Comscore Tracker

Ini lho 6 Tips Membuat Kaldu Ceker Ayam yang Jernih dan Bebas Amis

Kelezatannya bikin nagih, deh

Selain diolah menjadi ceker goreng pedas, ceker ayam juga kerap dibuat menjadi kaldu. Usut punya usut, ceker ayam rupanya memiliki kandungan kolagen yang terbilang tinggi, lho. Mengonsumsi kolagen tersebut berkhasiat untuk mencegah penuaan, mengencangkan kulit, bahkan membantu menjaga kesehatan tulang dan melindungi usus.

Terutama untuk olahan kaldu ceker ayam, tak jarang kaldu malah rentan berbau amis. Namun, jangan resah, berikut tips untuk mengakalinya.

1. Gunakan ceker ayam berkualitas baik, cuci dengan air mengalir, potong kuku dan lepas kulitnya

Ini lho 6 Tips Membuat Kaldu Ceker Ayam yang Jernih dan Bebas Amisvimeo.com

Jangan memilih ceker ayam yang terasa lengket (berlendir) saat diraba dan mengeluarkan aroma busuk. Ceker ayam yang akan dipakai haruslah yang berkualitas baik (masih segar). Tujuannya, supaya masakan pun dapat lebih optimal kelak.

Setelah itu, pastikan untuk mencuci ceker ayam tersebut hingga bersih dengan air mengalir, potong juga kukunya, serta lepas kulitnya.

2. Tiriskan ceker ayam pasca dicuci, lumuri dengan perasan air jeruk nipis, siapkan bahan lain

Ini lho 6 Tips Membuat Kaldu Ceker Ayam yang Jernih dan Bebas Amisunderatinroof.com

Tiriskan ceker ayam setelah dicuci, lalu lumuri dengan perasan air jeruk nipis. Penggunaan jeruk nipis tersebut tak hanya bertujuan untuk mengurangi bau amis, tapi juga membuat ceker ayam menjadi lebih kesat.

Sembari mendiamkan ceker ayam tadi, maka siapkan pula bahan-bahan untuk membuat kaldu seperti wortel, daun bawang, tomat, bawang putih, bawang merah, dan lainnya (sesuai selera).

3. Cuci kembali ceker ayam, rebus dalam air tanpa bumbu apapun, angkat dan tiriskan, bilas dengan air dingin 

Ini lho 6 Tips Membuat Kaldu Ceker Ayam yang Jernih dan Bebas Amisduncanspoultry.com

Cuci kembali ceker ayam yang dilumuri perasan jeruk nipis tadi, gunakan air mengalir sambil digosok-gosok perlahan. Sembari itu, didihkanlah air (tanpa tambahan bumbu apapun), rebus ceker ayam apabila air sudah mendidih, biarkan sekitar 10-15 menit.

Kemudian, angkat dan tiriskan ceker ayam, bilas dengan air dingin, biarkan sesaat hingga suhunya agak turun. 

Baca Juga: Resep Seblak Kering Ceker, Gurih dan Pedasnya Menggoyang Lidah

4. Rebus kembali air hingga mendidih, masukkan ceker ayam dan bahan-bahan yang sudah dipersiapkan tadi

Ini lho 6 Tips Membuat Kaldu Ceker Ayam yang Jernih dan Bebas Amisamandashealthjournal.com

Buang air rebusan tadi sebab air rebusan pertama ini memang tak akan digunakan. Pasalnya, air rebusan tersebut cenderung berbau amis serta berwarna keruh. Oleh sebab itu, rebus kembali air hingga mendidih, lalu masukkan ceker ayam, serta tambahkan bahan-bahan yang sudah dipersiapkan tadi. 

5. Buka tutup panci sekitar setengah bagian selama proses perebusan, buang busa yang muncul di permukaan air

Ini lho 6 Tips Membuat Kaldu Ceker Ayam yang Jernih dan Bebas Amiswenthere8this.com

Selama proses perebusan tersebut, tutuplah panci hanya sebagian saja supaya uap dapat tetap keluar. Buang pula busa yang mengapung ke permukaan air agar kaldu ceker ayam kelak dapat lebih jernih, dan aroma amis dapat lebih diminimalisir. Masaklah hingga matang menggunakan api kecil.

6. Saring kaldu dengan bahan berlapis kain katun tipis, simpan dalam wadah, masukkan ke kulkas

Ini lho 6 Tips Membuat Kaldu Ceker Ayam yang Jernih dan Bebas Amisbulletproof.com

Apabila sudah matang, selanjutnya adalah menyaring kaldu ceker ayam tersebut menggunakan bahan berlapis kain katun tipis ataupun saringan. Tujuannya, agar kaldu yang dapat lebih jernih. Setelah itu, masukkan kaldu tadi ke dalam wadah seperti toples atau plastik zipper apabila belum akan digunakan, lalu simpan dalam kulkas.

Ayam memang kerap diolah ke dalam ragam olahan. Tak hanya itu, bagian-bagian dari ayam pun punya daya tarik tersendiri. Misalnya saja ceker ayam yang tak kalah sedap dibuat menjadi kaldu. Kamu sudah coba bikin sendiri?

Baca Juga: 6 Resep Olahan Ceker Ayam yang Enak dan Mudah Dibuat, Maknyuss!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya