Comscore Tracker

9 Tips Bikin Nasi Hainan Crispy, Hidangan Khas yang Aromatik

Simak dulu sebelum mulai memasak nasi hainan, yuk!

Bagi kalian yang sedang bingung ingin memasak apa, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat nasi haninan yang crispy. Perpaduan cita rasa unik dari nasi hainan dan ayam crispy dijamin nikmat dan menggugah selera.

Jika kamu ingin mencoba memasaknya di rumah, pastikan kamu menyimak tips berikut ini terlebih dahulu agar masakanmu anti-gagal meski baru pertama kali membuat.

Yuk, langsung saja kita intip bersama-sama!

1. Agar meningkatkan aroma ayam, rebus kulit ayam dengan sedikit air. Rebus hingga minyak dan kaldunya keluar. Sisihkan kulit dan tumis bahan nasi hainan dengan kaldu tersebut

9 Tips Bikin Nasi Hainan Crispy, Hidangan Khas yang Aromatikilustrasi merebus kulit ayam (dok. youtube.com/Devina Hermawan)

2. Tambahkan minyak saat menumis bahan-bahan untuk membuat nasi hainan. Tumis dengan api kecil agar minyak lebih meresap 

9 Tips Bikin Nasi Hainan Crispy, Hidangan Khas yang Aromatikilustrasi minyak kelapa. (freepik.com/jcomp)

3. Tambahkan gula ke dalam bumbu marinasi ayam untuk menyeimbangkan rasa. Namun, jangan menambahkan terlalu banyak gula agar ayam tidak cepat gosong

9 Tips Bikin Nasi Hainan Crispy, Hidangan Khas yang Aromatikilustrasi ayam yang dimarinasi. (freepik.com/timolina)

4. Untuk membuat kuah pelengkap, masukkan akar dan batang daun ketumbar pada rebusan kuah untuk memberi aroma khas makanan Thailand 

9 Tips Bikin Nasi Hainan Crispy, Hidangan Khas yang Aromatikilustrasi air kaldu. (pexels.com/jenvit keiwalinsarid)

5. Pastikan ayam dalam suhu ruang sebelum digoreng agar ayam lebih cepat matang dan hasilnya lebih juicy

9 Tips Bikin Nasi Hainan Crispy, Hidangan Khas yang Aromatikilustrasi ayam marinasi untuk nasi hainan (dok. youtube.com/Devina Hermawan)

Baca Juga: Resep Nasi Hainan Rice Cooker yang Gurih dan Aromanya Harum

6. Baluri ayam dengan tepung kering terlebih dahulu, lalu baru ke tepung basah. Hal itu agar lapisan tepung basah tidak terpisah saat digoreng

9 Tips Bikin Nasi Hainan Crispy, Hidangan Khas yang Aromatikilustrasi proses membaluri ayam ke tepung kering (dok. youtube.com/Devina Hermawan)

7. Pastikan konsistensi tepung basah tidak terlalu kental agar hasilnya tidak terlalu tebal

9 Tips Bikin Nasi Hainan Crispy, Hidangan Khas yang Aromatikilustrasi adonan tepung basah (dok. youtube.com/Devina Hermawan)

8. Untuk menggoreng, pertama-tama goreng ayam di api besar untuk membentuk struktur tepung. Setelah itu kecilkan api agar ayam matang sempurna

9 Tips Bikin Nasi Hainan Crispy, Hidangan Khas yang Aromatikilustrsai proses menggoreng ayam (dok. youtube.com/Devina Hermawan)

9. Goreng ayam dalam keadaan tidak dingin agar lebih mudah matang merata 

9 Tips Bikin Nasi Hainan Crispy, Hidangan Khas yang Aromatikilustrasi daging ayam yang matangnya merata (dok. youtube.com/Devina Hermawan)

Itulah 9 tips memasak nasi hainan crispy yang merupakan hidangan lezat yang menggugah selera. Jika kalian menerapkan poin-poin di atas, dapat dipastikan hidangan buatanmu anti gagal dan memiliki aroma auntentik khas masakan Thailand. Bagaimana, tertarik untuk mencoba? Selamat membuatnya di rumah!

Baca Juga: 5 Resep Masakan dari Ebi yang Bikin Kamu Pengen Nambah Nasi

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya