Comscore Tracker

Resep Membuat Kulit Lumpia Teflon yang Simpel, Dijamin Antirobek!

Bisa bikin lumpia lebih banyak lagi, nih

Lumpia merupakan salah satu jenis gorengan paling disukai. Jajanan yang dipengaruhi Tiongkok ini bisa kita jumpai dengan mudah di Semarang, Jawa Tengah.

Lumpia menggunakan lapisan tipis di bagian luar sebagai kulitnya. Membuat kulit lumpia ini bukanlah hal sulit. Kamu hanya perlu menggunakan teflon, kok. Simak resep dan cara bikin kulit lumpia berikut ini, ya!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Membuat Kulit Lumpia Teflon yang Simpel, Dijamin Antirobek!bakingamoment.com

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 2 sdm minyak goreng
  • 100 ml air
  • bubuk bawang secukupnya
  • garam secukupnya

2. Aduk tepung terigu bersama telur

Resep Membuat Kulit Lumpia Teflon yang Simpel, Dijamin Antirobek!alsothecrumbsplease.com

Siapkan wadah cukup besar, lalu masukkan tepung terigu dan tepung tapioka. Aduk kedua tepung tersebut dengan whisk hingga merata.

Setelah itu, tambahkan telur, air, garam, dan bubuk bawang ke dalamnya. Aduk kembali sampai tercampur merata dan tak ada adonan yang menggumpal.

3. Saring adonan terlebih dahulu

Resep Membuat Kulit Lumpia Teflon yang Simpel, Dijamin Antirobek!apinchofnostalgia.com

Sebelum dimasak, sebaiknya saring dahulu adonan kulitnya. Ambil alat saring, lalu letakkan di atas wadah kosong.

Selanjutnya, tuang adonan perlahan-lahan ke dalamnya. Tekan atau goyang-goyangkan saringan biar adonan bisa turun dengan mudah. Pastikan adonannya jadi sangat halus, ya.

Baca Juga: 10 Tips Membuat Lumpia yang Renyah, Nikmatnya Tiada Tara!

4. Goreng kulit lumpia di teflon

Resep Membuat Kulit Lumpia Teflon yang Simpel, Dijamin Antirobek!preparedpantry.com

Siapkan teflon di atas kompor, lalu olesi dengan minyak secukupnya. Panaskan teflon sebentar saja.

Setelah itu, tuang adonan dan ratakan dengan menggerakkan teflonnya perlahan. Biarkan kulit lumpia termasak hingga empuk, lalu segera angkat dan tiriskan. Kulit lumpia siap digunakan, deh!

5. Tips membuat kulit lumpia biar gak robek

Resep Membuat Kulit Lumpia Teflon yang Simpel, Dijamin Antirobek!instagram.com/fuifong65

Supaya kulit lumpia buatanmu gak mudah robek, terapkan beberapa tips berikut ini.

  1. Aduk seluruh bahan secara konsisten dan tercampur merata. Kalau masih ada yang menggumpal akan membuat teksturnya aneh.
  2. Gunakan api kecil dan teflon antilengket saat menggoreng. Ini bertujuan dari terjadinya adonan yang lengket.
  3. Masak kulit lumpia sebentar saja sampai empuk. Kalau terlalu lama, bisa-bisa gosong dan mengeras.

Gimana, gampang banget, kan bikin kulit lumpia sendiri? Cukup dengan teflon, kulit lumpia siap digunakan, deh. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Lumpia Basah, Jajanan Khas Bandung yang Lembut dan Gurih

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya