Comscore Tracker

6 Tips Memasak Udang Agar Bebas Bau Amis dan Enak Rasanya

Coba praktik di rumah, yuk!

Agaknya udang memang merupakan salah satu bahan baku yang laris untuk olahan seafood. Citarasa manis lagi gurih yang dipadukan dengan tekstur kenyal dan lembutnya memang sukses memanjakan lidah. Kreasi olahan udang pun beraneka ragam, baik yang disajikan di restoran bintang lima ataupun hidangan ala rumahan.

Nah, supaya sajian berbahan udang tersebut dapat lebih maksimal, ikuti tips memasak udang berikut yuk!

1. Pastikan udang masih dalam kondisi segar

6 Tips Memasak Udang Agar Bebas Bau Amis dan Enak Rasanyapbs.org

Udang yang masih segar akan memiliki aroma khas dan warna yang tak tampak pucat. Selain itu, pilihlah udang yang anggota badannya masih utuh dari ujung ekor ke ujung kepala. Periksa pula teksturnya, jangan membeli udang yang sudah lembek. 

2. Olah segera selagi udang masih segar

6 Tips Memasak Udang Agar Bebas Bau Amis dan Enak Rasanyafoodandwine.com

Jika udang tersebut belum akan diolah segera, maka lekas simpan ke dalam kulkas. Namun jangan pula menyimpannya terlalu lama sebab dikhawatirkan kualitas udang akan jauh menurun. Sebaiknya, lekas masak udang ketika kondisinya masih segar. 

3. Kupas udang sesuai tujuan pengolahan

6 Tips Memasak Udang Agar Bebas Bau Amis dan Enak Rasanyafoodrhythms.com

Saat akan mengolahnya, pastikan udang dikupas dengan tepat. Sesuaikan dengan kebutuhan atau tujuan pengolahannya. Misalnya, jika hendak menghidangkan makanan untuk anak-anak, sebaiknya buanglah ekor udang demi menghindari potensi tersedak kelak.

Akan tetapi, jika tak ingin membentuk udang menjadi membulat atau melingkar, maka jangan buang kepalanya. Sebab melepaskan kepala udang justru membuat udang akan menggulung saat proses memasak. 

Selanjutnya, bersihkan kulit udang tersebut. Untuk udang yang kecil, siramlah menggunakan air panas hingga udang tersebut berwarna memerah, lalu segera kuliti.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Baik Udang Bagi Kesehatan, Favoritmu Kan?

4. Baluri udang dengan perasan jeruk nipis

6 Tips Memasak Udang Agar Bebas Bau Amis dan Enak Rasanyadelish.com

Setelah udang dikupas, bersihkan dengan cara membelah sedikit bagian punggung udang, lalu singkirkan bagian berbentuk tali hitam pada punggung udang dan cuci bersih udang tersebut. Pasalnya, ini merupakan vena racun sehingga sebaiknya tak dikonsumsi untuk meminimalisir kemungkinan keracunan makanan nantinya.

Selain itu, baluri udang yang sudah dicuci tadi menggunakan perasan jeruk nipis. Tujuannya, untuk menghilangkan bau amis pada udang. Jangan menggosok udang dengan garam, sebab itu dapat merusak tekstur dari udang tersebut.

5. Gunakan beberapa tetes minyak saat memasak

6 Tips Memasak Udang Agar Bebas Bau Amis dan Enak Rasanyafoodandwine.com

Saat akan mengolah udang, gunakan beberapa tetes minyak (supaya udang tak malah terendam dalam minyak). Pastikan minyak sudah panas supaya tak memakan waktu lama untuk memasak. 

Jika ingin merebus udang, gunakanlah air yang sudah mendidih, tambahkan sedikit garam, masukkan udang, lalu tutup panci. Apabila sudah matang (udang tampak kemerahan), maka langsung rendam udang dalam air dingin supaya proses memasaknya dapat terhenti total. 

Idealnya, proses memasak udang memang tak boleh terlampau lama yakni tak lebih dari 3 menit. Ini bertujuan untuk menjaga citarasa dan tekstur udang.

6. Olah kepala dan kulit udang menjadi kaldu

6 Tips Memasak Udang Agar Bebas Bau Amis dan Enak Rasanyamatchingfoodandwine.com

Usut punya usut, kulit dan kepala yang sudah dilepaskan dari badan udang juga dapat diolah ke dalam hidangan, lho. Tepatnya, dijadikan sebagai kaldu. Cucilah kepala dan kulit udang, kemudian rebus menggunakan kayu arang yang sudah dicuci bersih.

Kayu arah tersebut berguna untuk menghilangkan racun yang terdapat pada udang. Selanjutnya, masaklah menggunakan api kecil, tunggu hingga kepala udang berubah menjadi berwarna merah. Jika sudah matang, angkat kepala dan kulit udang tersebut dari kaldu. Nah, kaldu udang pun siap dipakai.

Kalau kamu punya tips memasak udang yang bagaimana guys?

Baca Juga: 8 Tips Memasak Sayuran yang Bikin Nutrisinya Tidak Hilang

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You