Comscore Tracker

5 Tips Memasak Udang Cabai Garam ala Devina Hermawan, Gurih Abis!

Rasanya seenak buatan restoran

Udang goreng yang dimasak dengan bumbu cabai garam akan menjadi lauk yang membuatmu ketagihan. Dengan cita rasa gurih dan tekstur yang renyah, udang cabai garam sudah pasti jadi kesukaan keluarga.

Gak selalu beli di restoran atau kafe, kamu bisa membuat udang cabai garam yang rasanya lezat dengan cukup mudah, lho. Supaya berhasil, simak lima tips masak udang cabai garam ala Devina Hermawan berikut ini. Dijamin renyah dan lezat banget!

1. Keluarkan kotoran udang 

5 Tips Memasak Udang Cabai Garam ala Devina Hermawan, Gurih Abis!Proses mengeluarkan kotoran udang (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk membuat udang cabai garam yang nikmat, kamu perlu buang kotoran udangnya terlebih dahulu. Caranya mudah, cukup dengan menariknya dari ruas kedua dari paling belakang ke arah ekor.

Kamu bisa menggunakan tusuk gigi atau tusuk sate untuk menariknya. Pastikan mendorongnya ke arah belakang atau buntut, bukan ke arah atas atau arah lainnya.

2. Gunting bagian udang yang tajam 

5 Tips Memasak Udang Cabai Garam ala Devina Hermawan, Gurih Abis!Proses menggunting bagian tajam pada udang (youtube.com/Devina Hermawan)

Agar membuatnya lebih lezat, kamu juga bisa menggunting bagian tajam dari udang. Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa memakan udang dengan kulitnya tanpa khawatir terluka.

Caranya adalah dengan menggunakan udang yang ukurannya tidak terlalu besar dan memotong bagian tajam seperti mata dan tanduk udang. Selain itu, bagian kaki yang dirasa tajam juga bisa kamu potong, kok.

3. Beri baking powder sebagai bumbu marinasi 

5 Tips Memasak Udang Cabai Garam ala Devina Hermawan, Gurih Abis!Proses memarinasi udang (youtube.com/Devina Hermawan)

Marinasi udang dengan putih telur, baking powder, cuka, garam, merica, tepung maizena, dan bubuk ngohiong. Aduk perlahan hingga tercampur rata, lalu diamkan selama 10-15 menit. Hal ini dilakukan agar kandungan cuka dan baking powder bekerja.

Cuka dan baking powder akan membuat udang tetap juicy. Tak hanya itu, udang akan memiliki warna yang bagus meski digoreng tepung dengan metode double frying.

Baca Juga: 5 Masakan dari Cabai Pisang untuk Hasilkan Sensasi Pedas Manis

4. Kecilkan api saat memasak bawang putih 

5 Tips Memasak Udang Cabai Garam ala Devina Hermawan, Gurih Abis!Ilustrasi api kecil. (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk membuat bumbu cabai garam, kamu perlu menambahkan bawang putih goreng di akhir. Kamu bisa potong kecil bawang putih dan masak hingga kuning keemasan.

Untuk menghindari kegosongan, pastikan kamu kecilkan api di tengah waktu memasak. Jika api yang digunakan terlalu besar, hal tersebut akan membuat bawang putih cepat gosong dan menimbulkan rasa pahit.

5. Gunakan metode double frying 

5 Tips Memasak Udang Cabai Garam ala Devina Hermawan, Gurih Abis!Udang yang sudah di-double fry (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk membuat udang renyah dan tahan lama, gunakanlah metode double frying saat memasak. Masak udang di api besar selama semenit, lalu tiriskan dan biarkan sebentar. Setelah itu, goreng lagi selama beberapa detik dan kembali tiriskan.

Selanjutnya, memasukkan udang pada bumbu cabai garam yang sedang ditumis dan aduk rata. Taburkan bawang putih goreng dan udang cabai garam siap disajikan.

Kelima tips membuat udang cabai garam ala Devina Hermawan di atas memiliki rasa yang lebih lezat, juicy, gurih, dan tahan lama. Pencinta udang wajib banget mempraktikkan semua tips di atas!

Baca Juga: 9 Tips Mudah Membuat Dimsum Hakau Udang Lembut dan Lezat, Wajib Coba! 

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya