Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Usir Kutu Beras, Bersih dan Layak Konsumsi!

Jangan buru-buru dibuang, ya

Beras merupakan bahan makanan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat sehari-hari. Biasanya beberapa orang memiliki pilihannya tersendiri untuk menyimpan stok beras, baik itu untuk persediaan beberapa hari, seminggu, atau bahkan sebulan. Namun, penyimpanan yang tak tepat cenderung mudah untuk membuat beras menjadi tempat tinggal dari kutu-kutu. 

Bila kamu penasaran bagaimana tips yang tepat untuk mengusir kutu pada beras, berikut lima daftarnya. 

1. Menjemur beras di bawah matahari

5 Tips Ampuh Usir Kutu Beras, Bersih dan Layak Konsumsi!world-grain.com

Bila kamu memiliki persediaan beras yang masih cukup banyak, maka kamu dapat menjemurnya di bawah sinar matahari. Cara ini dinilai akan ampuh dalam mengusir kutu-kutu yang bersarang di berasmu. Setelah itu kamu dapat menyimpannya kembali.

2. Menutup beras dengan kain basah

5 Tips Ampuh Usir Kutu Beras, Bersih dan Layak Konsumsi!bhg.com

Satu hal yang juga tidak disukai oleh kutu adalah daerah yang lembap. Oleh sebab itu, kamu dapat menggunakan lap basah untuk membuatnya lembap. Sesekali kamu dapat memantaunya apabila kutu-kutu yang ada pada beras mulai berpindah ke lap basah.

Baca Juga: 5 Jenis Beras yang Banyak Terdapat di Indonesia, Mana Andalanmu?

3. Daun salam untuk mengusir kutu beras

5 Tips Ampuh Usir Kutu Beras, Bersih dan Layak Konsumsi!tastingtable.com

Daun salam kering memiliji aroma yang sangat khas sekaligus kuat dan cukup ampuh untuk mengusir kutu-kutu beras. Kamu hanya cukup menyimpan beberapa lembar daun salam kering di dalam wadah penyimpanan beras. Cara ini akan efektif untuk mengusir kutu-kutu beras. 

4. Kayu manis sebagai pengusir kutu dan semut

5 Tips Ampuh Usir Kutu Beras, Bersih dan Layak Konsumsi!cnn.com

Selain daun salam, kayu manis pun memiliki aroma kyang cukup kuat untuk mengusir kutu pada beras. Oleh sebab itu, kamu dapat meletakannya pada wadah beras yang telah disediakan. Selain mengusir kutu, kayu manis juga ampuh mengusir semut sehingga cocok untuk disimpan di sekitar tempat gula. 

5. Cabai kering dengan aroma yang kuat

5 Tips Ampuh Usir Kutu Beras, Bersih dan Layak Konsumsi!amazon.com

Cabai memang memiliki aroma yang kuat dan menyengat sehingga tak disukai oleh kutu-kutu beras, salah satunya cabai kering. Kamu dapat meletakkan beberapa cabai kering pada wadah beras untuk selanjutnya dibiarkan selama semalaman. Hasilnya dapat terlihat bahwa kutu-kutu beras pun tak akan bertahan lama. 

Nah, beberapa tips menghilangkan kutu beras di atas semoga dapat membantumu untuk menjaga kebersihan berasmu, ya. Selamat mencoba! 

Baca Juga: 5 Perbedaan Dasar Antara Beras Premium dan Medium, Catat Ya!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya