Comscore Tracker

10 Kesalahan Ini Bikin Rasa Es Kopi Jadi Kurang Enak, Sayang Banget!

Gunakan es batu sesuai takaran yang benar, ya

Es kopi masih menjadi minuman paling diburu saat ini. Kamu bisa menemukan kedai kopi susu kekinian di setiap sudut kota. Biasanya, kopi terdiri dari espresso, susu cair, gula aren, dan es batu.

Sebenarnya kita sendiri bisa membuatnya dengan enak, kok. Hanya saja, hindari melakukan beberapa kesalahan di bawah ini, supaya rasa es kopimu tetap nikmat.

1. Kopi yang diseduh terlalu sedikit membuat rasanya tak sedap. Pastikan bubuk kopi yang digunakan lebih banyak dari susu dan es batu, ya

10 Kesalahan Ini Bikin Rasa Es Kopi Jadi Kurang Enak, Sayang Banget!perfectdailygrind.com

2. Gunakan es batu sesuai takaran saja, jangan terlalu berlebihan. Hal ini menyebabkan rasa khas kopi hilang dan mencair

10 Kesalahan Ini Bikin Rasa Es Kopi Jadi Kurang Enak, Sayang Banget!unsplash.com/Thomas Vimare

3. Mengukur kopi hanya dengan pengelihatan bukan solusi yang tepat. Gunakan timbangan khusus sebelum diseduh, supaya rasanya pas

10 Kesalahan Ini Bikin Rasa Es Kopi Jadi Kurang Enak, Sayang Banget!leafbeanmachine.com.au

4. Gula tidak larut sempurna bakal mengganggu tekstur kopimu. Larutkan gula terlebih dahulu bersama air hangat, baru campurkan kopi

10 Kesalahan Ini Bikin Rasa Es Kopi Jadi Kurang Enak, Sayang Banget!dissolve.com

5. Menyeduh kopi dengan air kurang panas akan membuatnya menggumpal. Larutkan kopimu dengan baik, supaya rasanya gak aneh

10 Kesalahan Ini Bikin Rasa Es Kopi Jadi Kurang Enak, Sayang Banget!soranews24.com

6. Terlalu lama mendiamkan kopi dengan es bukan ide yang baik. Kalau pengin dingin merata dan cepat, gunakan pengocok koktail

10 Kesalahan Ini Bikin Rasa Es Kopi Jadi Kurang Enak, Sayang Banget!IDN Times/Sukma Mardya Shakti

Baca Juga: 10 Jenis Teh yang Membawa Dampak Baik bagi Tubuh, Ada Favoritmu?

7. Menggunakan biji kopi yang sudah tak segar akan membuat rasanya pahit. Pilihlah kopi yang bijinya baru diseduh

10 Kesalahan Ini Bikin Rasa Es Kopi Jadi Kurang Enak, Sayang Banget!unsplash.com/Nathan Dumlao

8. Menggunakan cangkir atau gelas yang tak sesuai bakal mengganggu rasa dan tingkat kekentalan kopi, lho

10 Kesalahan Ini Bikin Rasa Es Kopi Jadi Kurang Enak, Sayang Banget!unsplash.com/Emre Gencer

9. Menyimpan terlalu lama di dalam kulkas mungkin bakal membuatnya tetap dingin. Kalau tak diminum dua hari, kualitasnya menurun

10 Kesalahan Ini Bikin Rasa Es Kopi Jadi Kurang Enak, Sayang Banget!nrd.com

10. Membuat kopi seperti biasa memang enak, tapi apa gak bosan? Berkreasilah dengan kayu manis, kacang almond, atau susu kacang

10 Kesalahan Ini Bikin Rasa Es Kopi Jadi Kurang Enak, Sayang Banget!unsplash.com/Alex Loup

Itulah beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan saat membuat es kopi di rumah. Mesti terlihat mudah, nyatanya masih banyak hal yang harus diperhatikan biar rasa kopi makin mantap. Mana yang sering banget kamu lakukan, nih?

Baca Juga: 10 Bahan Campuran Kopi Paling Unik, Ada yang Dicampur Obat Batuk!

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya