Comscore Tracker

5 Cooking Hacks dari Air Kapur Sirih untuk Aneka Makanan, Yuk Coba!

Mulai dari makanan yang digoreng hingga dikukus

Air kapur sirih dapat diperoleh dengan cara merendam kapur sirih di dalam air. Selain berkhasiat bagi kesehatan, air kapur sirih tersebut rupanya juga berguna untuk kegiatan masak-memasak. Misalnya saja beberapa cooking hacks yang dapat dilakukan dengan air kapur sirih berikut. Yuk, dicoba!

1. Membuat lontong/ketupat lebih padat

5 Cooking Hacks dari Air Kapur Sirih untuk Aneka Makanan, Yuk Coba!alchetron.com

Selama 60 menit, rendamlah beras yang akan digunakan untuk membuat lontong atau ketupat di dalam air yang ditambahkan sedikit air kapur sirih. Hal ini rupanya dapat membuat lontong/ketupat tersebut lebih padat, bahkan menjadi tak rentan basi. 

2. Membuat rempeyek lebih renyah

5 Cooking Hacks dari Air Kapur Sirih untuk Aneka Makanan, Yuk Coba!dapurkobe.co.id

Saat menguleni adonan untuk mengolah rempeyek, tambahkanlah sedikit air kapur sirih. Tepatnya, sebelumnya, endapkan air kapur sirih tersebut beberapa saat, kemudian ambil bagian airnya yang bening, kemudian campurkan ke dalam adonan rempeyek. Alhasil, rempeyek pun akan lebih renyah.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Daging Bebek yang Enak dan Empuk, Gak Ada Lagi Bau Amis

3. Membuat irisan buah lebih kesat

5 Cooking Hacks dari Air Kapur Sirih untuk Aneka Makanan, Yuk Coba!patas.id

Irisan buah untuk diolah menjadi manisan akan terlihat lebih menarik saat tampilannya kesat. Untuk menyiasatinya, rendamlah buah yang akan diiris tersebut di dalam campuran air kapur sirih sekitar 5-10 menit. Kemudian, potong sesuai selera.

4. Membuat kulit lumpia lebih kuat

5 Cooking Hacks dari Air Kapur Sirih untuk Aneka Makanan, Yuk Coba!sajiansedap.grid.id

Air kapur sirih rupanya dapat pula membuat kulit lumpia menjadi lebih kuat alias tak rentah rapuh ataupun putus. Caranya, tambahkan saja sedikit air kapur sirih ke dalam adonan saat membuat kulit lumpia tersebut. 

5. Membuat kue (tradisional) lebih kenyal

5 Cooking Hacks dari Air Kapur Sirih untuk Aneka Makanan, Yuk Coba!cookpad.com

Misalnya, klepon. Tambahkan sedikit air kapur sirih dalam adonan untuk membuat klepon, sesuaikan takarannya dengan banyak klepon yang hendak dibuat. Pasalnya, jika air kapur sirih terlalu banyak, citarasa klepon tersebut malah akan getir.

Wah, ternyata banyak cooking hacks yang dapat diterapkan dengan air kapur sirih, ya.

Baca Juga: Cooking 101: Mengenal Bahan Dasar yang Digunakan Dalam Pembuatan Kaldu

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You