Comscore Tracker

Resep Kue Sus Kering Isi Cokelat, Renyah Menggoyang Lidah

Bisa buat camilan atau hampers saat Ramadan

Ramadan tak lengkap tanpa adanya camilan manis. Kue sus kering isi cokelat ini bisa jadi salah satu pilihan kamu, lho. Buatnya mudah, rasanya renyah dengan isian cokelat di dalamnya. Sekali buat, hasil jadinya juga banyak, lho. 

Selain jadi camilan selepas berbuka, kue sus kering ini cocok dikemas dengan stoples cantik untuk hampers atau bingkisan. Resep kue sus kering isi cokelat berikut ini bisa jadi panduan memasakmu, ya!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Kue Sus Kering Isi Cokelat, Renyah Menggoyang LidahIlustrasi bahan kue sus (pexels.com/id-id/@tara-winstead)

Bahan-bahan:

  • 125 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin
  • 250 ml air
  • 3 butir telur
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam

2. Masak mentega bersama tepung dan air

Resep Kue Sus Kering Isi Cokelat, Renyah Menggoyang LidahIlustrasi mencairkan mentega (pexels.com/id-id/@teona-swift)

Panaskan kompor, lalu siapkan panci dan masak mentega bersama air. Aduk hingga mentega meleleh. Jika sudah, masukkan tepung terigu, aduk dengan spatula agar tidak ada yang menempel pada panci. Aduk sampai benar-benar merata. 

Setelah tercampur, nyalakan lagi api kompornya. Masak dengan api kecil. Aduk menggunakan spatula sampai adonan kalis. Dinginkan atau biarkan sampai hangat- hangat kuku.

3. Mikser adonan sampai merata

Resep Kue Sus Kering Isi Cokelat, Renyah Menggoyang LidahIlustrasi mengaduk adonan (unsplash.com/@inkyhills)

Setelah cukup dingin, mikser bahan dengan kecepatan rendah sambil masukkan telur satu per satu ke dalamnya. Masukkan juga baking powder, lalu mikser kembali hingga tercampur rata. 

Masukkan adonan pada plastik segitiga yang telah diberikan spuit di bagian bawah. Ikat ujung atasnya hingga rapat. Siapkan plastik segitiga lainnya dengan spuit juga untuk mencetak.

Setelah itu, semprotkan perlahan ke atas loyang yang telah dialasi baking paper atau diolesi margarin tipis tipis. Cetak kecil-kecil dan beri jarak agar matangnya gak berhimpitan.

Baca Juga: 6 Tips Membuat Kue Sus yang Anti Gagal, Jaminan Renyah di Luar!

4. Panggang kue sus di dalam oven

Resep Kue Sus Kering Isi Cokelat, Renyah Menggoyang Lidahmemanggang sus kering (themodchik.com)

Masukkan adonan ke dalam oven bagian atas dengan api besar, lalu panggang selama 15 menit. Setelah lewat 15 menit, kecilkan api dan panggang lagi selama 25 menit. Panggang hingga kecokelatan dan terlihat renyah. 

Setelah matang, keluarkan kue sus kering dari oven, biarkan di loyang dan tunggu hingga dingin. Kemudian, masukan ke dalam stoples terlebih dahulu.

5. Isi kue sus kering dengan cokelat leleh

Resep Kue Sus Kering Isi Cokelat, Renyah Menggoyang LidahKue sus kering cokelat (instagram.com/dapurvavie_channel)

Untuk isiannya, masukkan selai cokelat ke dalam piping bag atau plastik segitiga. Lubangi bagian kue sus dengan tusuk gigi bagian bawah atau samping. Masukkan cokelat ke dalam kue sus. 

Lakukan sampai semua kue sus terisi cokelat. Setelah selesai, masukkan kembali kue sus ke dalam stoples agar tetap renyah dan awet tahan lama. 

Untuk filling/isian kue sus bisa diisi dengan rasa lain, seperti keju, durian, atau selai lain sesuai selera. Praktis dan ekonomis, resep ini cocok banget bagi kamu yang masih pemula dalam hal baking. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Ragam Olahan Saint Honore, Dessert Prancis dari Pastri dan Kue Sus

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya