Comscore Tracker

Pas Buat Menu Sahur, 5 Tips Membuat Sup Miso Seenak di Restoran Jepang

Gak perlu beli karena gampang dibuat sendiri di rumah!

Ketika sahur, menu pendamping yang gak boleh ketinggalan adalah sayur. Sayur bisa menambah kesegaran rasa makanan dan juga baik untuk kesehatan pencernaan selama berpuasa. Tapi kalau mulai bosan sama jenis sayur yang gitu-gitu aja, sup miso bisa menjadi alternatif yang menarik untuk dimasak. 

Dengan rasa yang gak terlalu asing dengan selera orang Indonesia, kamu yang mau mencoba membuatnya jangan lupa catat lima tips saat membuatnya berikut. Biar rasanya seenak di restoran Jepang!

1. Racik kaldu ala rumahan dengan bahan sederhana

Pas Buat Menu Sahur, 5 Tips Membuat Sup Miso Seenak di Restoran Jepangnewmalaysiankitchen.com

Kekuatan sup miso ada di rasa kaldu. Biar kaldu yang kamu racik di rumah mirip seperti yang ada di restoran Jepang, jangan lupa gunakan bahan-bahan utamanya, seperti rumput laut kering, dashi dan ikan serut kering khas Jepang. Racik semuanya menjadi satu lalu saring dan tambahkan penyedap serta garam.

2. Pilih jenis tofu yang lembut 

Pas Buat Menu Sahur, 5 Tips Membuat Sup Miso Seenak di Restoran Jepanghungryhuy.com

Tak bisa dipungkiri, keberadaan tofu yang lembut juga menjadi bahan yang membuat sup miso terasa istimewa. Tofu yang digunakan sebaiknya yang memiliki tekstur sangat lembut, karena perpaduan kaldu hangat dan tofu lembut akan terasa sempurna dan lumer di mulut.

Baca Juga: 6 Resep Olahan Mie dari Jepang dan Korea, Tak Perlu ke Restorannya!

3. Rebus sayur pelengkap sesuai selera 

Pas Buat Menu Sahur, 5 Tips Membuat Sup Miso Seenak di Restoran Jepangtimetoast.com

Agar tidak merusak rasa dan kaldu, sayur-sayuran yang ingin ditambahkan ke dalam sup miso harus direbus. Jangan menumisnya meskipun hanya dengan sedikit minyak, karena nanti bisa membuat rasa kaldu berubah menjadi greasy dan berlemak. Cukup rebus sebentar sayur-sayurannya lalu masukkan ke dalam campuran kaldu. 

4. Tambahkan miso setelah kaldu hangat

Pas Buat Menu Sahur, 5 Tips Membuat Sup Miso Seenak di Restoran Jepangnewideafood.com.au

Nah, bagian ini harus sangat diperhatikan. Pasta miso sebagai bahan utamanya dimasukkan bukan di awal atau saat kaldu mendidih. Pasta miso merupakan hasil fermentasi kacang kedelai sehingga di dalamnya terkandung bakteri baik aktif.

Jika dicampur di awal memasak atau saat kaldu mendidih, maka bakteri baik tersebut akan mati dan mengurangi nutrisinya yang baik untuk sistem pencernaan tubuh.

Waktu yang paling tepat menambahkan pasta miso adalah ketika kaldu sudah diangkat dari kompor dan sedikit didinginkan hingga hangat, setelah itu baru masukkan pasta miso secukupnya. 

5. Sajikan selagi hangat supaya tidak mengendap

Pas Buat Menu Sahur, 5 Tips Membuat Sup Miso Seenak di Restoran Jepanghikarimiso.com

Selain dicampur saat kaldu hangat, penyajian sup miso juga harus dilakukan secepat mungkin. Jangan menunggunya hingga dingin karena nanti pasta misonya akan mengendap di bagian bawah mangkuk, jadi mengurangi kenikmatan rasanya. 

Meskipun masakan internasional tapi membuat sup miso sendiri di rumah tidaklah sulit. Yuk, dicoba buat tambahan menu sahur nanti. Bikin kamu merasa santap sahur di restoran Jepang!

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Olahan Seafood Khas Jepang, Lezat dan Mudah Dibuat!

SA D Photo Verified Writer SA D

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya