Comscore Tracker

9 Kreasi Telur Dadar Unik, Bikin Sarapan Makin Menyenangkan

Gak bosan makan telur dadar yang gitu-gitu aja?

Telur dadar sering jadi menu sarapan andalan, karena selain praktis, gampang bikinnya, harganya pun murah. Selama ini telur dadar hadir dengan bentuk sederhana, hanya berupa beberapa butir telur dalam mangkuk yang dikocok bersama irisan bawang daun, sedikit garam dan merica.

Bukan berarti gak nikmat, tapi lama kelamaan kita bisa bosan kalau bentuk menunya begitu melulu. Nah, IDN Times merangkum beberapa kreasi menu yang bisa kamu lakukan dengan telur dadar, seperti 9 kreasi di bawah ini!

1. Egg muffin

https://www.youtube.com/embed/B3MDiIutTgo

Ini bukan benar-benar resep muffin ya, hanya saja cara membuatnya menggunakan cetakan muffin. Kamu tinggal memasukkan bahan-bahan favoritmu ke dalam cetakan, seperti keju, paprika, daging asap, dan sebagainya.

Selanjutnya, tuang kocokan telur yang sudah dibumbui ke dalam cetakan muffin. Tinggal dioven selama 30 menit, jadi deh!

2. Sate telur dadar

9 Kreasi Telur Dadar Unik, Bikin Sarapan Makin MenyenangkanInstagram.com/eonni.kitchen

Resep ini malah lebih gampang lagi, tinggal potong memanjang telur dadar yang sudah jadi, balutkan dalam potongan sosis, dan tata dengan tusukan sate. Sebelum dipanggang, kamu bisa olesi dengan kecap atau saus BBQ sesuai selera.

3. Pizza telur

9 Kreasi Telur Dadar Unik, Bikin Sarapan Makin MenyenangkanInstagram.com/egg.xited24

Meski judulnya pizza, alasnya gak wajib pakai adonan tepung, kok. Kreasikan telur dadar dengan topping dan saus pizza, seperti pepperoni, paprika, sosis, dan keju parut. Biar makin mantap, bisa juga taburi keju mozzarella dan panggang sebentar dalam oven.

4. Nasi kepal balut telur

Bisa dibilang ini versi kreatif dari onigiri alias nasi kepal. Hanya saja nasi gak dibalut nori, melainkan telur dadar. Selain enak dan sehat, makannya juga praktis. Cocok banget buat bekal sekolah atau ngantor.

5. Telur dadar Padang

Kalau makan di rumah makan Padang, pasti rasa telur dadarnya beda dari kebanyakan. Ternyata cara membuatnya sedikit berbeda, ada tambahan bumbu halus dan tepung. Pantas saja rasanya sedap dan teksturnya super lembut!

6. Sushi roll telur

Sushi roll telur bisa jadi menu yang manipulatif buat anak yang gak suka makan. Kamu bisa ganti tteokgug atau kue beras Korea yang ada di tengah sushi dengan nasi, mie, daging, atau bahan lainnya. Telur dadarnya pun bisa kamu tambahkan daun bawang dan wortel cincang agar tetap ada sayur.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Telur Pakai Rice Cooker, Cocok Banget buat Anak Kost

7. Omelette kukus

Kalau selama ini telur dadar dibuat dengan cara digoreng, ternyata direbus atau dikukus juga enak, lho. Selain teksturnya jadi lebih lembut, makanan ini jadi lebih sehat, karena tak ada peningkatan kolesterol hasil penggorengan.

8. Telur dadar manis

9 Kreasi Telur Dadar Unik, Bikin Sarapan Makin Menyenangkanessen-und-trinken.de

Telur dadar gak mesti asin, kan? Sesekali coba bikin telur dadar versi manis yang mirip pancake. Namun, rasio tepungnya hanya dua sendok makan untuk dua butir telur ukuran besar dan 100 ml susu cair.

9. Egg toast

https://www.youtube.com/embed/B2Rh6nFGlbY

Sekilas bentuknya memang seperti french toast, hanya saja tak menggunakan susu cair. Mungkin lebih mirip dengan roti john ya? Yang jelas, kamu bakal dapat gizi seimbang untuk sarapan pagi, karena ada protein dari telur, sayuran, serta karbohidrat dari roti.

Bikin ngiler semua, kan? Yakin nih gak mau ganti menu sarapan?

Baca Juga: Deretan Jenis Omelet dari 10 Negara, Enak Mana Sama Telur Dadar Biasa?

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You