Comscore Tracker

5 Ragam Olahan Saint Honore, Dessert Prancis dari Pastri dan Kue Sus

Saint honore memiliki penampilan yang cantik lho!

Prancis memang dikenal dengan segudang kudapan manis yang tidak cuma nikmat, namun memiliki penampilan cantik sehingga membuatmu sayang untuk memakannya. Hal tersebut pun berlaku untuk dessert bernama saint honore.

Saint honore adalah sebuah makanan yang terdiri dari beragam komponen seperti kulit pastri, kue sus, krim, dan karamel. Kue ini sekilas tampak seperti kumpulan kue nastar dengan olesan kuning telur di bagian atas.

Selain itu, ada berbagai kreasi unik dari makanan asal Negeri Menara Eiffel tersebut yang wajib untuk diketahui seperti lima kudapan berikut.

1. Gateau saint honore

5 Ragam Olahan Saint Honore, Dessert Prancis dari Pastri dan Kue SusGateau saint honore (sbs.com.au/Andre Smaniotto)

Gateau saint honore adalah versi original dari makanan ini yang kerap kali dikreasikan dalam bentuk sejajar menyerupai persegi panjang ataupun lingkaran. Dalam satu olahan gateau saint honore, terdapat beberapa komponen penting yang perlu disusun menjadi satu.

Bagian pertama adalah kulit pastri, kemudian disusul dengan krim chantilly, baru sisipi menggunakan choux matang dan akhiri menggunakan lelehan karamel di bagian atas kudapan supaya makin enak.

2. Saint honore cake pops

5 Ragam Olahan Saint Honore, Dessert Prancis dari Pastri dan Kue SusSaint honore cake pops (wearetateandlylesugars.com)

Saint honore yang satu ini memiliki cara penyajian yang lebih ringkas dan mampu menarik perhatian anak-anak lantaran penggunaan stik pada olahan sehingga membuat tampilan dessert makin mirip dengan permen.

Susunan saint honore cake pop ini hampir sama dengan sajian biasa, yakni diawali dengan kulit pastri, krim, dan choux berbalur karamel di bagian atas hidangan supaya mempertegas tampilan agar makin serupa lolipop.

Baca Juga: 9 Pesona Île de Batz, Destinasi Seru di Prancis yang Menyegarkan Mata

3. Saint honore eclairs

5 Ragam Olahan Saint Honore, Dessert Prancis dari Pastri dan Kue SusSaint honore eclairs (foodshow.co.nz/Dean Brettscheneider)

Kreasi saint honore berikutnya mempunyai tampilan cukup menarik karena mengadaptasi langsung bentuk eclair, yakni sajian sus berbentuk memanjang dengan cokelat sebagai pelengkap.

Perbedaan kedua olahan itu ditandai dengan saint honore eclair yang dibentuk memakai kulit pastri, krim, dan caramel yang sebelumnya telah dibentuk memanjang, mengikuti sus eclair yang digunakan dalam sajian.

4. Torte saint honore

5 Ragam Olahan Saint Honore, Dessert Prancis dari Pastri dan Kue SusTorte saint honore (cookidoo.international)

Saint honore dapat pula berkolaborasi dengan makanan lain yang sama-sama memiliki cita rasa manis, seperti kue bolu yang ditumpuk berlapis serta dihiasi akan taburan kacang untuk menambah tekstur.

Sementara itu, choux dalam saint honore akan diletakan pada bagian atas kue bolu sehingga mampu tampil lebih rapi dan tertata cantik disertai lelehan karamel yang ada pada bagian sus.

5. Choco saint honore

5 Ragam Olahan Saint Honore, Dessert Prancis dari Pastri dan Kue SusChocolate saint honore (bonappetit.com/Anita Calero)

Bagi kamu penggemar olahan cokelat dan tertarik mencicipi saint honore dengan rasa yang berbeda, maka choco saint honore bisa menjadi solusi untuk menciptakan kue yang manis dan enak.

Pemakaian cokelat pada olahan ini tentunya dapat diletakan di mana saja sesuai selera. Salah satu di antaranya adalah dijadikan topping sus untuk menggantikan keberadaan karamel pada saint honore biasa.

Nah, itu dia kelima olahan saint honore dengan beragam cara mengolah yang menarik dan mampu membuat tampilan makanan tambah cantik. Ternyata bila diulik lebih dalam, kue sus bisa dikreasikan sedemikian rupa tanpa menghilangkan rasa nikmatnya, ya.

Baca Juga: 5 Aneka Dessert Berbahan Greek Yoghurt untuk Ide Dessert di Rumah

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya