Comscore Tracker

Resep Bihun Goreng ala Solaria, Ide Masakan Praktis buat Sahur

Kamu bisa memberikan isian sesuai selera

Mengingat sahur dilakukan pada dini hari, kamu pasti butuh ide lauk atau masakan yang cepat dan praktis untuk keluarga. Bisa saja kamu hanya mengandalkan stok bahan makanan yang ada di dapur, nih.

Tenang, kamu bisa memasak bihun dipadukan dengan aneka topping disesuaikan dengan stok bahan makanan di kulkas. Bahkan, memasaknya pun tak membutuhkan waktu lama.

Antiribet, berikut resep bihun goreng Solaria ala rumahan yang praktis untuk sahur. Jadi lebih hemat dan pastinya rasanya lezat, deh!

1. Bahan-bahan untuk membuat bihun goreng

Resep Bihun Goreng ala Solaria, Ide Masakan Praktis buat Sahurilustrasi bahan-bahan untuk membuat bihun goreng (youtube.com/Devina Hermawan)

Bahan-bahan:

  • 120 gram bihun
  • 2 butir telur
  • 5 buah bakso sapi
  • 50 gram ayam filet
  • 2 buah ati ampela
  • 1 ikat sawi hijau
  • 3 lembar kol
  • 1 batang daun bawang
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/4 sdt merica
  • 1/2 sdt penyedap rasa atau kaldu bubuk
  • air secukupnya

2. Rendam bihun dalam air dingin

Resep Bihun Goreng ala Solaria, Ide Masakan Praktis buat Sahurilustrasi saat merendam bihun dalam air dingin (youtube.com/Devina Hermawan)

Saat membuat bihun goreng, kamu harus merendam bahan utamanya ini di dalam air dingin agar tidak mudah patah dan hancur saat digoreng. Rendam bihun sampai teksturnya lunak.

Di sini, kamu bisa memakai bihun jagung atau bihun beras sesuai dengan selera. Perlu kamu tahu, bihun, misoa, dan suun sebenarnya tidak sama. Suun biasanya terbuat dari pati kacang hijau atau tepung tapioka, sementara misoa terbuat dari tepung gandum.

3. Pilihan topping untuk bihun goreng

Resep Bihun Goreng ala Solaria, Ide Masakan Praktis buat Sahurilustrasi bihun goreng dengan aneka topping (youtube.com/Devina Hermawan)

Pemilihan topping pada bihun goreng bisa disesuaikan dengan selera atau stok bahan makanan yang ada di dapur. Pada resep ini, topping yang digunakan cukup beraneka ragam, seperti telur, bakso sapi, ayam filet, dan ati ampela.

Namun, kalau kamu kurang suka topping di atas, bisa diganti dengan yang lain, seperti sosis atau bakso ikan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sayuran hijau supaya tampilan dan tekstur bihun goreng semakin beragam.

Baca Juga: Resep Pastel Bihun Sayur Renyah dan Anti Ribet

4. Tumis topping untuk bihun goreng

Resep Bihun Goreng ala Solaria, Ide Masakan Praktis buat Sahurilustrasi saat menumis aneka topping untuk bihun goreng (youtube.com/Devina Hermawan)

Saat memasak bihun goreng, pastikan kamu memakai wajan atau wok pan berukuran besar untuk mempermudah proses memasak. Pertama, tuang minyak goreng secukupnya untuk menggoreng telur orak-arik. Jangan lupa gunakan api besar.

Supaya baunya lebih harum, tumis bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan bersama telur orak-arik sampai kering. Setelah telurnya berbuih, masukkan topping, seperti ati ampela, bakso sapi, dan ayam fillet. Pastikan sudah dipotong kecil-kecil.

5. Masukkan bihun dan bumbu yang diperlukan

Resep Bihun Goreng ala Solaria, Ide Masakan Praktis buat Sahurilustrasi saat menambahkan kecap manis pada bihun (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah semua topping dimasukkan, tambahkan bihun yang sudah direndam di dalam air dingin. Kemudian, masukkan juga bumbu-bumbu lain, seperti kecap manis, kecap asin, dan saus tiram.

Kalau di dapur ada stok minyak wijen dan kecap inggris, bisa kamu tambahkan bersama bumbu-bumbu yang lain. Jangan lupa untuk menambahkan merica dan penyedap rasa sesuai takaran. Aduk sampai semua bahan tercampur rata dengan bumbu.

Supaya bihun goreng tidak terlalu kering, tambahkan air secukupnya sambil diaduk dengan spatula. Yang terakhir, masukkan sayuran seperti kol, daun bawang, dan sawi hijau yang sudah dipotong.

Setelah matang, angkat dan sajikan bihun goreng Solaria ala rumahan sebagai lauk sahur untuk keluarga yang praktis. Jangan terlalu lama memasak sayurannya agar saat disantap teksturnya tetap crunchy. Dengan memasak sendiri di rumah, kamu bisa memilih topping bihun goreng sesuai selera, nih!

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Bebek Solaria yang Fenomenal

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya