Comscore Tracker

6 Olahan Labu Siam Asal Meksiko Ini Bisa Jadi Referensi Kulinermu

Bukan sekadar dijadikan sayur tumis atau lalapan saja lho

Labu siam atau yang punya nama lain chayote ini umumnya hanya diolah menjadi sayur tumis atau lalapan untuk pendamping makan. Labu siam memiliki rasa yang manis bila dikonsumsi sebagai lalapan segar. Labu siam juga mengandung banyak vitamin serta gizi baik yang bagus untuk kesehatan tubuh. 

Biar bisa dikonsumsi semua anggota keluarga tanpa harus merasa malas karena gak menarik, coba 6 ide olahan labu siam asal Meksiko ini yuk!

1. Chayote and Carrot Patties

6 Olahan Labu Siam Asal Meksiko Ini Bisa Jadi Referensi Kulinermucontentednesscooking.com

Bagi para orang tua muda yang kebingungan mencari cara agar anak mau mengonsumsi sayur, menu yang bernama Chayote and Carrot Patties ini bisa banget dicoba. Labu siam diolah menjadi patties atau daging buatan yang biasa ada di dalam burger.

Untuk membuat tekstur yang lebih padat, gunakan wortel atau juga bisa dikombinasi dengan sayur lain seperti brokoli. Agar rasanya mirip daging beri tambahan kaldu sapi.

Jika disajikan seperti burger, pasti anak-anak gak akan menyangka kalau daging buatannya itu berasal dari sayur-sayuran, moms!

2. Chuchu Frito

6 Olahan Labu Siam Asal Meksiko Ini Bisa Jadi Referensi Kulinermuunileversolutions.com

Chuchu merupakan sebutan labu siam di negara Brazil. Di sana terdapat salah satu olahan labu siam yang menarik buat dicoba, yaitu Chuchu frito. Menu ini menyajikan labu siam yang telah digoreng dengan balutan telur dan tepung roti.

Dengan proses pembuatan yang sederhana seperti camilan tepung roti lainnya, chucu frito bisa jadi alternatif makanan sehat yang diolah secara modern. Bakal tambah nikmat jika kamu menyajikannya bersama saus cocolan seperti mayones, saus keju, atau saus sambal.

3. Chayotes Rellenos

6 Olahan Labu Siam Asal Meksiko Ini Bisa Jadi Referensi Kulinermukiwilimon.com

Rellenos adalah sebutan dari berbagai olahan makanan yang memiliki isian di dalamnya. Chayotes Rellenos sendiri biasanya terdiri dari potongan labu yang berisi daging lalu dipanggang dengan taburan keju. Kalau kamu lagi diet, bisa banget nih coba bikin menu ini di rumah.

Baca Juga: 10 Olahan Sayuran Hijau Khas Indonesia Paling Favorit, Semuanya Enak!

4. Chayote Salad with Avocado and Pepita Dressing

6 Olahan Labu Siam Asal Meksiko Ini Bisa Jadi Referensi Kulinermudenverpost.com

Bukan lagi dari Brazil, kini menu olahan labu siam yang selanjutnya datang dari Meksiko. Masyarakat di sana sangat menyukai salad dengan berbagai macam sayuran.

Chayote Salad with Avocado and Pepita Dressing sendiri terbuat dari campuran labu siam, alpukat, biji labu (pepita), dan saus mustard yang biasanya menjadi hidangan pembuka masyarakat lokal Meksiko.

5. Chayote Casserole

6 Olahan Labu Siam Asal Meksiko Ini Bisa Jadi Referensi Kulinermuteacher-chef.com

Casserole merupakan sajian yang dihidangkan dalam wadah besar yang lazimnya terbuat dari berbagai sayuran. Dengan campuran timun jepang, labu siam alias chayote juga bisa dibuat menjadi casserole. Sebelum dipanggang sayur-sayuran ditumis dengan bumbu atau dimasak dengan kaldu. 

6. Chayote Squash Enchiladas

6 Olahan Labu Siam Asal Meksiko Ini Bisa Jadi Referensi Kulinermuhomechef.com

Yang paling terakhir adalah menu labu siam yang dijadikan Enchiladas. Enchiladas terbuat dari kulit tortila yang diisi potongan sayuran.

Dalam menu ini labu siam, jagung, daging atau potongan ikan segar menjadi bahan utama. Hidangan ini jadi makanan favorit orang Meksiko dan kalau berkunjung ke sana kamu wajib mencicipinya. 

Nah, itu tadi beberapa olahan menu berbahan dasar labu siam atau chayote. Sejauh ini kamu paling tertarik mencoba yang nomor berapa nih?

Baca Juga: 6 Tips Cerdas Agar Olahan Sup Berkaldu Daging Gak Berlemak Banyak 

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You