Comscore Tracker

6 Tips Masak Ayam Goreng Serundeng Kemiri ala Devina Hermawan, Juicy! 

Cukup mudah untuk memasak ayam serundeng ini, lho

Siapa di antara kalian yang suka dengan hidangan olahan ayam, salah satunya ayam goreng serundeng kemiri? Rasanya yang gurih, lembut, dan juicy sudah pasti sangat cocok dengan nasi hangat sebagai makan siang di tengah lelahnya aktivitas.

Melalui kanal Youtube-nya, Devina Hermawan membagikan tips menarik untuk membuat masakkanmu anti gagal dalam hidangan ini. Bagi kamu yang penasaran, yuk langsung saja simak 6 tips berikut ini.

1. Tambahkan minyak saat memblender bumbu 

6 Tips Masak Ayam Goreng Serundeng Kemiri ala Devina Hermawan, Juicy! Bumbu yang sudah dihaluskan (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk mempercepat pengerjaan, kamu bisa langsung menambahkan minyak pada bahan bumbu halus yang akan di-blender. Selain untuk menghaluskan, kamu bisa langsung tuang ke wajan untuk segera memasak tanpa menambah minyak lagi.

Namun, pastikan kuantitas minyak tidak terlalu sedikit agar bumbunya dapat tergoreng dengan baik.

2. Masukkan serai, lengkuas, dan daun salam setelah bumbu mengering 

6 Tips Masak Ayam Goreng Serundeng Kemiri ala Devina Hermawan, Juicy! Proses memasukkan serai, lengkuas, dan daun salam (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah menghaluskan bumbu menggunakan blender, bumbu bisa langsung ditumis bersama dengan kemiri hingga wangi. Setelah bumbu mulai mengering, masukkan serai, lengkuas, dan daun salam. Lalu tumis lagi hingga semuanya matang.

Kemudian, tambahkan air hingga ayam terendam dan masak kembali hingga mendidih. Tambahkan kelapa parut dan bumbu seperti garam, gula, penyedap, dan merica. Lalu aduk rata.

3. Masak menggunakan di api kecil-sedang 

6 Tips Masak Ayam Goreng Serundeng Kemiri ala Devina Hermawan, Juicy! ilustrasi api saat memasak (unsplash.com/Brett Jordan)

Setelah memasukkan kelapa parut, air, dan bumbu, barulah masukkan ayam lalu tutup dengan panci. Masak menggunakan api kecil-sedang hingga air setengah susut.

Dengan menggunakan api kecil-sedang, hal itu akan membuat ayam tidak kering dan akan lebih empuk serta juicy. Setelah itu, barulah sisihkan ayam, daun salam, serai, dan lengkuas.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Sambal Dengkek Khas Betawi, Pedas dan Asamnya Juara

4. Masak kembali bumbu hingga semakin susut 

6 Tips Masak Ayam Goreng Serundeng Kemiri ala Devina Hermawan, Juicy! Proses memasak serundeng hingga susut (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah menyisihkan ayam, daun salam, serai, dan lengkuas. Masak bumbu kembali hingga semakin menyusut. Masak hingga agak kering dengan api besar.

Ketika sudah agak kering, kecilkan api dan masak kembali hingga air hampir habis dan minyaknya keluar sambil terus diaduk-aduk.

5. Pastikan serundeng disimpan dalam keadaan minyaknya sudah keluar 

6 Tips Masak Ayam Goreng Serundeng Kemiri ala Devina Hermawan, Juicy! Tekstur serundeng saat minyaknya sudah keluar (youtube.com/Devina Hermawan)

Jika ingin menyimpan serundeng untuk dimasak di lain hari, pastikan untuk menyimpan serundeng dalam keadaan kering atau minyaknya sudah keluar. Hal tersebut dilakukan untuk membuat serundeng lebih tahan lama dan tidak meletup-letup saat digoreng.

6. Pastikan ayam tidak beku ketika akan digoreng 

6 Tips Masak Ayam Goreng Serundeng Kemiri ala Devina Hermawan, Juicy! Penyajian ayam serundeng ala Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Jika kamu menyimpannya di dalam freezer untuk dimasak di lain hari, usahakan untuk selalu mengeluarkan ayam hingga dalam keadaan suhu ruang saat dimasak. Hal tersebut untuk membuat tekstur ayam tetap di juicy dan matang sampai dalam.

Jika kamu sudah mengikuti tips di atas selama memasak, dapat dipastikan membuat ayam goreng serundeng kemiri ini akan juicy dan meresap sampai ke dalam. Ayam goreng serundeng kemiri akan lebih nikmat jika disajikan dengan nasi hangat, sambal, dan lalapan.

Bagaimana, terlihat mudah bukan? Selamat mencobanya di rumah, ya!

 

 

Baca Juga: Resep Ayam Goreng ala Ayam Goreng Pemuda, Gurihnya Bikin Nagih

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya