Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Daging Mentah yang Dibumbui Tak Boleh Lama Disimpan

Segera dimasak ya kalau sudah dibumbui

Mengolah daging memang menjadi tantangan tersendiri karena ada banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah bumbu yang digunakan. Sebagian orang lebih sering membumbui daging terlebih dahulu dalam jumlah banyak sebelum kemudian diolah dan beberapa sisanya disimpan di lemari pendingin.

Namun, tahukah kamu bahwa daging yang telah dibumbui tak boleh disimpan terlalu lama? 

Untuk kamu yang penasaran apa saja alasannya, berikut lima daftarnya. 

1. Mengubah tekstur daging

5 Alasan Mengapa Daging Mentah yang Dibumbui Tak Boleh Lama Disimpanmaangchi.com

Hal yang harus kamu ketahui dari efek terlalu lama menyimpan daging bumbu pada kulkas adalah karena cita rasa dan tekstur daging akan berubah. Hal ini bisa jadi karena terlalu lama membiarkannya di lemari es akan membuatnya kehilangan cairan sehingga memengaruhi teksturnya. Biasanya daging juga akan lebih mudah hancur. 

2. Menjadi sarang bakteri

5 Alasan Mengapa Daging Mentah yang Dibumbui Tak Boleh Lama Disimpanwildmeat.co.uk

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa daging mentah bisa saja menjadi sarang bakteri. Oleh sebab itu, kamu juga harus memerhatikan durasi dan tempat penyimpanan dari daging yang digunakan. Pastikan bahwa kamu tak begitu lama menyimpannya agar daging tak semakin menjadi sarang bakteri. 

Baca Juga: 5 Cara Mengolah Daging agar Tidak Alot, Bisa Tingkatkan Selera Makan

3. Aroma di kulkas jadi tak sedap

5 Alasan Mengapa Daging Mentah yang Dibumbui Tak Boleh Lama Disimpannbcnews.com

Selain efek langsung yang terasa dari daging marinasi yang terlalu lama disimpan, kulkas juga menjadi korban selanjutnya. Alasannya adalah karena daging marinasi tersebut akan membuat aroma dari kulkas menjadi tak sedap. Hal ini semakin diperburuk bila durasi penyimpanan terlalu lama dan cara penyimpanannya tak benar. 

4. Berpotensi kontaminasi silang 

5 Alasan Mengapa Daging Mentah yang Dibumbui Tak Boleh Lama Disimpanbudget-maids.com

Pernahkah kamu mendengar istilah kontaminasi silang? Hal ini merujuk kepada kontaminasi yang terjadi dari satu bahan ke bahan lainnya. Salah satunya berasal dari daging mentah. Bisa saja daging mentah yang terlalu lama disimpan bisa mengontaminasi sayuran atau makanan-makanan lain di kulkasmu. 

5. Durasi penyimpanan 

5 Alasan Mengapa Daging Mentah yang Dibumbui Tak Boleh Lama Disimpanthefreshmarket.com

Jika kamu sudah mengetahui apa saja dampaknya bila menyimpan daging bumbu terlalu lama, maka kamu juga harus tahu berapa idealnya waktu untuk penyimpanan daging. Idealnya dapat kamu simpan selama semalaman. Namun, bila memang tak memungkinkan, maksimal dapat diolah setelah dua hari, namun dengan cara penyimpanan yang tepat. 

Nah, itulah beberapa alasan mengapa kamu tak boleh menyimpan daging yang dibumbui terlalu lama. Segera masak ya bila memungkinkan! 

Baca Juga: Jangan Dibuang! 5 Hidangan Ini Bisa Dibuat dengan Air Rebusan Daging

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya