Comscore Tracker

Resep Bubur Rumput Laut Kering Sedap Umami ala Ryu Soo Young

Mudah buat dicoba di rumah, lho!

Sup rumput laut merupakan makanan khas negeri ginseng Korea Selatan. Biasanya, hidangan ini disajikan di momen perayaaan ulang tahun. Hidangan yang satu ini juga cukup identik disajikan bersama dengan nasi hangat.

Ingin makan sup rumput laut tapi tidak punya banyak waktu? Jangan khawatir karena Ryu Soo Young telah membagikan resepnya di KBS Funstaurant. Resep sup rumput laut ala aktor KDrama yang satu ini ternyata lebih simpel dan lebih mudah dibuat, lho.

Dari pada penasaran, langsung aja simak resepnya berikut ini, yuk!

1. Siapkan bahan-bahan

Resep Bubur Rumput Laut Kering Sedap Umami ala Ryu Soo Youngilustrasi hidangan bubur rumput laut (instagram.com/funstaurant_kbs)

Sebelum mulai membuatnya, pastikan kamu sudah memiliki sederet bahan-bahan berikut ini, ya!

  • 6 sdm rumput laut kering
  •  1 mangkok nasi
  •  3 sdm minyak wijen
  •  1 siung bawang putih
  •  2 sdm kecap asin
  •  1 sdt garam
  •  1 liter air
  •  udang secukupnya

2. Rendam rumput laut kering

Resep Bubur Rumput Laut Kering Sedap Umami ala Ryu Soo Youngilustrasi rendaman rumput laut (dok. youtube.com/KBS WORLD INDONESIA)

Pertama-tama, rendamlah rumput laut kering selama 30 menit hingga mengembang dengan baik. Setelah itu, saring dan bilas dengan air sampai bersih. 

Baca Juga: Resep Potato Cheese Bread ala Korea, Enak dan Mudah Dibuat!

3. Panaskan rumput laut dan tambahkan semua bahan kecuali udang

Resep Bubur Rumput Laut Kering Sedap Umami ala Ryu Soo Youngilustrasi rumput laut (dok. youtube.com/KBS WORLD INDONESIA)

Masukkan rumput laut yang sudah dibilas ke wajan dan panaskan. Tambahkan 3 sdm minyak wijen ke dalam wajan. Campurkan 1 siung bawang putih yang sudah diparut ke dalam masakan.

Tambahkan juga 2 sdm kecap asin dan 1 sdt garam. Jangan lupa bahan yang paling penting dari bubur, yaitu nasi. Masukkan air 1 liter ke dalam masakan.

Aduk-aduk, lalu tambahkan 1 mangkok nasi ke campuran tadi. Aduklah dan tunggu hingga nasi tertutup oleh kaldu. Tidak perlu menambahkan bumbu lain karena nasi sudah memberikan rasa khas yang enak.

4. Tambahkan udang sesuai selera

Resep Bubur Rumput Laut Kering Sedap Umami ala Ryu Soo Youngilustrasi hidangan bubur rumput laut (instagram.com/funstaurant_kbs)

Udang yang sudah dibersihkan dapat langsung dimasukkan ke dalam masakan. Biarkan selama 5 menit agar udang matang dan membuat kaldu alami sehingga rasa masakan lebih mantap. 

5. Masakan siap disajikan

Resep Bubur Rumput Laut Kering Sedap Umami ala Ryu Soo Youngilustrasi hidangan bubur rumput laut (instagram.com/funstaurant_kbs)

Setelah 5 menit, masakan pun siap dihidangkan. Kamu juga bisa menambahkan 1 sdm minyak wijen dan biji wijen untuk meningkatkan aroma. Agar semakin memberikan kesan Korea, hidangan yang satu ini juga cocok disajikan bersama beberasapa side dish seperti asinan gurita atau kimchi.

Itulah resep simpel sup bubur rumput laut ala Ryu Soo Young. Sajian ini sangat bergizi dan cocok untuk anak-anak atau kalian yang suka makan bubur dengan sayur, lho. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Baechujeon, Pancake Sawi Khas Korea yang Dijamin Bikin Nagih!

Oki Silvie Wildiyanti Photo Writer Oki Silvie Wildiyanti

everything will be okay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya