kamu siap untuk melanjutkan proses berikutnya.

4. Seduh teh dan saring ke dalam gelas

Resep Teh Talua Khas Minangkabau, Minuman Nikmat Penghangat Tubuhilustrasi menyaring teh talua (instagram.com/perantau.minang)

Setelah air mendidih, sefera seduh teh tubruk menggunakan air panas tersebut. Aduk-aduk sebentar hingga teh tubruk tercampur rata dengan air.

Setelah itu, tuangkan teh ke dalam gelas hasil kocokan telur dan gula pasir yang sudah kamu sisihkan tadi. Perlu diingat, kamu perlu menyaring teh ketika menuangkannya ke dalam gelas hasil kocokan telur dan gula pasir .

5. Tambahkan susu kental manis

Resep Teh Talua Khas Minangkabau, Minuman Nikmat Penghangat Tubuhilustrasi minuman teh talua (instagram.com/janganlupamakan)

Untuk melengkapinya, jangan lupa tambahkan susu kental manis sesuai selera. Apabila masih tercium aroma amis dari kuning telur, kamu bisa menambahkan sekitar 1 sdt perasan air jeruk nipis atau lemon untuk menghilangkan bau amis dari telur.

Teh talua buatanmu pun sudah bisa nikmati. Jangan lupa nikmati selagi hangat, ya, agar kenikmatannya senantiasa terjaga.

Teh talua ini sangat cocok untuk dinikmati di saat musim hujan seperti sekarang ini. Selain bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, teh khas Minangkabau ini juga baik untuk kesehatan serta membuat tubuh tidak mudah sakit. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Teh Talua, Minuman Penambah Energi Khas Sumatera Barat

Max Thobias Photo Verified Writer Max Thobias

Cooking, writing and exercising... Do your part and all you can, and let God do his part and finish it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya