Comscore Tracker

5 Cara Memakan Kaviar yang Benar, Jangan Sampai Salah!

Ada yang sudah tahu? 

Kaviar merupakan sejenis makanan yang terbuat dari telur ikan jenis sturgeon yang sebelumnya telah diproses dan digarami. Kaviar bukanlah makanan pokok atau utama, melainkan merupakan makanan pelengkap bagi hidangan lain.

Telur ikan yang satu ini memang sudah terkenal secara komersil menjadi salah satu produk makanan mewah dengan harganya yang melambung. Industri perdagangan dari kaviar sendiri sebenarnya tidak terlalu didukung bahkan ada yang mengatakan ilegal karena dapat merusak ekosistem.

Di balik kemewahan hidangan ini, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memakan kaviar yang baik sesuai kaidah? Berikut adalah cara memakan kaviar yang benar.

1. Kaviar harus dikonsumsi saat dingin

5 Cara Memakan Kaviar yang Benar, Jangan Sampai Salah!thespruceeats.com

Kaviar memang umumnya akan dihidangkan dengan kondisi dingin setelah dimasukkan pada lemari pendingin atau bila perlu kamu dapat menambahkan es pada piring untuk menjaga suhu dingin pada kaviar.

Jangan biarkan suhu kaviar mengikuti suhu ruang, sehingga mengonsumsi kaviar dingin merupakan salah satu tips paling utama agar dapat menikmati kaviar dengan maksimal.

2. Mencicipinya sedikit demi sedikit

5 Cara Memakan Kaviar yang Benar, Jangan Sampai Salah!wikipedia.org

Saat mengonsumsi pun ada etikanya, yaitu dengan tidak terburu-buru dan mengonsumsi kaviar sedikit demi sedikit. Umumnya kaviar akan disajikan dengan porsi sedikit yang bahkan kurang dari ukuran satu sendok.

Pastikan untuk merasakannya sedikit demi sedikit agar kita mampu meresapi cita rasa kelezatan tersendiri dan itu merupakan salah satu kaidah mengonsumsi kaviar secara tradisional.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kaviar, Makanan Mahal Favorit Orang Kaya dan Selebriti

3. Gunakan tempat makan yang pas untuk menikmati kaviar

5 Cara Memakan Kaviar yang Benar, Jangan Sampai Salah!bordeaux-tourism.co.uk

Kaviar tidak bisa untuk disajikan pada piring ataupun sendok dan garpu yang terbuat dari logam, baja, maupun stainless steel karena ditakutkan hal itu mampu mempengaruhi cita rasa kaviar menjadi lebih pahit karena mengikuti logam yang menjadi bahan baku dari alat makan.

Gunakan keramik, kaca, ataupun plastik untuk tetap menjaga cita rasa lezat dan keaslian dari kaviar itu sendiri.

4. Temukan mana seleramu

5 Cara Memakan Kaviar yang Benar, Jangan Sampai Salah!ritzcarltonshops.com

Kaviar tentunya memiliki banyak varian jenis, sama halnya dengan jenis makanan lain. Oleh sebab itu, temukan mana seleramu dengan mencoba berbagai jenis kaviar agar kamu pun dapat menentukan mana yang sangat pas dan cocok untuk dikonsumsi.

Tidak semua kaviar yang kita cicipi pertama kali rasanya enak dan sesuai dengan lidah kita, oleh karena itu jangan bersedih ataupun berkecil hati jika kamu tidak bisa menikmatinya.

5. Jika ingin memadukan dengan makanan lain, jangan memilih bahan dengan rasa yang kuat

5 Cara Memakan Kaviar yang Benar, Jangan Sampai Salah!pbs.org

Orang seringkali menggunakan kaviar sebagai salah satu bahan pelengkap dari makanan lain. Maka pastikan untuk jangan mencampurkan kaviar dengan jenis bahan lain yang memiliki cita rasa kuat.

Jenis bahan dengan cita rasa kuat adalah lemon dan beberapa bahan lain. Hal ini ditakutkan akan mengubah dan merusak cita rasa yang dihasilkan dari kaviar sehingga kita tidak dapat menikmatinya secara maksimal.

Nah, 5 tips memakan kaviar di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin mencicipi kaviar dengan cita rasa yang maksimal tanpa perlu rasanya berubah. Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu yang doyan mencicipi makanan baru!

Baca Juga: 8 Kreasi Olahan Kaviar Khas Rusia, Lezatnya Bikin Merem Melek

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Colleger • Future Lecturer • Content Writer • Mari berteman di @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You