Comscore Tracker

5 Tips Memasak Ayam Rica-rica Kemangi ala Devina Hermawan, Gampang! 

Kuncinya ada di bumbu dan teknik memasaknya

Daging ayam sangat cocok dipadukan dengan berbagai macam bumbu, sehingga memperoleh rasa yang lezat. Di antara sekian banyaknya kreasi olahan ayam, kamu harus coba ayam rica-rica kemangi.

Makanan khas Manado satu ini sebenarnya sangat mudah dibuat. Kemangi yang ditambahkan pada hidangan akan membuat rasa dan aromanya semakin lezat.

Devina Hermawan berikan beberapa tips memasak ayam rica-rica kemangi agar semakin lezat. Tenang, tips yang diberikan chef alumni MasterChef Indonesia itu gak sulit, kok.

1. Gunakan daun kunyit pada bumbu 

5 Tips Memasak Ayam Rica-rica Kemangi ala Devina Hermawan, Gampang! ilustrasi daun kunyit. (youtube.com/Devina Hermawan)

Ayam rica-rica kemangi menggunakan banyak bahan bumbu dan rempah agar menghasilkan rasa yang sedap, wangi, dan menggugah selera. Untuk membuatnya semakin lezat, kamu bisa tambahkan daun kunyit.

Daun kunyit akan menambahkan aroma lebih kuat dan menjadi penyedap alami pada masakan. Selain itu, daun kunyit akan memberikan warna pada bumbu masakan, sehingga tidak monoton.

2. Marinasi ayam selama 1-2 jam 

5 Tips Memasak Ayam Rica-rica Kemangi ala Devina Hermawan, Gampang! ilustrasi ayam yang dimarinasi. (freepik.com/timolina)

Agar bumbunya meresap sampai ke dalam daging, kamu perlu memarinasi ayam selama 1-2 jam. Kamu bisa menambahkan ayam dengan perasan jeruk nipis, garam, kaldu, dan merica.

Setelah menambahkan bumbu marinasi, aduk hingga semua tercampur rata. Jangan lupa ditutup menggunakan plastic wrap dan diamkan agar bumbu meresap, ya.

3. Haluskan bumbu dengan mode pulse 

5 Tips Memasak Ayam Rica-rica Kemangi ala Devina Hermawan, Gampang! ilustrasi menghaluskan bumbu (youtube.com/Devina Hermawan)

Agar ayam rica-rica kemangi rasanya semakin lezat, buatlah tekstur bumbu yang tidak sepenuhnya halus atau masih bertekstur. Kamu bisa membuatnya dengan mode pulse menggunakan blender.

Caranya, blender terlebih dahulu kemiri, bawang putih, jahe, kunyit, dan minyak hingga halus, lalu masukkan bawang merah, cabai rawit, dan cabai keriting. Blender hingga teksturnya hampir halus.

Baca Juga: Resep Rica-rica Ayam Suwir yang Enaknya Bikin Tambah Terus

4. Tumis ayam sebelum dimasak

5 Tips Memasak Ayam Rica-rica Kemangi ala Devina Hermawan, Gampang! Ayam yang sedang di pan seared (youtube.com/Devina Hermawan)

Kamu bisa pan seared atau menumis ayam sebelum dimasak bersamaan dengan bumbu. Hal itu dilakukan agar bagian luar ayam kering dan lebih beraroma.

Gunakan sedikit minyak dengan api besar untuk memasak ayam agar tekstur kulitnya kering dan memberikan aroma yang lebih wangi. Langkah satu ini cukup mudah dilakukan, tapi jangan sampai hangus, ya.

5. Ayam dapat dimasak langsung tanpa ditumis

5 Tips Memasak Ayam Rica-rica Kemangi ala Devina Hermawan, Gampang! Proses memasak ayam dengan bumbu (youtube.com/Devina Hermawan)

Tahapan menumis ayam sebelum dimasak bersama bumbu bisa dilewati karena tergantung selera. Jika tahapan tersebut tidak dilakukan, ayam akan memiliki warna yang pucat dan kulitnya akan bertekstur kenyal.

Kelima tips memasak ayam rica-rica kemangi ala Devina Hermawan di atas tak ada salahnya untuk kamu terapkan, lho. Jika kalian menerapkan tips-tips tersebut, ayam rica-rica buatanmu dipastikan memiliki tekstur dan rasa yang lebih lezat.

Baca Juga: 5 Olahan Ayam dan Jeruk yang Bikin Segar pada Makanan Utama

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya