Comscore Tracker

5 Olahan Klasik Ini Bikin Kamu Enggak Bosan Makan Telur

Telur memang mudah diolah dan rasanya pasti lezat

Telur merupakan bahan makanan yang mudah diolah dan padat gizi. Itu sebabnya, telur kerap dijadikan menu sarapan karena praktis dan mampu menutrisi tubuh di pagi hari.

Dalam dunia kuliner, ada berbagai macam jenis olahan telur yang semuanya memiliki rasa lezat. Antiribet, ini dia olahan klasik telur yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk sarapan.

1. Medium-boiled Egg

5 Olahan Klasik Ini Bikin Kamu Enggak Bosan Makan Telurpexels.com/Krisztina Papp

Medium boiled egg atau yang memiliki nama lain telur setengah matang banyak dipilih sebagai menu sarapan. Alasannya, memasak telur dengan metode akan menjaga nutrisi telur sehingga lebih menyehatkan bagi tubuh.

Untuk membuatnya, rebus telur yang benar-benar segar selama 4-5 menit lalu tiriskan. Kemudian, pecahkan telur dan bumbui dengan garam serta merica sebelum dimakan.

2. Scrambled Egg

5 Olahan Klasik Ini Bikin Kamu Enggak Bosan Makan Telurpexels.com/Angele J

Scrambled egg bisa dibilang merupakan menu favorit anak-anak karena teksturnya yang lembut dan creamy. Scrambled egg juga bisa dijadikan isi sandwich.

Classic scrambled egg bisa dibuat dengan mengocok campuran 2 butir telur dan 1-2 sdt susu, garam, serta merica. Kemudian, lelehkan 1 sdt butter di atas wajan antilengket dan tuangkan adonan telur. Kocok hingga telur matang.

Baca Juga: Food 101: Aman Gak Sih Makan Telur Kedaluwarsa?

3. Omelete

5 Olahan Klasik Ini Bikin Kamu Enggak Bosan Makan Telurpexels.com/Engin Akyurt

Siapa yang bisa menolak omelete telur hangat di pagi hari? Selain enak, cara bikinnya pun mudah. Setelah kamu mengocok telur dengan garam dan merica, tuangkan telur di atas wajan antilengket. Kemudian, tunggu 1-2 menit lalu lipat telur.

Omelete telur ini bisa disajikan dengan keju atau sayuran dan menjadikannya sebagai menu sarapan sehat.

4. Poached Egg

5 Olahan Klasik Ini Bikin Kamu Enggak Bosan Makan Telurpexels.com/Daria Shevtsova

Apakah kamu familier dengan hidangan telur dengan bagian putihnya sudah matang, namun saat dibelah, terlihat kuning telur yang meleleh? Menggiurkan, bukan?

Bisa dibilang, membuat poached egg cukup tricky karena kamu harus bisa mengangkat telur yang setengah matang ini di dalam rebusan air tanpa membuatnya pecah.

Sebelumnya, rebus air terlebih dahulu dengan cuka hingga berbuih. Setelah itu, kecilkan api dan masukkan telur yang sudah dipecah. Rebus hingga bagian putihnya matang. Angkatlah dengan perlahan.

Poached egg sering dijadikan avocado toast topping yang lezat.

5. Fried Egg

5 Olahan Klasik Ini Bikin Kamu Enggak Bosan Makan Telurpexels.com/Megha Mangal

Nah, kalau menu ini sih mudah sekali dibuat. Tingkat kematangannya pun bisa kamu sesuaikan dengan selera. Kamu juga bisa memakannya dengan nasi putih, dijadikan isi sandwich, atau dicampur dengan protein lainnya.

Menu telur memang tidak pernah membosankan untuk disantap? Namun, jangan berlebih juga agar kadar kolesterol dalam tubuhmu tidak meningkat.

Baca Juga: Resep Telur Krispi Sambal Matah ala Yummy, Gurih dan Pedasnya Mantap

Bu Nanik Photo Verified Writer Bu Nanik

Pisang goreng hangat diangkat langsung dari penggorengan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya