Comscore Tracker

Resep Katsu Tahu yang Renyah, Nikmat Menggoyang Lidah

Lauk enak yang cocok jadi pendamping nasi

Tahu menjadi salah satu bahan makanan yang sudah tidak asing lagi didengar. Selain mudah diolah, tahu juga bahan dasar favorit yang bisa dijadikan berbagai macam jenis makanan.

Selain bisa diolah menjadi pendamping makan siang, olahan tahu juga bisa dimakan kapan saja dan juga bisa dijadikan camilan. Jika biasanya tahu diolah menjadi sayur tahu, tahu oseng, tahu goreng, dan lainnya, kamu juga bisa memasaknya jadi katsu, lho.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Katsu Tahu yang Renyah, Nikmat Menggoyang LidahIlustrasi bahan-bahan (pexels.com/Kampus Production)

Bahan utama:

  • 1 tahu putih ukuran besar

Bahan pelapis:

  • 6 sdm tepung bumbu
  • 1 sdt garam
  • bawang putih bubuk secukupnya
  • lada bubuk secukupnya
  • tepung roti secukupnya

2. Hancurkan tahu sampai lembut

Resep Katsu Tahu yang Renyah, Nikmat Menggoyang LidahIlustrasi menghancurkan tahu (pixabay.com/webandi)

Setelah bahan-bahan sudah siap, langkah selanjutnya adalah hancurkan tahu putih sampai semuanya benar-benar lembut. Kamu bisa simpan tahu ke dalam mangkuk, lalu hancurkan dengan garpu atau menggunakan tangan yang bersih.

Selanjutnya, tambahkan bahan pelengkap, yakni tepung bumbu, garam, dan bawang putih bubuk. Jika suka dengan rasa pedas, kamu bisa tambahkan lada bubuk sedikit ke dalam adonan. Aduk hingga merata.

3. Cetak adonan tahu dan baluri dengan tepung roti

Resep Katsu Tahu yang Renyah, Nikmat Menggoyang LidahIlustrasi mencetak adonan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika sudah, ambil adonan sedikit, lalu cetak berbentuk oval, bulat, atau sesuai selera. Tebal ataupun tipisnya juga dapat kamu tentukan sendiri. Namun, disarankan untuk dibentuk dengan ukuran sedang agar terbentuk seperti katsu pada umumnya.

Jangan lupa untuk menekan dan memadatkan adonan tahu supaya saat di balur ke tepung roti adonan tidak hancur. Kemudian, adonan tahu yang sudah dicetak dibalurkan ke tepung roti. Pastikan adonan tahu terselimuti penuh dengan tepung roti, ya.

Baca Juga: 5 Spot Tahu Gimbal di Yogyakarta, Bumbu Kacangnya Pecah!

4. Panaskan minyak dan goreng tahu katsu

Resep Katsu Tahu yang Renyah, Nikmat Menggoyang LidahIlustrasi menggoreng (pexels.com/RODNAE Productions)

Setelah selesai dibentuk, siapkan wajan dan panaskan minyak dengan api sedang. Kemudian, masukkan adonan tahu yang sudah dilumuri tepung roti dan goreng sampai warnanya berubah menjadi kecokelatan. Jangan lupa untuk membalikkannya.

Jika sudah matang, segera angkat dan tiriskan katsu tahu sebelum dipindahkan ke piring saji. Sekedar tips, untuk lebih cepat dihidangkan ke piring saji, kamu bisa simpan katsu tahu di atas tisu untuk mempercepat turunnya minyak goreng.

5. Sajikan tahu katsu dengan nasi dan saus

Resep Katsu Tahu yang Renyah, Nikmat Menggoyang LidahIlustrasi saus (pixabay.com/TJENA)

Jika sudah, kamu boleh potong katsu tahu sesuai selera. Siapkan nasi hangat dengan saus sebagai cocolan atau lumuran agar lebih nikmat. Kamu juga bisa tambahkan topping lain sesuai selera, misalnya saus sambal, saus tomat, atau saus keju.

Untuk langkah ini opsional, kamu bisa menambahkannya atau tidak. Meskipun tidak pun rasanya akan tetap enak. Katsu tahu juga dapat dinikmati bersama dengan teman, pasangan, atau keluarga.

Cukup lima langkah saja cara untuk membuat katsu tahu dengan bahan yang sangat sederhana dan mudah ditemukan di dapur. Dijamin mudah dan pastinya enak!

Baca Juga: 6 Resep Menu Mewah dengan Harga Low Budget ala Yummy App

Ririn Marlina Triswanto Photo Writer Ririn Marlina Triswanto

Tulisan yang ditulisnya sejalan dengan hari-harinya. Kamu bisa kunjungi akun instagramnya di @ririnmarlinat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya