Comscore Tracker

5 Resep Seafood Paling Gampang, Cocok Buat yang Lagi Belajar Masak

Masakin keluarga di rumah yuk!

Kamu mungkin terbiasa makan seafood di restoran atau warung kaki lima. Membayangkan bumbu-bumbu yang harus disiapkan sampai gimana caranya mengolah seafood dengan benar kayaknya ribet ya? Eits, jangan patah semangat dulu. Siapa bilang olahan-olahan seafood nggak bisa kita masak sendiri di rumah? 

Yuk ah buat kamu yang lagi belajar masak, cobain deh 5 resep olahan seafood yang simple ini. Sesekali sibuk di dapur buat masakin keluarga seru juga lho! Langsung simak resepnya, ya.

1. Olahan ikan bakar bakal lebih istimewa kalau dimasak ala resep ikan bakar colo-colo

5 Resep Seafood Paling Gampang, Cocok Buat yang Lagi Belajar Masakmerahputih.com

Penasaran dengan rasa Ikan bakar colo-colo? Hidangan khas Ambon yang satu ini memang terkenal akan kelezatannya. Daripada penasaran, mending kamu cobain resepnya deh!

Bahan:

  • 6 ekor ikan tongkol
  • 3 sendok makan air jeruk nipis
  • 2 sendok makan garam halus

Bumbu halus:

  • 30 butir bawang merah
  • 12 buah cabai merah
  • 3 sdt terasi
  • 15 siung bawang putih
  • 12 butir kemiri
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm garam

Bahan sambal colo-colo:

  • cabai rawit merah yang diiris bulat
  • 10 butir bawang merah diiris tipis
  • 10 cabe rawit hijau diiris bulat
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • 2 buah tomat hijau potong dadu
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 1 sdt gula pasir
  • air secukupnya

Cara membuat:

  1. Lumuri dan rendam ikan dalam air jeruk nipis agar bau amisnya hilang lalu beri taburan garam.
  2. Selanjutnya, lumuri ikan dengan bumbu halus dan bakar ikan hingga matang.
  3. Sajikan bersama sambal colo-colo yang dibuat dengan mencampurkan semua bahan sambal.

 

2. Biar acara makan bareng keluarga lebih istimewa, praktikkan resep kepiting saus telur asin

5 Resep Seafood Paling Gampang, Cocok Buat yang Lagi Belajar Masakpixabay.com/sharonang

Bingung ketika ingin masak kepiting? Malas karena pasti bumbu-bumbunya banyak dan bakal ribet masaknya? Nggak kok, cobain dulu resep yang satu ini!

Bahan:

  • 1 ekor kepiting
  • 2 butir telur asin matang, ambil kuningnya
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • ¼ bawang Bombay, potong korek api
  • cabe rawit sesuai selera
  • ½ sdm tepung kanji
  • 2 sdm mentega
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 ½ sdm saus tiram
  • 1 sdt gula pasir
  • 50 ml air
  • merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Pisahkan kepiting dari cangkangnya dengan cara memukul capit hingga retak lalu cuci bersih.
  2. Taburi daging kepiting dengan sedikit tepung kanji. Goreng sebentar hingga kepiting berubah warna. Angkat dan tiriskan, lalu sisihkan.
  3. Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan sedikit minyak hingga harum. Lalu, tambahkan mentega.
  4. Tambahkan kuning telur asin, cabe rawit, lalu aduk hingga merata.
  5. Setelahnya, tuangkan air dan terus aduk-aduk agar tidak menggumpal.
  6. Tambahkan kecap asin, gula, saus tiram, merica, dan masukkan kepiting sambil terus aduk-aduk.
  7. Biarkan sebentar hingga bumbu-bumbu meresap ke dalam kepiting, angkat dan sajikan bersama nasi putih.

 

3. Mau bikin masakan western? Masak aja fettucini tumis udang

5 Resep Seafood Paling Gampang, Cocok Buat yang Lagi Belajar Masakwww.foodnetwork.com

Masuk dalam jenis masakan pasta, fettucini dapat dihidangankan dengan berbagai jenis bahan pendamping, salah satunya udang. Nah, kali ini kamu bisa cobain resep fettucini udang nih...

Bahan:

  • 1/2 cangkir mentega
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 8 ons udang
  • 3/4 cangkir whipping cream
  • 1/2 cangkir keju parmesan parut segar
  • 1/2 sdm lada putih
  • 12 ons fettucini, rebus dan buang airnya
  • 1 sdm peterseli cincang

Cara membuat:

  1. Rebus fettucini kemudian tiriskan dan sisihkan.
  2. Panaskan mentega di atas wajan anti lengket. Kemudian tumis bawang putih hingga layu dan harum.
  3. Masukkan udang, lalu masak hingga udang berubah warna. Kemudian, tambahkan whipping cream, keju parmesan, garam dan lada putih. Lalu, masak hingga semua tercampur rata. Tunggu beberapa saat.
  4. Masukkan tumisan udang ke fettucini yang sudah direbus. Campur hingga fettucini dan tumisan udang tersebut tercampur rata.
  5. Taburi peterseli dan sajikan selagi hangat.

Baca Juga: 5 Resep Masakan Indonesia yang Cocok Buat Taklukkan Calon Mertua

4. Gampang bikinnya dan pasti semua suka, cumi goreng tepung emang juara!

5 Resep Seafood Paling Gampang, Cocok Buat yang Lagi Belajar Masakshop.fultonfishmarket.com

Resep yang satu ini emang gampang banget dibuat dan pastinya semua bakal suka. Yup, cumi goreng tepung yang crunchy bisa kamu buat sendiri di rumah guys!

Bahan:

  • 750 g cumi segar ukuran sedang
  • 2 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 150 gr tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1 siung bawang putih haluskan
  • sedikit jahe yang diulek halus
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Lumuri daging cumi yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong dengan air perasan jeruk nipis. Aduk sampai rata dan diamkan setengah jam.
  2. Campuran tepung terigu, garam, merica, jahe, bawang putih, dan kaldu ayam untuk membuat adonan kulit cumi. Aduk sampai semua bahan tercampur rata dan tambahkan telur ayam.
  3. Masukkan cumi yang sudah direndam ke dalam adonan. Bolak-balik agar semua bagian cumi terlapisi.
  4. Gorenglah cumi dalam minyak panas dengan api sedang selama kurang lebih 3 menit.

5. Nggak sampai 30 menit masak menu ini, ikan pindang bumbu pedas bisa jadi pilihan

5 Resep Seafood Paling Gampang, Cocok Buat yang Lagi Belajar Masakidntimes.com

Pengen hidangan laut tapi nggak mau ribet? Kamu wajib cobain masak ikan pindang bumbu pedas ini. Nggak butuh waktu lama kok buat masaknya!

Bahan:

  • 250 g ikan pindang
  • 1 batang daun bawang 1 batang
  • 1 buah tomat potong tipis
  • 1/2 bawang bombay potong tipis
  • 1/4 sdt kaldu ayam
  • 1/2 sdm garam
  • 200 ml air
  • minyak untuk menumis
  • 6 buah cabai merah besar
  • 4 butir kemiri
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih 

Cara membuat:

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, tomat, cabai merah, kemiri dan garam.
  2. Panaskan minyak lalu tumis bumbu yang dihaluskan tadi, tambahkan bawang bombay, tumis lagi hingga harum.
  3. Tuangkan air dan tambahkan garam, kaldu bubuk, lalu aduk rata.
  4. Setelah air mendidih, masukkan pindang serta irisan bawang bawang bombay dan daun bawang.
  5. Masak hingga kadar air mulai berkurang dan sajikan hangat.

Gimana nih, mau nyobain resep yang mana dulu guys? Nggak perlu khawatir, cobain dulu aja. Selain sesekali masak buat keluarga, aktivitas ini bisa jadi cara refreshing juga. Selamat masak, ya!

Baca Juga: 5 Resep Masakan Enak dan Tahan Lama, Cocok Banget buat Anak Kost!

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya