Comscore Tracker

5 Bahan Protein Nabati yang Menggantikan Protein Hewani untuk Baking

Tak sulit kok menemukan bahan-bahan pengganti ini

Siapa yang tidak suka olahan kue manis? Proses membuat kue ini biasa disebut sebagai baking. Biasanya bahan-bahan yang banyak digunakan berasal dari protein hewani. Namun, hal tersebut dapat disiasati dengan menggantinya dengan protein nabati sebagai pilihan terbaik. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja bahan protein nabati yang dapat menggantikan protein hewani, berikut lima daftarnya! 

1. Biji chia untuk menggantikan telur 

5 Bahan Protein Nabati yang Menggantikan Protein Hewani untuk BakingUnsplash/Toa Heftiba

Jika kamu tak ingin menggunakan telur sebagai bahan untuk membuat kue, maka kamu dapat menggantikannya dengan biji chia. Biji chia konon memiliki tekstur yang sangat mirip dengan putih telur bila dicampurkan dengan air. Tak heran bila biji-bijian ini dapat digunakan untuk menggantikan posisi telur pada baking. 

2. Minyak zaitun untuk menggantikan mentega

5 Bahan Protein Nabati yang Menggantikan Protein Hewani untuk BakingUnsplash/jonathan ocampo

Seperti yang diketahui bahwa mentega merupakan salah satu produk olahan susu yang juga masuk dalam kategori protein hewani. Kamu dapat menggantikan bahan tersebut dengan minyak zaitun. Fungsi minyak zaitun tersebut dapat digunakan untuk menggantikan mentega sebagai bahan pembuatan kue. 

Baca Juga: 5 Bahan Kue Murah Sebagai Pengganti Telur

3. Kacang mete pengganti keju 

5 Bahan Protein Nabati yang Menggantikan Protein Hewani untuk BakingUnsplash/Markus Winkler

Produk olahan hewani lainnya yang biasa digunakan untuk membuat kue adalah keju. Namun, bila kamu tak ingin menggunakan produk hewani, maka kamu dapat menggunakan olahan nabati, yaitu berupa kacang mete. Tentunya kamu dapat menentukan jenis kacang-kacangan yang dapat digunakan untuk menggantikan posisi keju. 

4. Pisang sebagai pengganti telur

5 Bahan Protein Nabati yang Menggantikan Protein Hewani untuk BakingUnsplash/Eiliv-Sonas Aceron

Selain biji chia yang dapat digunakan untuk menggantikan telur, maka kamu dapat menggunakan pisang sebagai pilihan lainnya. Pisang memiliki tekstur yang khas dan aroma menarik untuk setiap produk olahan kue tersebut. Tentunya pilihan yang satu ini tak akan sulit ditemukan dan diolah. 

5. Mengganti susu dari produk nabati

5 Bahan Protein Nabati yang Menggantikan Protein Hewani untuk BakingUnsplash/Vera Cho

Produk protein hewani lainnya yang biasa digunakan untuk membuat kue adalah susu. Namun, produk olahan susu memang tak dapat digunakan bila kamu ingin menghindari olahan berbahan hewani. Sebaliknya, kamu dapat menggunakan produk susu berbahan nabati, sebagai contoh susu almond, kacang mete, ataupun susu kelapa. 

Itulah beberapa bahan nabati yang dapat digunakan untuk menggantikan produk hewani. Dapat kamu coba, nih! 

Baca Juga: Resep Bikin Kue Talam Pandan yang Sederhana, Cocok buat Acara Spesial

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya