Comscore Tracker

Resep Kolak Durian Ketan yang Legit, Begini Cara Buatnya!

Semangkuk saja gak bakal cukup, nih

Dijuluki raja dari segala buah, durian begitu populer di Asia Tenggara. Sebab, buah yang memiliki permukaan kulit berduri ini identik dengan aroma yang harum dan rasa yang kaya. Bahkan, di Indonesia harga durian kadang terbilang mahal karena permintaan yang tinggi dan tergolong buah musiman.

Selain disantap secara langsung, durian juga kerap diolah menjadi kudapan manis yang digemari banyak orang. Salah satunya adalah kolak durian ketan.

Dengan bahan-bahan yang sederhana, berikut ini resep kolak durian ketan yang legit dan creamy. Yuk, cek bahan-bahannya di bawah ini!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Kolak Durian Ketan yang Legit, Begini Cara Buatnya!ilustrasi bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kolak durian ketan (youtube.com/mrs TeeRecipe)

Bahan kolak durian:

  • 600 gram durian kupas
  • 600 ml santan
  • 100 gram gula pasir
  • 75 gram gula merah
  • 1 1/2 sdm tepung maizena
  • 2 lembar daun pandan
  • garam secukupnya
  • air secukupnya

Bahan ketan:

  • 500 gram beras ketan
  • 600 ml santan
  • garam secukupnya
  • 1 lembar daun pandan

2. Rendam beras ketan selama 90 menit

Resep Kolak Durian Ketan yang Legit, Begini Cara Buatnya!ilustrasi merendam beras ketan (pixabay.com/id/@pezibear)

Berbeda dari beras biasa, tentu saja beras ketan harus direndam terlebih dahulu sebelum dimasak. Proses perendaman ini bertujuan supaya biji-biji beras menyerap kelembapan secara sempurna, sehingga bisa matang secara merata dan pulen.

Untuk durasi perendaman, semakin lama beras ketan direndam, maka akan semakin lengket . Maka dari itu, sebelum dimasak, sebaiknya beras ketan direndam selama semalaman atau sekitar 90 menit. Pastikan kamu memilih beras ketan kualitas baik, ya.

3. Siapkan durian yang telah dikupas

Resep Kolak Durian Ketan yang Legit, Begini Cara Buatnya!ilustrasi durian yang dibelah (unsplash.com/Gliezl Bancal)

Saat hendak membuat kolak, pilih durian yang matang dan berkualitas. Durian dengan duri yang pendek dan berjarak dipercaya memiliki rasa lebih manis, lho. Namun, tentu supaya lebih praktis, kamu bisa memilih durian kupas yang dengan mudah ditemukan.

Kalau durian kupas yang kamu beli dalam keadaan beku, maka diamkan sebentar selama beberapa menit di suhu ruang sampai benar-benar mencair. Sembari menunggu, kamu bisa menyiapkan bahan-bahan untuk mengukus beras ketan terlebih dahulu.

Baca Juga: 10 Resep Pisang Kepok yang Mudah Dibuat, Gak Cuma Kolak

4. Kukus beras ketan selama 20 menit

Resep Kolak Durian Ketan yang Legit, Begini Cara Buatnya!ilustrasi bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kolak durian ketan (youtube.com/mrs TeeRecipe)

Setelah direndam, kukus beras ketan selama sekitar 20 menit. Jangan lupa untuk ditutup saat dikukus supaya matang secara merata. Sembari beras ketan dikukus, siapkan panci. Kemudian, masukkan santan, daun pandan, dan garam. Nyalakan kompor, tunggu sampai mendidih.

Kalau sudah lewat sekitar 20 menit, angkat ketan dan campurkan dengan santan sedikit demi sedikit. Aduk sampai santan dan ketan tercampur secara merata dengan spatula. Kemudian, kukus kembali sampai tekstur ketan lengket.

5. Campur santan, daun pandan, gula merah, dan durian

Resep Kolak Durian Ketan yang Legit, Begini Cara Buatnya!ilustrasi saat memasak kolak durian ketan (youtube.com/mrs TeeRecipe)

Untuk membuat kolak, siapkan panci. Kemudian, masukkan santan, daun pandan, gula pasir, garam, gula merah, dan air sesuai takaran. Aduk sampai semua bahan tercampur secara merata. Kalau sudah mendidih, tambahkan durian yang telah dikupas.

Sementara itu, untuk membuat kuah kolak durian sedikit mengental, kamu bisa melarutkan tepung maizena dengan air secukupnya dalam mangkuk kecil. Kemudian, tambahkan ke dalam kuah kolak durian. Aduk kembali sampai mendidih.

Daripada bingung memasak apa, kamu bisa mencoba resep kolak durian ketan ini di rumah sebagai camilan sore buat keluarga. Selain memakai ketan putih, kamu juga bisa menggantinya dengan ketan hitam atau bisa ditambah topping lain. Yuk, kreasikan sendiri kolak durian ketan sesuai seleramu.

Baca Juga: Resep Kolak Biji Salak Ubi Ungu yang Mudah dan Pastinya Lezat

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya